Burnout dalam Perkuliahan: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Burnout dalam perkuliahan adalah kondisi kelelahan fisik, mental, dan emosional yang ekstrem yang disebabkan oleh stres yang tidak teratasi dan tuntutan akademis yang tinggi. Burnout ini dapat menyebabkan perilaku yang tidak baik termasuk menolak untuk menyelesaikan tugas, menunjukkan emosi yang buruk, membolos kuliah, kehilangan minat, dan bahkan berhenti kuliah.

 

Di antara faktor-faktor yang menyebabkan burnout dalam perkuliahan adalah:

1. Terlalu banyak tuntutan akademik: Mahasiswa dapat menjadi burnout karena terlalu banyak tugas dan tenggat waktu.

2. Stres dan frustrasi: Burnout dapat disebabkan oleh stres dan frustrasi akibat tugas yang terlalu berat atau keadaan lainnya.

3. Gaya hidup yang tidak sehat: Kesehatan yang buruk dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, yang meliputi kurang tidur, gangguan makan, dan kurang aktivitas.

4. Ekspektasi yang terlalu tinggi: Ekspektasi yang terlalu tinggi berpotensi membebani siswa dan mengakibatkan kelelahan.

 

Untuk mengatasi burnout dalam perkuliahan, beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

1. Ambil waktu istirahat: Beristirahatlah untuk menyegarkan dan meremajakan tubuh dan pikiran Anda.

2. Lakukan kegiatan yang disukai: Untuk mengurai stres, lakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti berkumpul dengan teman, melakukan hobi, atau berlatih meditasi.

3. Buatlah daftar prioritas: Untuk mengatur waktu Anda dan berkonsentrasi pada tugas-tugas penting, buatlah daftar prioritas.

4. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif: Untuk merasa lebih nyaman, bicarakan apa saja dan kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang baik.

5. Aktiflah secara sosial: Terlibatlah dalam kegiatan sosial dengan orang-orang di sekitar Anda untuk melepaskan penat.

 

Mahasiswa yang berhasil mengatasi burnout dapat meningkatkan prestasi akademik serta kesehatan fisik dan emosional mereka.

 

Sumber :

lpmmissi.com

widuri.ac.id

  32 Views    Likes  

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

previous post

Rekomendasi Lagu Untuk Menemani Menulis Skripsi
MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

next post

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

related posts