Halo sahabat OSC!
Menurut teman-teman sendiri mengapa sih organisasi itu penting?
Organisasi merupakan salah satu tempat dimana para mahasiswa dapat berkumpul, bertukar pikiran, dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Sebagian besar orang menganggap bahwa, mengikuti suatu organisasi hal yang merepotkan, ribet dan banyak memakan waktu. Padahal dengan adanya kita mengikuti suatu organisasi maka disitu kita dipertemukan dengan orang-orang yang dimana kita bisa belajar banyak hal, salah satunya yaitu belajar bagaimana bekerja sama dalam tim, yang nantinya kita akan gunakan dimasa yang akan datang. Tentunya dalam berorganisasi diharapkan bisa mencapai tujuan bersama yang efisien dan efektif.
Lalu apa sih manfaat-manfaat yang kita dapatkan dalam berorgaisasi?
Yuk simak, berikut adalah 6 manfaat dalam mengikuti organisasi.
Dapat Membangun RelasiPentingnya mengikuti sebuah organisasi yang pertama yaitu bertemu dengan banyak orang. Dengan adanya kita bertemu dengan banyak orang maka nantinya kita akan terinspirasi dan juga akan terbangun sebuah relasi. Dengan relasi ini akan sangat bermanfaat untuk masa depan, tidak hanya ketika berkuliah saja, namun dengan adanya relasi maka nantinya kita akan terbantu lebih mudah mencari pekerjaan, berbisnis atau dan lain-lain. Dan yang terpenting saat ini adalah mencari relasi sebanyak-banyaknya.
Menambah WawasanDalam berorganisasi, kita akan terlatih untuk berpikir rasional dan kritis dengan menunjukan suatu perkembangan, sehingga pola pokir kita akan terus berkembang menyesuaikan perkembangan zaman yang terus berubah bersamaan dengan kerja sama tim.
Dari perbedaan pendapat yang biasanya ada dalam suatu pertemuan anggota, maka dengan begitu kita akan saling bertukar pikiran atau memberikan suatu ide terbaik dan juga memberikan alasan yang kuat mengenai ide tersebut. Untuk mendapatakan ide dan alasan yang kuat, pastinya kita membutuhkan riset. Dengan begitu wawasan akan kita peroleh dari pencarian riset tersebut, atau wawasan juga kita bisa dapatkan dari teman-teman anggota lainnya.
Mengembangkan Kemampuan Berbicara atau Public Speaking SkillRapat adalah sebuah kegiatan yang pasti ada di dalam suatu organisasi, dan akan rutin dilakukan guna membahas rencana-rencana yang akan dibangun oleh pengurus organisasi tersebut. Dalam rapat, tentunya kita akan dituntut untuk berani berpendapat, memberikan kritik, dan juga mempresentasian mengenai ide gagasan yang kita ajukan. Dengan begitu kita akan terbiasa berbicara di depan teman-teman anggota lain, dan dalam hal ini maka akan meningkatkan kemampuan komunikasi kita atau public speaking skill. Perlu teman-teman ketahui, bahwa komunikasi adalah bagian dari soft skill yang harus kita miliki agar kita dapat bersaing dengan orang-orang di luar sana nantinya.
Melatih KepemimpinanManfaat organisasi berikutnya adalah dapat melatih jiwa kepemimpinan. Jiwa kepemimpinan tidak hanya dimiliki oleh seorang ketuanya saja, namun juga harus dimiliki oleh setiap anggota organisasi, seperti sekretaris, bendahara, maupun divisi-divisi lainnya. Dalam jiwa kepemimpinian kita belajar bagaimana untuk dapat bertanggung jawab dengan diri sendiri maupun orang lain, tidak mengedepankan ego, bijaksana dalam mengambil keputusan dengan mengedepankan kepentingan bersama, serta dapat mengatur dan mampu merencanakan sesuatu dengan penuh pertimbangan agar rencana tersebut bisa terlaksana dengan baik sesuai harapan dari organisasi tersebut.
Belajar Manage WaktuDalam sebuah organisasi pastinya akan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang akan menyita banyak waktu, seperti rapat pertemuan antar anggota, merencanakan suatu kegiatan, bersosialisasi, dll. Dengan hal ini maka kita secara tidak langsung akan terbiasa untuk dapat mengatur waktu dengan baik, antara jam kuliah dengan kepentingan organisasi, dan juga kita akan belajar memilah-milih antara kegiatan prioritas dan non-prioritas. Berorganisasi sangat berdampak baik untuk kita sebagai mahasiswa, tidak hanya saat berkuliah saja, namun akan terbiasa dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat sudah bekerja, bila mana akan lebih sibuk dan harus lebih pandai dalam membagi waktu.
Membangun Kepercayaan DiriPenting banget nih mempunyai rasa percaya diri dimanapun kita berada. Nah, salah satu cara supaya kita memiliki rasa percaya diri adalah dengan adanya kita sering mengikuti suatu ajang atau kegiatan-kegiatan yang positif, salah satunya yaitu dengan berorganisasi.
Dengan kita berorganisasi, maka kepercayaan diri akan timbul seiring berjalannya waktu karena keterbiasaan mengikuti forum yang banyak terjadi perbedaan pendapat dan mengharuskan kita untuk berkomunikasi. Dari forum-forum yang diikuti, pengalaman serta wawasan dan percaya diri akan tercipta dengan sendirinya. Dalam hal ini, organisasi merupakan tempat yang positif dan bermanfaat bagi mahasiswa untuk menemukan jati diri serta mengembangkan potensi dirinya. Jadi, sebagai mahasiswa penting banget nih, selain belajar akademik, kita juga harus berperan aktif dalam mengikuti suatu kegiatan-kegiatan dan berorganisasi baik di dalam maupun di luar kampus guna meningkatkan rasa kepercayaan diri kita yang posiif.
Nah, itulah beberapa manfaat dari keikut sertaan dalam sebuah organisasi. Sebagai mahasiswa kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Dengan kita mengikuti organisasi, maka kita dapat terus mengasah kemampuan yang kita miliki, seperti melatih leadership, belajar mengatur waktu, memperluas jaringan atau networking, mengasah kemampuan sosial, problem solving, dan manajemen konflik. Seperti yang kita ketahui dalam dunia kerja kita tidak hanya dituntut dalam kemampuan hard skill (ilmu) saja, namun juga harus menguasai soft skill (sosial), yang dimana bisa kita kembangkan sejak dini mungkin, terutama dalam sosok seorang mahasiswa.