banner

Taukan Kamu Bahwa Balon Gas Dapat Membawa Petaka ??

Taukan Kamu Bahwa Balon Gas Dapat Membawa Petaka ??

 

Selasa, 22 Oktober 2019 Yaa pada hari itu kesialan menimpa delapan orang warga Desa Manggis Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Peristiwa bermula saat pelepasan balon gas pada acara peringatan hari santri yang diadakan di daerah Malang, Jawa Timur. Beberapa warga desa yang saat itu melihat berusaha mengejar balon gas tersebut dan menjadi rebutan. Diduga karena adanya salah seorang warga yang pada saat itu merokok lalu memicu ledakan balon gas dan menimbulkan korban luka bakar sebanyak delapan orang. Meraka mengalami luka bakar yang cukup parah pada bagian wajah, tangan dan kaki.

Peristiwa diatas merupakan satu dari sekian banyak contoh ledakan yang disebabkan balon gas Bagaimana hal itu bisa terjadi ??

Hal ini disebabkan karena isian gas pada balon. Pada umumnya para pedagang balon menggunakan dua jenis gas untuk mengisi balon udaranya, yaitu helium dan hidrogen. Diantara kedua bahan tersebut hidrogenlah lebih bersifat mudah meledak apabila berdekatan dengan pemicu api ( korek, rokok ) atau sesuatu yang mengeluarkan panas berlebilan.

Balon memang sudah menjadi trand di masyarakat untuk mendekorasi sebuah event, seperti acara ulang tahun, hadiah selepas wisuda, wedding party, prosesi pembukaan acara, pemberian sebagai tanda cinta, dekorasi aqikoh, sunatan dll. Menggunakan balon sebagai tambahan dekorasi memang dapat menambah nilai estetika. Namun, perlu mempertimbangkan pengunaan balon gas untuk mendekor acara yang melibatkan api dan rokok, seperti acara ulang tahun. Karena apabila balon gas didekatkan dengan api akan berpotensi meledak dan melukai orang disekitarnya.

Balon gas selain dapat menyebabkan ledakan juga memiliki dampak buruk terhadap lingkungan seperti :

1. Balon berbahaya bagi satwa

Sebanyak 2% perut burung fumar ( sejenis burung camar laut ) terdapat sampah balon. Sapi kent, di Inggris juga mati karena mengunyah balon yang terbang di London. Tidak hanya biota darat, biota laut seperti kura – kura juga dapat terkecoh memakan balon yang dikiranya ubur – ubur. Sebab balon udara yang lepas dan mendarat di laut lama kelamaan akan berubah warna menjadi kuning sehingga menyerupai ubur – ubur dan dikira makanan si kura – kura.

2. Balon dapat terbang jauh

Balon gas bisa terbang sampai 800 meter dari titik pelepasan. Pelepasan balon udara yang sangat besar juga dapat menggangu penerbangan

3. Balon mencemari lingkungan

Balon yang terbuat dari karet susah terurai dan menjadi sampah di atmosfer, tanah, dan laut.

4. Balon gas bisa meledak dibandingkan balon tiup

Balon gas yang meledak karena ada api sebagai pemicu dapat menyebabkan luka bakar pada kulit yang tidak tertutupi kain.

 

Jika kita sudah tau bahaya dan dampaknya terhadap lingkungan maka sebisa mungkin kita harus meminimalisir penggunaan balon serta plastik dan bahan-bahan yang sulit terurai lainnya. Kebiasaan tersebut harus dimulai dari diri kita sendiri jangan sampai anak cucu kita menuai dampak buruknya.

 

 

Picture by : https://images.app.goo.gl/VpnivCQ7XPgvPGB88

 

  251 Views    Likes  

banner
 what is your "MOTIVATION?"

previous post

Peran Pemuda Sebagai Pionir Dalam Pengurangan Sampah Plastik Dengan Zero Waste
 what is your "MOTIVATION?"

next post

what is your "MOTIVATION?"

related posts