Haloo Sobat OSC bagaimana ini kesehariannya?
Sudah mulai memasuki bulan ujian nihh, biasanya disaat-saat mau ujian gini tugas mendadak berdatangan, belum lagi ngerjain tugas di luar kampus/sekolah misalnya ikut ekskul atau organisasi rasanya 24 jam sehari kurang banget yaa.. tapi pernah tidak kalian bertemu orang atau teman dimana dia bisa gunain waktunya dengan efektif dalam menyelesaikan tugasnya yang banyak?
Beberapa hari yang lalu aku kenal dengan salah satu orang yang seangkatan denganku di jurusan teknik industri, dia aktif ikut organisasi, ikut dalam acara kepanitiaan yang besar, aktif dalam UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), meski jadwalnya padat nilai-nilainya bagus banget, tugas-tugas juga selalu dikerjain dengan tepat waktu, pokoknya tipikal idaman semua orang deh.
Sebenarnya kenapa ya orang-orang seperti itu bisa jago banget untuk manfaatin waktu yang ada? Nah, di artikel ini akan dibahas tips memanfaatkan waktu yang terbatas agar jadi lebih efektif.
Jangan menunda-nundaSalah satu tips yang aku dapetin dari hasil aku mewawancarai orang-orang yang pintar untuk memanfaatkan waktu mereka adalah mereka ga nunda sama sekali, ya memang susah dan berat banget pastinya rasanya. Tapi mereka sadar bahwa kalau ga dikerjain sekarang juga selanjutnya mereka juga ga memiiki waktu untuk mengerjakannya. Selain itu adalah dengan mengerjakan tugas hari itu juga ketika dikasih tugas. main game, scroll ig tiktok ga nunda tapi masa buat masa depan menunda-nunda?
Kerjakan dengan fokusNah terkadang kita kerjain suatu hal jadi lama banget karna kita kurang fokus, hal ini bisa disebabkan oleh faktor fisik kita yang sudah lelah atau mungkin karena kebiasaan buruk kita yang sering buka whatsapp, instagram, tiktok, youtube padahal tugas belum selesai. Awalnya niat cuma buka 5 menit ga sadar jadi sejam. Jadinya waktu yang sudah kita luangin buat ngerjain suatu tugas jadi ga cukup dan ga sesuai target awal. Hal ini yang membuat kita tidak efektif dalam memanfaatkan waktu kita. Jadi usahakan untuk selalu fokus dengan cara beristirahat yang cukup sebelumnya dan jauhkan diri dari semua distraksi.
Tetapkan skala prioritasDalam kehidupan sehari – hari biasanya kita dihadapkan oleh 4 kategori kepentingan:
Urgent and Important (Mendesak dan Penting), lakukan dengan segera. Not Urgent But Important (Penting), jadwalkan. Urgent But Not Important (Mendesak), delegasikan. Not Urgent and Not Important (Tidak Mendesak dan Tidak penting), tidak usah dikerjakan.Disebut penting jika kegiatan yang relevan / sejalan dengan tujuan jangka panjang kita. Sedangkan dikatakan mendesak jika termasuk dalam semua kegiatan yang harus dilakukan dengan segera, karena tidak akan ada kesempatan lain untuk mengerjakan hal ini.
Buat motivasi yang kuat dalam diriDengan motivasi yang kuat dalam diri kita bisa terus fokus ke target kita, jika belum ada motivasi bagaimana? Bisa dimulai dengan mencari tahu sebenarnya apa yang ingin kita capai dalam hidup kita tentunya yang relevan dengan apa yang kita lakukan sekarang entah itu kuliah atau sekolah atau yang lainnya. sehingga dalam mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas dan menghadapi problem atau masalah tidak serta merta menurunkan kinerja kita tetapi dapat menjadi sebuah tantangan yang menarik untuk kita selesaikan, selain itu etika kita sudah memiliki motivasi diri yang kuat kita juga bisa lebih mengendalikan diri dan bertanggung jawab atas apa pun tugas kita.
Kurang lebih itu saja tips untuk mengoptimalkan waktu yang kita punya. Ingat semua orang memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam sehari, tergantung kita mau menggunakan waktu tersebut untuk apa karena waktu tetap akan berlalu, dan sekali sudah berlalu kita tidak dapat memutar waktu kembali. Maka gunakan waktu yang ada sebaik-baiknya.
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan