3 GAYA BELAJAR: AUDIOTORI, KINESTETIK, DAN VISUAL

KETAUHI GAYA BELAJAR KALIAN!

Yuk kita bahas gaya belajar kalian!

Sebelum itu, kalian tahu ga sih apa itu gaya belajar?

 

Menurut Nasution gaya belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seorang murid dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berpikir, dan memecahkan soal pada proses pembelajaran.

Ada 3 gaya belajar yaitu :

1. Audiotori

Tipe belajar audiotori adalah model belajar dengan menggunakan indera pendengaran/belajar dengan adanya suara. Biasanya seseorang dengan gaya belajar audiotori ini cenderung lebih gampang untuk menyerap sebuah informasi dengan hanya mendengar. Ciri-ciri orang dengan gaya belajar audiotori seperti mendengar guru ketika menjelaskan materi dikelas, mudah untuk mengingat nama-nama orang baru dikenal, fasih berbicara,dan ketika membaca cenderung bersuara.

 

2. Visual

Tipe belajar visual adalah model belajar dengan mengandalkan indera penglihatan/mata. Orang dengan gaya belajar ini cenderung lebih gampang menyerap informasi dari sesuatu yang dilihat/dengan membayangkan objek tertentu. Ciri-ciri orang dengan gaya belajar visual seperti mencatat materi,menggambar materi agar lebih gampang diingat,hobi membaca dari pada mendengarkan seseorang membaca,dan biasanya lebih suka mengamati gestur tubuh guru ketika sedang menjelaskan materi.

 

3. Kinestetik

Tipe belajar kinestetik adalah model belajar dengan mengandalkan sentuhan/gerakan tubuh untuk lebih mudah menangkap sebuah informasi. Ciri-ciri orang dengan gaya belajar kinestetik seperti menghafal materi sembari menggerakkan anggota tubuh, dengan melakukan gerakan fisik pada persoalan materi akan lebih memudahkan seseorang dengan gaya belajar kinestetik untuk memahami sebuah informasi

 

NAH JADI GAYA BELAJAR MANA YANG SOBAT OSC GUNAKAN?

 

  17 Views    Likes  

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

previous post

Moralitas dan Etika Profesional dalam Menyongsong Generasi Pemimpin Masa Depan
Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

next post

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

related posts