banner

30 HARI HAFAL AL-QUR'AN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Halo sahabat OSC,…. Jadi pada artikel kali ini, aku bakalan bagi tips ke kalian, tentang bagaimana caranya untuk menghafal Al-quran dalam 30 hari. Jangan lupa dicatat ya & share artikel ini ke kwan-kawan kalian.

Sebelumnya kita harus memahami tentang Esensi Al-quran.

Diantara rahmat Allah Subhanahu wa ta’ala dalam proses penciptaan manusia ialah memberi petunjuk hidup yang bersanding dengan kesempurnaan ciptaan. Firman-Nya dalam Qur’an surah ke-87 ayat 2-3 yang artinya “(Rabmu) yang menciptakan dan menyempurnakan (ciptaan-Nya). Serta menentukan kadar (setiap ciptaan) dan memberi petunjuk

Selanjutnya kita akan mempelajari Amalan Pra Hafalan

IKHLAS

Menghafal al-Qur’an adalah bagian dari ibadah, sedangkan ibadah membutuhkan hadirnya keikhlasan.

SERIUS

Di antara hal terpenting yang mesti dimiliki ahli al-Qur’an ialah keseriusan dalam menghafal, sungguh-sungguh. Cermatilah perihal kesungguhan Nabi dalam meraih ayat al-Qur’an hingga mendaki gunung cahaya, menuju gua Hira. Semangat beliau bahkan mampu menaklukkan jarak dan dakian yang begitu tinggi. Saking seriusnya, beliau bahkan ingin segera menghafalkan ayat-ayat mulia itu hingga cepat menggerakkan lisannya.

SABAR

Sabar mutlak diperlukan oleh setiap penghafal al-Qur’an. Hafalan yang dijalani dengan kesabaran akan cenderung baik dan tartil. Warattilil qur’âna tartîlâ, bacalah al-Qur’an itu dengan tartil.

YAKIN

Keyakinan termasuk hal terpenting dalam proses menghafal al-Qur’an. Setiap penghafal mesti yakin bahwa Allâh telah menjamin kemudahan dalam proses menghafal kitab mulia ini. Jaminan tersebut bahkan ditegaskan sebanyak empat kali dalam surat al-Qamar, yaitu pada ayat ke 17, 22, 32, dan 40.

MENGHADIRKAN MOTIVASI

para penghafal al-Qur’an mesti menghadirkan motivasi terbaik untuk kembali menaikan semangat sekaligus menepikan pelbagai situasi tersebut. Berikut di antara motivasi terbaik yang pernah disampaikan Nabi:

Meraih Kemuliaan Surga Menjadi Hamba Terbaik Hadirnya Limpahan Pahala

ISTIQOMAH

Sikap istiqamah ialah di antara faktor yang amat menentukan dalam meneguhkan hafalan. Sedikit namun konsisten lebih baik dibanding banyaknya hafalan yang tidak teratur.

Simulasi Target Hafal Quran Dalam 30 Hari

Jika target hafal quran 30 Juz ingin diraih dalam waktu 30 Hari, maka simulasi hafalan bisa dipraktikan dengan pola berikut :

Setiap juz yang terdiri dari 10 lembar membutuhkan waktu 10 Jam untuk menhafalkannya. Artinya, setiap lembar dalam mushaf dihafalkan dalam waktu satu jam. Setiap lembar terdiri dari dua halaman membutuhkan waktu 60 menit untuk menghafalkannya, setara dengan 30 menit untuk 1 halaman. Setiap halaman yang terdiri dari 15 baris membutuhkan waktu 30 menit untuk menghafalkannya, setara dengan 2 menit untuk setiap baris.

Singkatnya, untuk menghafal 1 Juz perhari dengan durasi 10 Jam dibutuhkan waktu 2 menit perbaris dalam mushaf standar (604 Halaman). Dan tips ini juga tercantum dalam buku karya guru kita Ustadz Adi Hidayat dengan judul “Metode AT-TAISIR 30 Hari Hafal Alquran” dan Alhamdulillah saya sudah mendapatkan izin juga untuk membagikan tips ini ke temen-temen.

Oke untuk pembagian waktu & Rundown menghafal akan saya share di artikel part 2 dan story Instagram saya pribadi @rtatas_27

Kalian juga bisa mengikuti kelas Ramadhan dari Pemuda Hijrah Lombok & Sahabat Motivasi Indonesia yang insyaAllah saya hadir disana untuk berbagi seputar quran dan tips menghafalnya.

Jangan lupa like & share ya sahabat OSC !! Semoga apa yang kita bagikan, akan menjadi pahala jariyah untuk kita semua.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

  650 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts