4 Tips mengatur waktu ini agar hari mu lebih produktif

Hallo Sobat OSC ! Apakah kalian sering merasa stress sampai burnout ketika tugas kuliah kalian tidak diselesaikan sesuai dengan keinginan kalian ? ataupun sering merasakan betapa kewalahannya kalian mengatur kegiatan organisasi dengan perkuliahan kalian ? Jika iya kemungkinan time management kalian pasti sangat buruk sekali ! Berkaitan dengan hal tersebut kali, artikel kali ini akan mencoba membantu kalian dalam mengelola waktu kalian secara efektif dan lebih produktif, yang dibungkus dengan tips-tips yang berkaitan dengan time management. Tips-tips berikut hanyalah preferensi dari pengalaman pribadi, mari simak tips-tips berikut ini !

1. Membuat To-do list

To-do list merupakan catatan yang memuat apa saja pekerjaan atau kegiataan yang harus kamu lakukan, dengan melist pekerjaan paling penting sebagai prioritas utama. Dengan membuat to-do list, kalian dapat memastikan pekerjaan penting kalian dapat diselesaikan terlebih dahulu, dengan begitu kalian dapat lebih fokus dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, karena kalian dapat memilah pekerjaan mana yang harus segera di selesaikan dan pekerjaan mana yang masih bisa untuk di tunda. Usahakan ketika kalian membuat to-do list pastikan kalian menuliskan timeline pekerjaan tersebut akan dikerjakan.Tidak semua pekerjaan harus kalian masukkan kedalam to-do list karena hal tersebut malah akan mengurangi tingkat efektifitas to-do list, mulailah dengan beberapa pekerjaan namun penting, contohnya membaca 10 halaman buku dalam rentang 1 hari dan pergi ke gym jam 3 sore.

2. Mulailah dengan tugas yang lebih penting

Sebelum kamu mulai mengerjakan tugasmu, identifikasi tugas yang memiliki dampak terbesar dan selesaikan tugas tersebut terlebih dahulu. Terkadang mungkin tampak lebih mudah untuk memulai hari dengan tugas yang sepele. Keduanya adalah bagian yang sangat penting dari pekerjaan kamu, tetapi seberapa besar dampak pekerjaan tersebut kepada kalian? mulailah dengan pekerjaan yang menciptakan nilai tertinggi bagi kamu, hal ini akan membuat kita menjadi lebih fokus, karena pasti akan banyak sekali pekerjaan-pekerjaan kecil yang kalian anggap lebih mudah sehingga membuat fokus kalian terpecah dan sulit untuk mengatur waktu. Ingat kita adalah manusia bukan robot yang bisa multitasking, jadi mulailah buat prioritas pekerjaan kalian dan kerjakan satu persatu.

3. Make It Fun

Salah satu cara terbaik untuk membantu kamu bekerja lebih efektif adalah dengan mengurangi stres. Ini mungkin menantang, tergantung pada pekerjaan yang kamu lakukan, kehidupan pribadi dan kepribadian kamu, tetapi menemukan cara untuk mengurangi stres mu dapat membantumu menjadi lebih efisien, merasa lebih puas dengan pekerjaan yang kamu selesaikan dan lebih mudah bersantai ketika tidak di kerja. Oleh sebab itulah buat pekerjaan kalian semenyenangkan mungkin. Sisihkan sekitar 30 menit untuk melakukan hal menyenangkan, seperti olahraga, bermain game, menonton , ataupun kegiatan yang membuat mood kalian bagus, ini sangat bermanfaat untuk mengurangi stress kalian ataupun coba lah memberi self-reward kepada diri kalian ketika berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan yang berat. Kalian bisa mulai dengan membayangkan hal yang sangat menyenangkan yang akan kalian lakukan ketika kalian menyelesaikan pekerjaan ini, hal ini akan membuat kalian semakin termotivasi untuk menyelesaikannya.

4. Hargai waktu mu

Hal yang sering kali membuat pekerjaan kita terhambat adalah kebanyakan waktu bersantai. Ini mencakup seperti bermain game, nongkrong bersama teman atau hanya malas-malasan dikasur sambil scroll media sosial. Hal inilah yang paling sulit untuk dihindari ketika ingin mengatur waktu, waktu kalian menjadi terbuang sia-sia. Waktu mu berharga sekali, agar nantinya kita tidak menyesal, kalian cobalah untuk mengatur waktu kalian lebih banyak ke sesuatu yang produktif, yang mengasah skill kalian. Jika ada yang menyaut, “Tapi kan scroll media sosial juga ada yang menambah wawasan”, nah ingat itu hanyalah stuck menjadi wawasan di kepala kalian yang lama kelamaan menumpuk dan kalian lupakan, jika kalian tidak mengsahny dengan action. Jadi hargailah waktu mu, karena hanya kamu sendiri yang dapat mengharagainya, orang lain tidak akan menghargai waktu mu bahkan memikirkannya sedikitpun, mereka hanya akan melakukan sesuatu yang membuat mereka nyaman untuk mereka, maka waktumu tidak masuk kedalam pertimbangan mereka.

Dengan upaya yang konsisten dan tekun, kamu akan mendapati hari-hari dan tugas mu selesai lebih banyak! Take it easy, saran terakhir dan tidak kalah penting, jangan FOMO akan kesuksesan teman-teman kalian sehingga membuat kalian ingin mengambil banyak pekerjaan sekaligus demi mengejar teman kalian lebih cepat. Setiap orang mempunyai start dan goal yang berbeda-beda, selama kalian fokus pada hal yang kalian kuasai, tekun dan konsistenlah disana.

  29 Views    Likes  

Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

previous post

Kenal Lebih Dekat Dengan Beasiswa OSC Medcom.id
Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

next post

Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

related posts