5 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Mahasiswa

Adakah Sobat OSC di sini yang seorang mahasiswa atau calon mahasiswa?

Mungkin kalian harus tahu dan paham apa saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa agar kalian bisa mengantisipasi kesalahan tersebut di kehidupan perkuliahan. Berikut terangkum 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa.

 

1. Selalu menunda tugas

Tugas ternyata tidak hanya diberikan di bangku sekolah saja, lho. Saat di dunia perkuliahan kamu juga akan bertemu tugas-tugas yang pastinya bakal lebih kompleks. Namun, seringkali tugas-tugas yang diberikan oleh dosen sering diremehkan oleh mahasiswa dan tidak langsung dikerjakan. Padahal mengerjakan tugas yang ditunda bisa membuat tugas akan menumpuk kedepannya dan secara jelas kebiasaan ini akan membuat nilai kamu tidak bagus lho, Sobat OSC!

2. Tidak mencatat materi

Saat di kelas, dosen akan seringkali menjelaskan materi secara lisan atau menjelaskan materi melalui slide powerpoint. Nah, terkadang para mahasiswa hanya menyimak materi saat diberikan oleh dosen di kelas dan tidak mencatat materi tersebut. Padahal mencatat materi akan menambah daya ingat di otak kita dan tentunya akan lebih baik jika kita menambah sumber buku bacaan kita.

3. Tidak mengikuti organisasi

Organisasi, kepanitiaan, UKM, dan hal lain semacamnya sangat berguna untuk menambah pengalamanmu selama menjadi mahasiswa. Softskill yang kamu miliki akan sangat diasah di dalam organisasi yang kamu ikuti, seperti skill kepemimpinan dan skill bekerja dalam sebuah tim. Alangkah baiknya kamu mengikuti organisasi atau UKM sesuai dengan minat dan bakatmu.

4. Tidak memperluas relasi

Saat berkuliah adalah saat yang tepat untuk memperluas networking. Kalian bisa mulai banyak mencari kenalan dan teman yang memiliki minat yang sama serta dapat membawa dampak positif bagi kalian. Terlalu menutup diri dari lingkungan adalah hal yang harus dihindari saat kalian berkuliah ya!

5. Tidak aktif mencari info magang

Beberapa mahasiswa mungkin berpikir tugas mereka adalah kuliah lalu setelah lulus akan bekerja. Namun, banyaknya para pencari kerja di masa kini menuntut kita untuk lebih unggul dibanding yang lain. Salah satu caranya adalah memperbanyak pengalaman dengan magang, pengalaman magang yang kalian miliki akan menunjang kualitas CV kalian saat melamar kerja nanti, lho!

Nah, itu dia 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa. Setelah membaca artikel ini, kamu jadi bisa menghindari hal-hal yang seharusnya tidak kamu lakukan salama kuliah ya!

 

 

Sumber foto:

College student [daring], tautam: https://www.freepik.com/free-photo/online-communication_5403029.htm#query=college&position=31&from_view=search

  33 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts