banner

5 Langkah Mengelola Waktu di Masa Muda

Hai, sobat

Gimana nih kabarnya di rumah ? masih pada semangat kan ? Pada masa pandemic seperti ini pengelolaan waktu sangatlah penting. Banyak dari kita yang tak sadar bahwa pada masa sekarang ini, kita justru banyak membuang-buang waktu kita dengan kegiatan yang kurang bermanfaat. Sebaliknya kita seharusnya tetap mengisi waktu-waktu ini dengan produktivitas dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Tentunya dengan kegiatan yang dapat mengembangkan diri kita ke depan. Kali ini aku ingin berbagi lagi nih soal mengelola waktu dengan baik di masa muda. Waktu itu sangatlah penting sobat. Selagi kita masih muda mari manfaatkan waktu dengan baik dan se-optimal mungkin. Untuk mengelola waktu dengan baik, yuk cek beberapa tips dari aku dibawah ini

1.   Pasang target dan goals mu

Langkah pertama, mulailah dengan memahami diri kalian sendiri. Berilah pertanyaan pertanyaan kepada diri kalian sendiri misalnya apa-apa saja yang kalian suka ?, apa-apa saja yang kalian tidak suka ?, apa-apa saja yang membuat kalian bersemangat ?, dan lain sebagainya. Kemudian tuliskan pencapaian yang kalian inginkan untuk dicapai berdasarkan dengan minat kalian sebelumnya. Dan temukan target dan goals pribadi kalian sebagai pedoman untuk menjalani hidup ke depan.

2.   Atur dan susun schedule mu dengan baik

Langkah kedua, susunlah jadwal atau schedule kalian dengan baik. Dengan ini kalian dapat mengatur dan mengarahkan diri kalian pada kegiatan dan aktivitas terstruktur dan terencana sehingga dapat lebih memudahkan kalian dalam menggapai goals kalian sebelumnya.  Jadwal atau schedule ini juga dapat kalian gunakan sebagai tolak ukur keberhasilan kalian dalam proses mencapai tujuan kalian kedepan.

3.   Kerja cepat, kerja cerdas, dan kerja ikhlas

Yang ketiga, cobalah untuk bekerja secara cepat, cerdas, dan ikhlas. Yang saya maksud dengan kerja cepat, kerja cerdas, dan kerja ikhlas disini yaitu bekerjalah dengan waktu yang telah ditentukan, jangan tunda pekerjaanmu dan bila ada waktu lebih jangan gunakan waktu tersebut dengan sia-sia baiknya gunakanlah waktu tersebut untuk memulai pekerjaan lainnya. Kemudian bekerja dengan penuh tanggung jawab dan rasa cinta dengan pekerjaan tersebut. Hal ini penting dilakukan karena pekerjaan akan terasa berat jika dijadikan sebagai beban. Sebaiknya pekerjaan harusnya dikerjakan dengan rasa cinta dan tanggung jawab agar pekerjaan tersebut mendapatkan hasil yang optimal sehingga dapat pula mengefisienkan waktu pengerjaan.

4.   Mulai dan biasakanlah dirimu untuk hidup disiplin dan produktif

Yang keempat, berdisiplin dan terus mencoba untuk produktif dalam setiap hal. Disiplin ini akan membantumu untuk senantiasa focus pada tujuan yang ingin kalian capai. Dengan hidup disiplin ini juga dapat memacu kalian untuk lebih produktif.

5.   Belajarlah untuk percaya pada diri kalian sendiri

Yang terakhir, cobalah untuk percaya pada diri kalian sendiri. Percaya bahwa kalian mampu dan sanggup bertanggung jawab pada pilihan yang kalian ambil.  Percaya pada langkah-langkah yang kalian tentukan untuk mencapai masa depan kalian tersebut.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, mengelola waktu itu kenyataannya tidak semudah yang kita bayangkan. Tapi yakinlah bahwa jika kita berusaha dengan bersungguh-sungguh maka kita akan dapat melakukannya. Mengelola waktu tidaklah hal yang instant tapi harus dilakukan dengan penuh ketekunan. Semoga tulisanku kali ini bermanfaat ya kawan. So, jangan pernah lelah dalam mengatur waktumu dan jalanilah hidup dengan penuh semangat, disiplin, dan produktif tentunya :)

 

 

Sumber Gambar : Kompasiana.com

  0 Views    Likes  

banner
cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

previous post

Cara Konsisten dalam menulis cerita pada wattpad
cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

next post

cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

related posts