5 Menghasilkan Rupiah Dari Menulis? Coba Yuk!

 

Halo Sobat OSC! Setelah sekian abad tidak menulis di sini, akhirnya bisa lagi :). Semoga teman - teman selalu dalam keadaan sehat semua yaa. Oh iya ngomong - ngomong di kesempatan ini aku akan membagikan info yang dijamin bakal bermanfaat banget.

 

Nah apa tuh? Simak terus, jangan sampai kamu skip ya.

 

Berawal dari gimana sih cara mendapatkan uang dari menulis?

 

Nah ini nih. Kamu hobi menulis di buku? Di catatan? Di diary? Di manapun deh asal jangan sembarang tempat hehe.

 

Lalu akan dibawa ke mana tulisan - tulisan tersebut? Apakah sebatas kamu tulis saja? Padahal sebenarnya tulisan tersebut bisa menghasilkan cuan loh, dari rupiah sampai dollar pun bisa kamu dapatkan (asal udah banyak jam terbangnya hehe). 

 

Cuan nggak melulu dari saham yang hijau atau dari koin crypto yang makin naik terus hehe. Kamu juga bisa mendapatkan rupiah dari menulis saja.

 

Jadi menulis bukan sekadar hobi saja loh. 

 

Lalu, gimana tuh cara dapat rupiah dari menulis? Tapi sebelum itu, perlu disclaimer dulu ya, cara di bawah ini berlaku untuk tulisan artikel saja.

 

5  Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis

 

Simak 5 cara berikut ini, dan sesuaikan yang paling cocok dengan kalian ya.

 

1. Ngeblog

 

Pasti kamu pernah dengar profesi sebagai Blogger kan? Nah, profesi ini sebenarnya yaitu menulis artikel untuk sebuah blog atau website pribadi. 

 

Jadi, kamu bisa pelajari dulu cara membuat blog, setelah itu isi blog kalian dengan artikel - artikel yang sudah dibuat.

 

Tenang saja, kamu bisa mulai menulis artikelnya dengan topik yang paling dekat dengan kamu. Misal kamu seorang mahasiswa, kamu bisa tuliskan tips mengatur keuangan ala mahasiswa.

 

Lalu dari mana bisa dapat uangnya? Nah ini dia, blog yang diseriusi dan bisa dirawat dengan baik lama kelamaan boleh kamu daftarkan ke Adsense. 

 

Adsense ini sendiri merupakan sebuah kerjasama iklan. Jadi mudahnya, blog kamu akan ditampilkan iklan. Dan setiap orang yang berkunjung dan mengklik iklannya, maka kamu akan mendapatkan uang dari sana. 

 

Cara mendapatkan uang dari menulis ini memang perlu waktu yang cukup lama. Tapi asalkan kamu konsisten, pasti kamu bisa mendapatkannya.

 

2. Menjadi Freelance Writer

 

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan konten untuk website mereka. Tak jarang mereka juga mencari para penulis untuk diminta membuatkan artikel untuk mereka.

 

Tapi yang paling penting, pastikan kamu sudah punya portofolio tulisan terlebih dulu ya. Agar klien bisa percaya pada kamu.

 

Fee untuk artikel bagi para freelance sendiri rata - rata adalah 30 rupiah/kata. Lumayan kan? Jika menulis 500 kata saja kamu sudah bisa mendapatkan Rp15.000.

 

3. Gabung Dengan Jasa Penulisan

 

Sekarang banyak jasa penulisan yang sudah besar usahanya. Nah, jika kamu tak kunjung mendapatkan pembeli. Kamu bisa gabung dengan jasa penulisan tersebut.

 

Mereka juga seringkali membuka lowongan atau merekrut penulis baru untuk usaha mereka.

 

Jadi sistemnya, kamu akan diberi topik oleh jasa penulisan tersebut. Tapi tentu fee nya akan dipotong untuk jasa tersebut. Tenang saja, tidak banyak kok. Besarannya juga berbeda setiap jasa penulisan. 

 

4. Ikut Lomba Kepenulisan

 

Cara mendapatkan uang dari menulis selanjutnya adalah ikut lomba. Apabila dirasa kemampuan menulis kamu sudah cukup baik dan ingin mencoba ikut lomba, coba saja. Hitung - hitung untuk memperbanyak portofolio.

 

Selain itu hadiahnya terkadang sangat mahal. Tergantung dengan penyelenggara lomba tersebut.

 

Contohnya beberapa kali ASUS menggelar lomba tersebut, dan hadiahnya adalah sebuah laptop dari mereka. Menggiurkan sekali bukan? Tak sedikit juga yang memberikan hadiah berupa uang tunai, voucher, atau bentuk lainnya.

 

5. Kirim Tulisan ke Website Berbayar

 

Kamu sudah tahu belum jika ada beberapa website yang menerima tulisan dari luar dan mereka akan membayar kontributornya?

 

Nah, kamu bisa coba kirim tulisan ke sana. Tapi pastikan ikuti syarat dan ketentuan yang berlaku ya, agar tulisan kamu bisa lolos seleksi dan publish di website mereka. Dan mendapatkan fee dari sana.

 

Contoh website nya seperti mojok.co, idntimes, nongkrong.co dan masih banyak lagi.

 

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan uang dari menulis yang dapat kamu pilih. Mungkin akan terlihat sulit di awal, tapi yang penting konsisten dan terus menulis. Semangat! 

https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-smartphone-meja-tulis-laptop-7112/  

  733 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts