5 Tips Berani Ngomong di Depan

Sobat OSC, kamu tipe orang yang mudah ngomong di depan atau orang yang selalu gugup dan auto blank kalo ngomong di depan orang banyak ?

Ternyata masih banyak loh orang yang takut untuk ngomong di hadapan orang banyak, beberapa penyebabnya adalah takut salah, gugup, tidak menguasai materi, dan lain sebagainya.

Nah, kali ini aku akan bagi ke kamu tips supaya kamu bisa berani ngomong di hadapan orang banyak.

1. Rileks

Biarkan pikiran kamu rileks, jangan terlau di bebani pikiran atau terlalu overthinking memikirkan hal hal buruk yang akan terjadi. Dengan begitu kamu akan merasa lebih tenang dan mengurangi rasa gugup. Serta kamu harus selalu berpikir positif sebelum kamu tampil didepan.

2. Kuasai Materi

Kausai apa yang akan kamu sampaikan di depan orang banyak. Hal ini menjadi sangat penting karena kerika kita tidak menguasai apa yang akan kita sampaikan, nantinya akan membuat fokus kita gampang teralihkan dan kesulitan dalam menjawab pertanyaan.

3. Pemanasan

Kamu bisa melakukan pemanasan, dengan cara senam mulut supaya nanti saat berbicara kamu bisa lancar dan mengurangi belibet. Pemanasan ini dapat dilakukan dengan melakukan pelafalan A I U E O dengan mulut terbuka lebar, dan menggerak gerakkan bibir ke kanan, kiri, atas, dan bawah.

4.Menjadi Diri Sendiri

Terkadang salah satu alasan kenapa kita takut untuk berbicara di depan adalah karena kita selalu membanding bandingkan dengan orang lain. Jadilah diri sendiri, kamu bisa berbicara sesuai dengan versi dan pembawaanmu, hal itu dapat membuatmu menjadi lebih nyaman loh.

5. Berdo’a

Ini adalah salah satu tips penting versiku sih, jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu, meminta kelancaran dan supaya dimudahkan semuanya sampai akhir.

 

Jadi segini dulu ya sharing kita kali ini, tetap semangat dan selalu jaga Kesehatan :)

 

  8 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts