6 Manfaat Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Di Dunia Perkuliahan

Halo, Sobat OSC! Di dunia perkuliahan banyak sekali program atau kegiatan-kegiatan yang bisa kita ikuti. Salah satunya adalah program pertukaran mahasiswa. Kemdikbud juga melalui program kampus merdeka membuka program pertukaran mahasiswa yang dibuka untuk mahasiswa-mahasiswi di seluruh ptn/pts yang terdaftar, loh.

 

Nah kira-kira apa saja ya manfaat yang akan kita peroleh saat mengikuti program ini?

Sudut pandang baru

Pertukaran mahasiswa memberi kesempatan untuk menyegarkan dan menguatkan sudut pandang kita agar lebih menghormati keberagaman Indonesia sebagai salah satu keunggulan pemersatu bangsa dan negara.

Transfer ilmu akademik dengan metode yang berbeda

Dengan mengikuti pertukaran mahasiswa, kita dapat memperluas dan memperdalam pengetahuan di bidang akademik dengan metode belajar yang mungkin berbeda dengan saat kita belajar di perguruan tinggi asal kita.

Eksplorasi keanekaragaman budaya, agama, dan sejarah di kawasan sekitar perguruan tinggi penerima

Selain itu, kita juga dapat menggali inspirasi dari figur-figur inspirasi daerah, melakukan refleksi bersama melalui diskusi, talk show, dokumentasi, tulisan (refleksi), serta menginisiasi kegiatan sosial bagi masyarakat (kontribusi sosial) melalui berbagai ragam aktivitas yang telah diagendakan.

Teman baru, Relasi Baru

Kita juga berkesempatan untuk mempunyai teman baru dari berbagai daerah yang juga nantinya bisa menjadi relasi positif bagi kita, lho

Uang saku

Hmm, ini pasti paling menarik nih, beberapa program pertukaran mahasiswa, seperti PMM Kemdikbud memberikan uang saku kepada mahasiswa yang mengikuti program ini. Tentunya membuat kita makin semangat menjalani programnya bukan?

Sertifikat

Yang terakhir dan gak kalah penting, kita akan mendapatkan sertifikat setelah mengikuti program pertukaran mahasiswa. Wah, bisa nambah di CV Sobat OSC nih!

 

Nah, sekian informasi terkait manfaat yang akan kita peroleh ketika mengikuti program pertukaran mahasiswa. Selamat mencoba!

 

  37 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts