banner

Ambil Teknik Elektro? Mau jadi apa nanti?

Salah satu jurusan kuliah yang cukup diminati di Indonesia adalah jurusan teknik elektro.atau kadang dikenal sebagai teknik listrik. Sesuai dengan namanya, jurusan ini terfokus pada kelistrikan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Namun terkadang kita bertanya-tanya setelah lulus sebagai sarjana teknik elektro nantinya mau kerja apa? Apa hanya bisa jadi teknisi listrik? 

Nah, untuk itu diartikel ini saya akan membahas mengenai prospek kerja bagi lulusan teknik elektro di tahun 2019 kedepan. Berikut prospek kerja yang dimiliki oleh lulusan teknik elektro:

1. Teknisi di Perusahaan Elektronika

Semakin hari, teknologi dunia menjadi semakin berkembang. Karena itu, penggunaan alat elektronika akan semakin banyak dan dibutuhkan diberbagai hal. Tentunya hal ini akan menyebabkan peningkatan permintaan akan perangkat elektronika sehingga produksi di perusahaan harus ditingkatkan. Untuk meningkatkan produksi, tentunya perusahaan akan banyak merekrut teknisi-teknisi berkualitas untuk bekerja disana. 

 

2. Dosen atau Guru

Lulusan teknik elektro juga dapat bekerja sebagai dosen dan guru untuk jurusan teknik dan IPA. Pada masa kuliahnya, anak elektro akan banyak menemui permasalahan fisika dan matematika, sehingga lulusan teknik elektro dapat mengajar di pelajaran fisika ataupun matematika di sekolah maupun di perguruan tinggi. Lulusan teknik elektro juga dapat menjadi dosen di perguruan tinggi dengan mengajar di fakultas teknik.

 

3. Bekerja di BUMN

Ada beberapa perusahaan BUMN yang banyak membutuhkan tenaga teknik elektro, seperti PLN, Pertamina, Telkom, dan lainnya. Gaji di perusahaan BUMN ini juga menarik loh!!

 

4. Wirausaha

Dengan memanfaatkan kemampuan untuk menangani masalah kelistrikan ataupun software, lulusan teknik elektro sangat memiliki potensi untuk memulai usaha sendiri. Salah satu bidang yang sedang populer adalah IoT(Internet of Things). Dengan menjadi lulusan teknik elektro, kamu bisa mencoba untuk membuat perangkat IoT dan memasarkannya.

 

5. Software Developer

Selain lulusan Informatika, lulusan teknik elektro juga dibekali dengan kemampuan pemrograman perangkat lunak. Dengan  kemampuan ini kalian dapat menjadi pengembang perangkat lunak yang hebat.

 

Selain pekerjaan diatas, kalian juga dapat menjadi Project Engineer, Electrical Design Engineer, bahkan kalian dapat terjun ke dunia manajemen dan perbankan. 

Di Indonesia sendiri banyak terdapat Universitas yang memiliki jurusan teknik elektro yang bagus, diantaranya Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, ITS, UPI, UGM, UNDIP dan lainnya, termasuk di Universitas Swasta ada Telkom University, Universitas Islam Indonesia, Universiitas Kristen Petra, Universitas Pelita Harapan, Universitas Maranatha, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya yang bisa kalian masuki dengan gratis melalui program OSC dari Medcom.id.

 

 

Sumber gambar: apkpure,com

  479 Views    Likes  

banner
 what is your "MOTIVATION?"

previous post

Peran Pemuda Sebagai Pionir Dalam Pengurangan Sampah Plastik Dengan Zero Waste
 what is your "MOTIVATION?"

next post

what is your "MOTIVATION?"

related posts