Anak Arsi Harus Siap Begadang?

Halo sobat OSC. Semoga kabar kalian baik-baik saja dan sehat selalu ya! Aku sebagai mahasiswa arsitektur akan sharing seputar jurusan ini. Yuk kita simak lebih lanjut!

Jurusan arsitektur sangat identik dengan kata "begadang". Tugas menumpuk dan deadline yang terus mengejar membuat kebanyakan dari mereka harus lembur untuk menyelesaikan seluruh tugasnya. Apa saja penyebabnya ya? 

Penyebab Kebanyakan Mahasiswa Arsi Begadang

1. Kebiasaan menunda tugas

Menunda dalam mengerjakan tugas menjadi hal yang fatal karena kita harus melalui banyak tahap dalam melakukan proses perancangan. Mulai dari tahap mencari referensi melalui studi preseden, kemudian dilanjutkan dengan melakukan analisis lebih dalam terhadap permasalahan yang harus diatasi dalam proses merancang. 

2. Selalu merasa tidak puas

Setiap orang pasti menginginkan hasil rancangan yang sempurna. Namun apabila kita selalu merasa kurang puas dan mengulang terus-terusan untuk mendapatkan hasil yang perfect, tentunya hal ini akan menghambat langkah kita untuk lanjut ke tahap berikutnya. Sudah hal biasa bagi anak arsi untuk melakukan revisi, tapi jangan ragu untuk asistensi dengan dosen agar revisi yang kita lakukan tidak sia-sia.

3. Deadline yang menumpuk dalam waktu dekat

Saat mendekati akhir semester, akan ada yang disebut dengan tugas besar. Tugas besar ini tidak hanya terdiri dari satu tugas saja, melainkan banyak gambar yang harus diserahkan. Tipsnya kita harus sigap dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut. Jangan sampai ada yang menumpuk, karena apabila sudah terlanjur seperti itu, otomatis kita akan semakin malas untuk mengerjakannya.

4. Terlalu lama berpikir

Seringkali mencari ide desain atau menentukan tata ruang yang tepat dapat memakan waktu yang sangat lama. Agar lebih efektif, segera catat semua ide yang muncul di pikiran kita agar kita dapat membayangkan visualisasinya secara lebih jelas. Rajinlah membaca referensi seputar arsitektur agar input yang kita dapatkan semakin banyak. Apabila masih belum menemukan solusi dari permasalahan desain, kita dapat refreshing sejenak dan nantinya ide akan muncul sendiri saat kita dalam kondisi yang lebih fresh.

5. Night owl

Pasti ada dari sobat OSC yang juga termasuk tipe night owl. Apa itu night owl? Night owl adalah sebutan untuk tipe orang yang masih terjaga hingga larut malam, bahkan hingga subuh. Ada sebagian orang yang baru mengerjakan tugasnya ketika sudah hampir tengah malam karena ide-ide menarik atau semangatnya untuk bekerja baru muncul pada waktu-waktu tersebut. Kebiasaan ini dapat menyebabkan gangguan ritme sirkadian pada tubuh yang berdampak pada kesehatan.

Nah, itu adalah beberapa penyebab mahasiswa arsitektur seringkali begadang. Kalian masuk ke tipe yang mana nih? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat OSC yang akan memasuki atau yang sedang menjalani perkuliahan di arsitektur.

Sumber gambar :

https://www.re-thinkingthefuture.com/wp-content/uploads/2020/08/A1441-The-psychology-behind-architects-and-all-nighters-770x515.jpg 

https://www.freepik.com/free-vector/business-woman-is-holding-her-hair-stress-during-work-hand-drawn-style-vector-design-illustrations_13399751.htm#query=deadline&position=2&from_view=keyword

 

  63 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts