Apa Itu Digital Marketing?

 

Halo semua! Kali ini aku akan membuat artikel mengenai pengenalan digital marketing. Seperti yang kita lihat bahwa teknologi sangat berpengaruh dalam semua aspek, salah satunya adalah bisnis. Contohnya sudah banyak e-commerce yang muncul dan digunakan oleh banyak orang. Inilah yang membuat aku tertarik untuk mempelajari digital marketing.

Digital marketing merupakan penerapan media, data, dan teknologi digital yang terintegrasi dengan komunikasi tradisional untuk mencapai tujuan pemasaran. Dalam digital marketing terdapat RACE (Reach, Act, Convert, dan Engage) yaitu siklus untuk membangun hubungan dengan customer dan mendorong penjualan dan pendapatan. 5D dalam pengelolaan interaksi digital yaitu digital devices, digital platforms, digital media, digital data, dan digital technology. Menurut Hendra Hilman, ada 3 dasar digital marketing untuk pembisnis yaitu traffic, frekuensi, dan volume. Untuk meningkatkan volume, 3 hal yang bisa kita lakukan adalah harus lebih eksis (Search Engine Friendly, Search Engine Optimized, Search Engine Dominance), intersepsi (kita menggunakan moment ketika orang sedang browsing dan melihat media sosial), dan customer relationship (membangun kedekatan, keterlibatan dari customer). Beberapa contoh keberadaan perusahaan secara daring adalah website, blogs, email list, dan media sosial. Media memiliki tiga tipe yaitu paid media (media yang dibeli), owned media (media online yang dikendalikan perusahaan), dan earned media (word of mouth, contohnya review dari pelanggan).

Terdapat beberapa strategi dalam digital marketing yaitu positioning, target marketing strategy, dan online value proposition (OVP). Tiga hal yang bisa dicapai dengan digital marketing adalah market expansion (perluasan pasar), brand switching (pindah merek), dan relationship deepening (memperdalam hubungan). Multichannel (omnichannel) marketing adalah komunikasi pelanggan dan distribusi produk didukung oleh kombinasi saluran digital dan tradisional di berbagai titik dalam siklus pembelian atau jalur menuju pembelian. Customer journey dan customer lifecycle adalah urutan poin kontak online dan offline yang diambil oleh persona pelanggan atau pembeli selama proses pembelian atau pengalaman pelanggan yang lebih luas. 5S goals dari digital marketing adalah sell-grow sales, serve-add value, speak-get closer to customers, save-save costs, dan sizzle-extend the brand online. Terdapat juga 6 kunci untuk digital media channel yaitu search marketing (termasuk organic dan paid), online public relations, partnership (affiliate) marketing, display advertising, email, dan social media marketing.

Terdapat perdebatan mengenai manakah yang lebih bagus antara marketing campaign dan advertising campaign. Menurut saya, marketing campaign lebih baik dibandingkan dengan advertising campaign karena marketing campaign menekankan aspek mengenai produk atau layanan yang akan dipasarkan dan memiliki arti yang lebih luas dibandingkan advertising campaign. Sedangkan advertising campaign hanya menekankan pada media pemasaran yang akan digunakan.

Sekian beberapa informasi mengenai pengenalan digital marketing yang bisa aku bagikan kepada teman-teman semua. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian dan membuat kalian tertarik untuk mempelajari digital marketing. Jika ada hal yang ingin ditanyakan seputar beasiswa OSC atau hal lainnya, boleh hubungi aku lewat instagram (@akeykoh) yah! Thank you teman-teman!!

  652 Views    Likes  

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

previous post

Moralitas dan Etika Profesional dalam Menyongsong Generasi Pemimpin Masa Depan
Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

next post

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

related posts