banner

Apa Itu Filsafat?

Halo sobat sobatku…kembali lagi denganku,di Assyifa blog,kali ini kita akan membahas tentang Apa itu filsafat?,banyak dari kita itu menganggap filsafat itu adalah ilmu yang mengawang – ngawang,ilmu yang bisa menjerumuskan kita pada kesalahan,bisa membuat kita tidak percaya TUHAN,,.Nah! Oleh sebab itu mari kita bahas apa sih! Ilmu filsafat itu…,yuk..let’s go!!

    

    Istilah filsafat berasal dari kata PHILOS dan SHOPEIN ,PHILOS bisa berarti ‘mencintai,mencari atau pencarian akan’,sedangkan istilah SHOPEIN itu bisa diartikan sebagai ‘cinta,kebijaksanaan atau kebenaran’,maka dari itu istilah filsuf adalah “orang yang sedang mencari kebenaran atau kebijaksanaan”,jadi kalau ada seseorang yang mengaku seorang filsuf dan mengklaim dirinya sudah menemukan kebenaranatau kebijaksanaan itu sebenarnya justru sebenarnya belum menjadi filsuf.

     Filsuf pertama didunia yaitu THALES, thales memiliki pemikiran bahwa dunia ini berasal dari Air,thales juga memiliki murid bernama ANAXIMANDES,yang mengatakan bahwa kehidupan ini berasal dari Air.jadi sebetulnya teori Evolusi yang dikemukakkan oleh Charles R. Darwin itu bukan hal yang baru,soalnya anaximandres sudah mengemukakkan itu sejak dahulu,tetapi karena tidak didukung olehriset dan data yang valid serta empiris maka masih sangat lemah.

     Filsuf selanjutnya adalah HERACLITUS dia mengatakan bahwa “Dunia ini tercipta dari api”,,filsuf yang ketiga yaitu PARMENIDES yang mengatakan bahwa “Dunia ini berasal dari satuan terkecil yang ada”,tapi dia tidak memberitahu sacara pasti apa itu satuan terkecil,kalau kita definisikan kita ambil sebuah tembok yang kalau kita dalami lagi didalam nya ada semen dalam semen ada butiran semen disitu ada pasir,didalam pasir masih ada butiran butiran pasir,nah mungkin yang dimaksudkan Parmenides seperti itu.

      Nah filsuf yang Keempat adalah DEMOKRITUS, pemikiran demokritus sama dengan pemikiran Parmenides hanya saja dia memunculkan istilah ATOM, bahwa “Dunia ini berasal dari satuan terkecil yang tak terbagi (ATOM)” ATOM : “A” = tidak, “THOME” = terbagi, jadi atom itu adalah satuan yang tidak terbagi lagi,jadi istilah atom itu sulah muncul diera filsuf Demokritus. Nah! Keempat filsuf ini adalah filsuf pertama kalinya yang hadir didunia, Tetapi yang menarik adalah kenapa THALES mengatakan dunia ini tercipta dari air?,itu penyebabnya adalah dia hidup dan tinggal dipinggir pantai sehingga setiap hari ia melihat air dan mengasumsikan bahwa kita dan dunia ini tercipta dari Air,begitu juga HERACLITUS  yang mengatakan dunia ini tercipta dari Api,karena dia tinggal dan hidup dikaki gunung berapi,yang sering melihat percikan api, dan disimpulkanlah bahwa kehidupan ini berasal dari api. Jadi bisa kita lihat bahwa sebetulnya ilmu pengetahuan modern awalnya dibangun oleh argument -  argument seperti ini,yang sebetulnya secara rasio dan secara empiris tidak bisa dibuktikan kebenaranya,Nah para filsuf pertama didunia ini juga disebut sebagai  para filsuf Alam,kenapa?,karena pemikiran mereka berupaya menafsirkan tentang alam,tentang bagaimana alam tercipta. Nah pertanyaan yang sering muncul juga adalah Apakah dengan Mempelajari akan semakin menjauhkan kita dari Agama dan Tuhan?,argument ini sebenarnya tidak bisa kita benarkan karena filsafat sebenarnya adalah MODE OF THINGKING atau cara berfikir,jadi tergantung bagai mana anda menggunakan filsafat,anda bisa menggunakan filsafat untuk menyerang agama tetapi anda juga biasa menngunakan filsafat untuk memperkuat Doktrin agama, sebagai missal diera filsafat skolastik muncul filsuf – filsuf seperti Santo Agustinus dan Santo Thomas Aquinas,agustinus berupaya membuktikan keberadaan surga dan neraka dengan meminjam pemikiran Plato mengenai konsep Forma. Sementara St. Thonas Aquinas meminjam pemikiran Aristoteles tentang Causa Sui atau Causa Prima untuk membuktikan keberadaan Tuhan. Inilah mengapa Betrand Russell mengatakan bahwa “Filsafat adalah lahan kosong yang diperebutkan ilmu pengetahuan dan Agama”

  

Segitu aja dari saya ya kawan kawan..semoga bermanfaat dan bemberi kalian jawaban tentang sejarah dan apa itu filsafat. Terima kasih.

 

  0 Views    Likes  

banner
Kehidupannya selalu Di Fisika dan Fisika

previous post

Hentikan Bully Damai itu Indah
Kehidupannya selalu Di Fisika dan Fisika

next post

Kehidupannya selalu Di Fisika dan Fisika

related posts