APA ITU SPK DAN MENGAPA SINDROM INI DAPAT MERUSAK PENGLIHATAN ?

Sistem kerja dan kegiatan pembelajaran dari rumah yang banyak dijalankan sekarang akibat pandemi Covid-19 menuntut kita melakukan aktivitas belajar, pekerjaan, rutinitas sehariphari di rumah. Seseorang dapat melakukan pekerjaan atau belajar duduk di depan komputer atau laptop lebih dari 8 jam sehari, keadaan ini menyebabkan penglihatan mengalami gangguan yaitu Computer Vision Syndrome (CVS) atau Sindrom Penglihatan Komputer. 

Meningkatnya penggunaan komputer atau laptop telah menyebabkan berbagai gejala mata yang meliputi ketegangan mata, mata lelah, iritasi, kemerahan, penglihatan kabur, dan diplopia. Keluhan tersebut di sebut sebagai Computer Vision Syndrome (CVS). CVS tidak hanya berdampak pada kenyamanan visual tetapi juga pada produktivitas kerja, karena 90% pengguna komputer dalam waktu lama dapat mengalami gejala visual seperti ketegangan pada daerah mata sehingga menimbulkan nyeri kepala, mata terasa kering, penglihatan ganda dan gangguan penglihatan untuk jarak dekat atau maupun jauh. 

Sindrom Penglihatan Komputer disebabkan penggunaan komputer. tablet, e-reader, dan smartphone dengan intensitas lama dan terus menerus sehingga membuat beban pada penglihatan. Interaksi dengan layar komputer jangka panjang, monitor yang silau, pencahayaan yang kontras kurang maksimal berakibat beban visual melebihi batas normal penglihatan menyebabkan timbulnya kelelahan disertai kekeringan mata. Secara gelobal hampir 60 juta orang menderita CVS dan angka ini di perkirakan akan bertambah jutaan kasusu setiap tahunnya. 

Salah satu aturan penting untuk mencegah Sindrom Penglihatan Komputer adalah aturan 20-20-20 aturan ini dengan memalingkan muka dari layar setiiap 20 menit pada jarak 20 kaki selama 20 detik. Beberapa cara lain untuk mencegah SPK atau CVS melibatkan pengaturan lingkungan yang tepat, posisi ideal dan mengatur ketinggian kursi dan meja. 

Jadi kesimpulannya, penggunaan komputer selama masa pandemi terutama untuk pembelajaran semakin meningkat, Sindrom Penglihatan Komputer merupakan penyakit tidak menular tetapi jika diabaikan begitu saja akan berdampak fatal pada kesehatan mata. Sesering mungkin periksa kesehatan mata secara teratur, pastikan setiap komputer atau gadget digunakan berdasarkan saran yang digunakan.

Selamat membaca, semoga bermanfaat !

  125 Views    Likes  

APA ITU SPK DAN MENGAPA SINDROM INI DAPAT MERUSAK PENGLIHATAN ?

previous post

Jurus jitu terhindar dari kebohongan orang lain di dunia sosial
APA ITU SPK DAN MENGAPA SINDROM INI DAPAT MERUSAK PENGLIHATAN ?

next post

APA ITU SPK DAN MENGAPA SINDROM INI DAPAT MERUSAK PENGLIHATAN ?

related posts