banner

Apa Sih Social Distancing Itu ? Yakin Cegah Corona ?

Halo Sobat OSC !

Di artikel ini aku akan membahas topic yang saat ini sedang ramai diperbincangkan di berbagai belahan dunia, yap COVID – 19. Mari kita simak

Virus corona jenis baru yang tengah menyerang masyarakat dunia saat ini dalam istilah kedokteran disebut sebagai 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV). Virus ini diketahui pertama kali muncul di pasar hewan Kota Wuhan. Dilaporkan kemudian bahwa banyak pasien yang menderita virus ini dan ternyata terkait dengan pasar hewan dan makanan laut tersebut. Orang pertama yang jatuh sakit akibat virus ini juga diketahui merupakan para pedagang di pasar itu. Belum lama ini WHO telah menetapkan COVID – 19 sebagai Pandemi Global.

Per tanggal 18 Maret 2020 sendiri di Indonesia sudah terdapat 227 positif, 11 sembuh, dan 19 orang meninggal dunia. Tentunya untuk mencegah penyebaran yang semakin luas, pemerintah mengeluarkan kebijakan Bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Kebijakan itu dapat disebut Social Distancing. Apa itu social Distancing ? Social Distancing adalah  tindakan pengendalian infeksi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memeperlambat penyeberan penyakit menular. Ya, dalam hal ini hubungan sosial kita dengan orang lain mungkin akan  sedikit merenggang, namun hal itu bertujuan baik untuk meminimalisir penyebaran virus COVID -19.

Maka dari itu, seluruh sekolah di Indonesia pun sementara melakukan belajar di rumah selama 2 minggu dan menggunakan fasilitas online untuk pembelajarannya. Kebijakan ini pun bertujuan agar masyarakat meminimalisir atau mengurangi pertemuan dengan orang lain.

Namun, yang terjadi justru sebaliknya masih banyak masyarakat Indonesia menyalahgunakan kebijakan tersebut, mereka yang seharusnya berdiam diri di rumah, dan membatasi berada di keramaian justru pergi, dan menggunakan kesempatan tersebut untuk berlibur /  berwisata.

Sadar atau tidak, tindakan seperti itu justru meningkatkan potensi penyebaran virus terhadap diri kita. Seharusnya kita sebagai masyarakat senantiasa patuh terhadap kebijakan yang telah pemerintah buat.

Oleh karena itu, mari kita bekerja sama memerangi virus tersebut dengan merawat tubuh kita, menjaga kebersihan lingkungan, dan mematuhi kebijakan pemerintah.

Semoga bermanfaat..

Sumber gambar : radartegal.com

  62 Views    Likes  

banner
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

previous post

Sejarah Rafflesia arnoldii, Bunga Raksasa dari Bengkulu
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

next post

GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

related posts