banner

AUMR karya Telkom University Untuk Bantu Tangani Covid-19

Hai Sobat-sobat OSC. Selama karantina ini kalian ngapain aja nih? Jangan kemana-mana yah, stay at home aja biar pandemi ini cepat berlalu. 

Selama karantina ini, coba kalian melakukan sesuatu agar tidak bosan, seperti yang dilakukan oleh beberapa dosen dan mahasiswa Telkom University ini. Mereka membuat sebuah robot yang berguna untuk membantu membasmi virus Covid-19. Robot ini merupakan robot AUMR (Autonomous UVC Mobile Robot) pertama loh di Indonesia.

Robot ini dapat melakukan sterilisasi dan disinfeksi ruangan dari mikroorganisme kecil termasuk virus Covid-19 yang menempel di benda-benda, dinding, ataupun lantai. Nah, alat ini akan digunakan untuk melakukan sterilisasi pada ruangan isolasi pasien Covid-19 tanpa campur tangan manusia. Hal ini tentunya dapat mengurangi peluang penularan Covid-19. Robot ini juga sudah diuji coba di Wisma Atlet Jakarta.

Robot ini bekerja dengan cara memancarkan gelombang sinar ultraviolet yang memiliki panjang gelombang 200nm dan 280nm. Sinar itu akan diserap oleh DNA, RNA dan protein pada mikroorganisme yang terpapar. Penyerapan itu akan menyebabkan dinding sel protein mejadi pecah dan membunuh mikroorganisme tersebut. Penyerapan sinar UV oleh DNA dan RNA juga dapat menyebabkan inaktivasi untai ganda pada DNA atau RNA yang menyebabkan proses replikasi DNA menjadi terganggu dan sel baru tidak dapat dibentuk.

Untuk kontrolnya, dapat dilakukan dalam 2 mode, yaitu mode remote control, dan mode autonomous. Mode autonomous memungkinkan robot dapat beroperasi sendiri dengan memanfaatkan pelacakan garis dan navigasi laser range. Robot ini juga dilengkapi dengan sensor ultasonik agar tidak menabrak benda disekitarnya.

 

  8 Views    Likes  

banner
Nasionalisme di Generasi Milenial

previous post

Mengenal Lebih Jauh Tentang Taijiquan
Nasionalisme di Generasi Milenial

next post

Nasionalisme di Generasi Milenial

related posts