Awas Informasi Beasiswa Palsu!

Halo sobat OSC! Sebelum mengambil beasiswa sebaiknya sobat OSC mengetahui terlebih dahulu apakah beasiswa tersebut palsu atau tidak. Memangnya ada beasiswa yang palsu? Yap, ada! Maka dari itu sobat OSC harus berhati-hati dan lebih waspada dalam mencari informasi beasiswa terutama di media sosial, yah! Nah, di artikel kali ini aku mau kasih beberapa cara untuk mengetahui beasiswa tersebut palsu atau tidak. Hope it helps!

Tawaran istimewa

Pertama yang perlu diingat beasiswa diberikan kepada orang yang memenuhi kriteria penilaian tertentu, beasiswa bukanlah uang yang tiba-tiba jatuh dari langit, jadi hati-hati dalam menerima tawaran istimewa yang mengatasnamakan "beasiswa" ya sobat OSC! Apalagi jika beasiswa tersebut tanpa proses seleksi, beasiswa tersebut mengiming-imingi 100% lolos beasiswa, sobat OSC harus waspada! Itu salah satu ciri beasiswa palsu. 

Pemburu beasiswa harus bayar

Hati-hati jika ada program beasiswa yang meminta peserta melakukan pembayaran. Misal, pembayaran pendaftaran, biaya sebelum pengajuan aplikasi diproses, atau dalam form pendaftaran diminta mengisi data informasi keuangan rekening/kartu kredit. Sebab, beasiswa yang dikelola secara resmi tidak akan pernah meminta para calon penerimanya untuk membayar biaya apapun.

Alamat dan logo status

Beasiswa palsu biasanya tidak memiliki alamat yang jelas. Kalaupun ada mencantumkan alamat, telusuri alamatnya terlebih dahulu di google maps. Kunjungi alamat website resminya. Biasanya juga tidak ada nomor telepon yang dicantumkan. Walaupun ada, tidak jarang kontak tersebut sulit untuk dihubungi atau bahkan tidak aktif. Selain itu, perhatikan logo situs beasiswa. Beasiswa palsu akan mencantumkan beberapa logo universitas, institusi, dan bank untuk menegaskan keberadaan status mereka yang asli tapi ternyata palsu.

 

Nah, itulah beberapa cara mengetahui beasiswa tersebut palsu atau tidak. Sobat OSC harus lebih waspada dan cerdas dalam mengakses informasi beasiswa karena banyak oknum yang ingin mengambil keuntungan dengan menawarkan beasiswa palsu. Semangat pejuang beasiswa!

 

Sumber Buku: Saatnya Berburu Beasiswa!

Penulis Buku: Enung Nurhayati

  38 Views    Likes  

Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

previous post

Daftar beasiswa dari berbagai negara di dunia
Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

next post

Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

related posts