banner

B.J. Habibie Presiden Ke-3 Indonesia, Sang Panutan Bangsa

B.J. Habibie merupakan salah satu tokoh yang sangat dibanggakan oleh rakyat Indonesia. Melalui karyanya yang mengagumkan, beliau mengangkat nama Indonesia ke mata dunia. 

Habibie kecil lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak ke-empat dari delapan bersaudara.

Pada masa remajanya, dia menitih pendidikan di SMA Kristen Dago dan kemudian melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Institut Teknologi Bandung yang dulu dikenal dengan Universitas Indonesia Bandung. Mulai pada tahun 1955, beliau berangkat ke Jerman untuk melanjutkan pendidikan dengan mengambil jurusan Teknik Penerbangan di RWTH Aachen, Jerman Barat. Pada tahun 1965, Habibie berhasil meraih gelar doktor enggineer dengan predikan cum laude. 

Setelah lulus, Habibie bekerja di sebuah perusahaan penerbangan di Jerman. Hingga pada tahun 1973, Habibie dipanggil untuk pulang ke Indonesia atas permintaan Soeharto.

Setelah kepulangannya ke Indonesia, Habibie mulai berjuang untuk memajukan bangsanya, Indonesia. "Indonesia Maju" adalah cita-cita pak Habibie. Melalui berbagai macam cara dan karya, beliau membangun Indonesia dan mengangkat nama Indonesia untuk dilihat oleh dunia.

Hingga pada akhirnya, beliau meninggal di RSPAD Gatot Subroto pada tanggal 11 September 2019 karena penyakit gagal jantung yang dideritanya dan faktor usia. Ia dimakamkan di samping makam istrinya di Taman Makam Pahlawan Kalibata, 12 September 2019.

Kepergian B.J. Habibie menyisakan kesedihan bagi rakyat Indonesia. Namun dengan kepergiannya, Indonesia tidak akan berhenti maju ke depan. Misi B.J. Habibie akan tetap dilanjutkan, hingga suatu saat nanti Indonesia akan menjadi negara yang disegani banyak orang, karena Indonesia punya Habibie-Habibie muda yang siap bekerja membangun Indonesia untuk menjadi lebih baik.

 

Sumber gambar: Merdeka.com

  147 Views    Likes  

banner
Nasionalisme di Generasi Milenial

previous post

Mengenal Lebih Jauh Tentang Taijiquan
Nasionalisme di Generasi Milenial

next post

Nasionalisme di Generasi Milenial

related posts