Bagaimana cara efektif dalam menghafal Al-Qur'an

Kayfa Halukum? Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Artikel kali ini akan membahas gimana sih cara efektif dalam meghafal Al-Qur'an? Disimak baik-baik yah!

•Niat dan keinginan yang besar untuk menghafal Al-Qur'an    

     Niat adalah yang paling utama, karena amalan seseorang tergantung pada niatnya. Yang mana niat berasal dari dalam hati. Dan juga mempunyai keinginan yang besar (motivasi kuat). Jika suatu saat seseorang merasa futur (malas) dalam proses penghafalan, ada motivasi yang membuat dia kembali bersemangat untuk melanjutkan hafalannya.

     Bersungguh-sungguh dan yakin bisa selesai sampai khatam Barangsiapa bersungguh-sungguh, dia pasti berhasil. Untuk bersungguh-sungguh harus diawali dengan niat yang baik atas segala yang diingankan. Setelah mempunyai niat juga mempunyai keyakinan bisa selesai sampai khatam. Untuk meyakinkan diri sendiri harus dibarengi dengan doa dan usaha untuk mewujudkannya.

  •Memperbaiki bacaan (tajwid)

     Al-Qur'an memiliki hukum bacaan yang jelas dan harus diikuti setiap muslim. Kesalahan dalam membaca bisa mengubah makna suatu kalimat dan itu sangat fatal. Maka itu penting bagi setiap muslim memperbaiki bacaan agar sesuai dengan tajwid dalam Al Quran.  

•Ziyadah dan Murojaah

     Ziyadah merupakan proses penambahan hafalan Al-Qur'an. Salah satu cara ziyadah yaitu satu halaman dibagi dua bagian. Pertama hafalkan setengah halaman dan lancarkan. Setelah hafalan lancar pada setengah halaman, hafalkan setengah halaman berikutnya. Selanjutnya lancarkan satu halaman yang sudah dihafalkan. Diusahakan setiap hari ada ziyadah walaupun satu halaman. Waktu ziyadah yang baik yaitu subuh dan setelah magrib.

     Murojaah sendiri merupakan mengulang kembali hafalan. Tujuan dari murojaah sendiri yaitu agar hafalan tidak mudah dilupa bahkan hilang. Diusahakan setiap hari ada murojaah. Cara murojaah yaitu apabila menyelesaikan satu juz yang telah disetorkan, satu juz tersebut dibagi empat jadinya lima halaman yang disetorkan sampai selesai satu juz. Selanjutnya satu juz tersebut dibagi dua lagi jadinya 10 halaman yang disetorkan sampai selesai satu juz. Setelah itu langsung menyetor full satu juz, usahakan dievaluasi kelancaran hafalan dengan cara sambung ayat. Terakhir yaitu apabila hafalan telah dinyatakan lancar, boleh dilanjutkan ke juz berikutnya.

•Mempunyai target

     Hal ini sangat penting agar seseorang konsisten dalam penghafalannya. Salah satu caranya yaitu membuat schedule. Misalnya membuat target satu halaman perharinya. Selain itu tentukan satu waktu untuk ziyadah dan murojaah. Jika waktunya untuk ziyadah maka yang dilakukan yaitu ziyadah saja, begitupun juga dengan morajaah.

     Bertambahnya hafalan bertambah juga waktu murojaah misalnya jumlah hafalan yang dimiliki sudah 10 juz, usahakan melakukan murojaah minimal dua juz perhari.

     Menghafal sendiri butuh sedikit paksaan dari dalam diri dan keluar dari zona nyaman agar mendapat ganjaran (pahala) yang lebih besar insyaa Allah.

•Istiqomah

     Yang terpenting yaitu bagaimana cara agak tetap istiqomah dalam menghafal. Mintalah pertolongan kepada Allah serta doa orang tua. Dan juga jangan lupa niat dan tujuan apa yang membuat seseorang menjadi penghafal Al-Qur'an serta ganjaran yang akan didapatkan nantinya.

Semoga cara ini membantu buat para pejuang penghafal Al-Qur'an. Semoga tetap istiomah, membuat bangga kedua orang tua, serta meraih penghargaan di surga nantinya. Aamin Yaa Rabbal 'aalamiin

  32 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts