Beasiswa Penelitian SINTAS Indonesia

Yayasan SINTAS Indonesia, didirikan pada tahun 2018 oleh praktisi konservasi berpengalaman yang telah mendedikasikan karir profesional seumur hidup mereka dalam menangani berbagai masalah konservasi. SINTAS, yang berarti “bertahan” dan merupakan singkatan dari Save the Indonesian Nature and Threatened Species, didirikan dengan kesadaran bahwa keberhasilan melestarikan sumber daya alam Indonesia dalam jangka panjang hanya dapat dicapai melalui kepemimpinan yang menyeluruh dari para praktisi Indonesia. Saat ini, Program SINTAS berfokus pada konservasi tingkat tapak di Aceh, Sumatera Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah dengan proyeksi kegiatan lintas provinsi dan tingkat pulau. Pada daerah Jawa Tengah, SINTAS melakukan upaya konservasi macan tutul jawa pada bentang alam Gunung Muria. 

Beasiswa penelitian ini diadakan khusus untuk mendukung penelitian ilmiah tentang macan tutul jawa untuk mahasiswa sarjana atau pascasarjana. Penghargaan akan diberikan kepada dua kandidat untuk mempelajari spesies tersebut. Kandidat terpilih akan mendapatkan manfaat dari dukungan logistik penelitian, pelatihan dalam pengolahan data, bimbingan dari perencanaan hingga publikasi, dan memperluas jejaring.

 

Syarat-syarat pendaftaran:

1. Warga Negara Indonesia.

2. Mahasiswa aktif sarjana (S1) atau pascasarjana (S2 atau S3) dari perguruan tinggi atau sederajat di Indonesia.

3. Minimal semester 6 (sarjana) dan semester 3 (pascasarjana) tanpa tanggungan akademik yang dapat mengganggu kegiatan penelitian.

4. Melampirkan surat rekomendasi dan pernyataan dari pembimbing akademik terkait butir 3 di atas.

5. Mahasiswa dengan objek penelitian macan tutul jawa.

 

Berikut tema yang diangkat dalam penelitian SINTAS award:

1. Macan tutul jawa ditinjau dari aspek sosial, budaya, dan sejarah.

Topik penelitian ini bertujuan untuk menyusun sintesa terkait sebaran macan tutul jawa yang hanya ada di Pula Jawa dari sisi socio-cultural dan sejarah berdasarkan kajian sosiologi, antropologi, dan biogeografi, atau disiplin ilmu lain yang relevan. Metoda penelitian dapat berupa wawancara kepada tokoh masyarakat, budayawan, naturalis, penelusuran informasi ke para pemuka darisitus-situs bersejarah, dan ahli biogeografi. Output dari penelitian ini adalah sintesa sejarah sebaran macan tutul di Pulau Jawa berdasarkan aspek sosial, budaya, antropologi, dan biogeografi.

2. Peran dan efektivitas sosial media dalam upaya konservasi macan tutul jawa.

Topik penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari peran mayarakat dan media sosial dalam konservasi macan tutul jawa, baik efektivitas maupun dampak negatifnya. Metoda penelitian dapat menggunakan kombinasi dari pendekatan social marketing, social media monitoring and analytics, atau pendekatan lain yang relevan. Output dari penelitian ini adalah rekomendasi strategi kampanye melalui sosial media.

 

Manfaat yang akan didapatkan dari beasiswa penelitian:

Hibah penelitian tersedia hingga Rp 10.000.000,- untuk satu judul penelitian dengan durasi pelaksanaan hingga 6 bulan. Hibah tersebut dimaksudkan untuk mendanai semua atau sebagian biaya kegiatan penelitian. Namun, kami memprioritaskan pendanaan untuk biaya penelitian langsung. Pendanaan untuk upah atau barang tahan lama harus sepenuhnya relevan terhadap tujuan penelitian. Dukungan kepada kandidat terpilih selama penelitian dapat berupa:

1. Tes skrining Covid-19 untuk keperluan perjalanan apabila diperlukan

2. Akomodasi dan transportasi dari/ke home base SINTAS Indonesia jika lokasi penelitian berada di wilayah kerja SINTAS Indonesia (1 kali pulang pergi).

3. Asisten lapangan.

4. Konsumsi selama penelitian.

5. Pembelian lisensi.

6. Peminjaman peralatan lapangan, tidak termasuk perlengkapan pribadi.

7. Bimbingan selama penulisan proposal penelitian, pengumpulan data, pelatihan analisis data, penulisan skripsi, dan publikasi ilmiah sesuai dengan kapasitas SINTAS Indonesia.

8. Sertifikat penerima award.

 

Cara mendaftar:

1. Kirimkan surat minat, konsep proposal penelitian yang telah dikonsultasikan dengan pembimbing (mencakup rencana anggaran biaya dan tata waktu), surat rekomendasi dan pernyataan dari pembimbing akademik

2. Scan transkrip akademik hingga semester akhir yang dikeluarkan oleh universitas dan resume ke info@sintas.or.id dengan subjek “SINTAS AWARD 2022_(Nama Anda)” selambat-lambatnya 19 Desember 2022. 

3. Hanya kandidat terpilih akan dihubungi. Kunjungi www.sintas.or.id untuk mempelajari lebih lanjut.

  122 Views    Likes  

Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

previous post

Daftar beasiswa dari berbagai negara di dunia
Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

next post

Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

related posts