Berawal dari Citayem Fashion Week, Nih Beasiswa Fashion Dalam dan Luar Negeri

Hai, Sobat OSC! Gimana nih kabarnya? Semoga sehat-sehat selalu ya.

Dewasa ini pasti sobat OSC udah ngga asing lagi dengan fenomena Citayem Fashion Week, kan? Bermula dari aksi Jeje, Bonge, dan sejumlah remaja SCBD alias Sudirman, Citayam, Bojong Gede, dan Depok yang awalnya hanya sekadar berkumpul dan nongkrong dengan outfit nyentrik dan tidak biasa sebagai bentuk kebebasan berekspresi hingga akhirnya memanfaatkan zebra cross kawasan Dukuh Atas, Jakarta Selatan sebagai arena catwalk dadakan. Tidak kalah dari peraga busana profesional di atas runmay, para remaja ini dengan penuh percaya diri berlenggak-lenggok dan bergaya mengenakan berbagai mode pakaian kekinian.

 

Hal ini lantas menyita perhatian dan sorotan masyarakat terutama lewat media sosial misalnya TikTok, Instagram, Twitter dan Facebook. Mereka menilai bahwa Citayem Fashion Week memberikan dampak positif sebab menjadi wadah bagi anak muda untuk mengekspresikan diri. Kawasan tersebut juga kini ramai dikunjungi oleh masyarakat yang sekadar ingin menyaksikan saja, mengabadikannya dalam jepretan foto dan konten media sosial sampai ikut merasakan euforia, berlenggak lenggok di sepanjang zebra cross tersebut sehingga para pendagang kaki lima di areal itu meraup keuntungan berkali-kali lipat daripada biasanya.

Bahkan Sobat OSC tau ga? kini Citayem Fashion Week (CFW) mendapat sorotan dari media Fashion asal Jepang yakni Tokyo Fashion yang mengapresiasi gerakan ini dan menyamakannya dengan Harajuku, tren serupa yang lebih dahulu berkembang di negara matahari terbit tersebut dimana anak-anak muda dengan gaya fashion nyentrik berkumpul di sekitar stasiun kereta JR Harajuku, Distrik Shibuya, Tokyo.

Melihat potensi besar Citayem Fashion Week selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menawarkan beasiswa lho kepada sejumlah anak muda tersebut untuk mendalami dunia fashion yang menjadi cikal bakal lahirnya tren positif ini. Sungguh menarik, bukan?

Sebab dunia fashion terkadang lekat dengan stereotipe "elite" nya, membuat sebagian besar kalangan masyarakat yang tertarik patah aarang duluan nih sebab biaya untuk mengenyam pendidikan di bidang keahlian ini juga tidak bisa murah dan terjangkau bagi sebagian orang. Namun, Sobat OSC tidak perlu khawatir! Bagi kamu yang ingin untuk terjun dan mendalami dunia fashion, yuk kepoin sejumlah beasiswa fashion dalam dan luar negeri berikut ini.

International Institute of Fashion Design (Indonesia)

International Institute of Fashion Design (INIFD) adalah institusi pendidikan fashion global terbesar di dunia yang telah berdiri selama 25 tahun kemudian berkembang dan tersebar di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, salah satunya Indonesia. INIFD Indonesia telah menyiapkan kurikulum khusus, sarana dan prasana dan pengajar profesional yang tidak perlu diragukan lagi keandalannya dalam dunia fashion dan mode. Nah, demi memajukan dunia fashion design dan mode, INIFD Indonesia menawarkan sejumlah beasiswa untuk sejumlah program pendidikan fashion hingga 50% lho, Sobat OSC. 

Program tersebut antara lain : 

6 Months Intensive Program 1 Year Intensive Program (Womens Ready to Wear) 2 Year Intensive Program (Mens & Kids Wear) 2 Year Intensive Program (Ladies Couture) 3 Year Intensive Program

Apa saja sih yang akan dipelajari? 

Pada umumnya setiap program akan menyediakan kelas fashion illustration, fashion history, textile, pattern drafting & sewing techniques, fashion concept & branding, CAD for fashion design, fashion bussiness, dan beberapa kelas khusus tergantung program yang akan diambil. Selain 6 Months Intensive Program, tiap program sudah mencakup fashion show, photoshoot lookbook, dan sertifikat. Untuk informasi lebih lengkapnya, Sobat OSC bisa mengunjungi instagram resmi mereka di @inifdindonesia.

Art Major Asian Plus (AMA+) Scholarship (Korea Selatan)

Art Major Asian Plus (AMA+) Scholarship adalah salah satu program Kementerian Olahraga, Budaya dan Pariwisata Korea Selatan yang menyediakan beasiswa jenjang S1 dan S2 full tuition di Korea National University of Arts (K-Arts), salah satu perguruan tinggi seni terkemuka yang terletak di ibukota Korea Selatan yakni Kota Seoul dan kampus ini memiliki setidaknya 6 sekolah yaitu Musik, Drama, Film, TV & Multimedia, Tari, Seni Visual, dan Seni Tradisional Korea. Nah salah satu jurusan yang ditawarkan beasiswa ini adalah fashion design.

Bukan cuma full coverage alias gratis biaya perkuliahan saja, tetapi masih ada beberapa benefit lain yang akan diterima oleh awardee beasiswa ini lho di antaranya sebagai berikut :

Tunjangan bulanan sebesar Rp800.000,00 atau setara Rp10.000.000,00 Kelas pelatihan bahasa korea selama 4 bulan sebelum masa perkuliahan berlangsung Tiket pesawat Indonesia - Korea Selatan PP pada awal dan akhir beasiswa Asuransi kesehatan 

Pendaftaran beasiswa ini biasanya dibuka secara online mulai 25 Mei pada pukul 18.00 KST. So, bagi Sobat OSC yang berminat nih jangan lupa dipantengin dan diikuti terus informasinya ya lewat website resmi Korea National University of Arts (karts.ac.kr)

Tokyo Design Academic Scholarship (Jepang)

Tokyo Design Academy (TDA) adalah sekolah spesialis seni yang berlokasi di Harajuku, Tokyo yang terdiri dari beberapa departemen yakni Visual Design, Creative Art, Graphic Design, Illustration, Manga, Animation, Interior Design, Display Design, dan Fashion Accessories. Dilansir dari website resmi mereka, TDA memiliki visi dan misi untuk menanamkan pengetahuan dan skill teknikal yang berlaku di lingkungan industri kreatif, mewujudkan potensi artisitik secara menyeluruh bagi semua individu dan mengembangkan keterampilan komunikasi tingkat tinggi dalam rangka memelihara kreativitas, mewujudkan impian masyarakat, dan menjembatani budaya.

Maka dari itu, TDA dikenal memilki 4 gaya/karakteristik spesial yaitu pendidikan berkualitas yang berfokus pada prinsip-prinsip dasar dan lanjutan, bimbingan pribadi yang dikalibrasi untuk setiap individu, pendidikan karir dengan masa depan dalam pikiran, dan kampus yang memelihara kolaborasi bisnis dan akademis.

Nah, Tokyo Design Academic Scholarship ini diberikan ke semua pelajar internasional. Pada umumnya, entrance fee untuk pelajar internasional akan dikurangi sebesar 50,000 yen. Adapun potongan biaya yang lebih besar ditawarkan kepada mahasiswa yang mampu memenuhi persyaratan tertentu misalnya tingkatan kualifikasi bahasa jepang dalam JPLT. Adapun jenis lainnya seperti AO Admission Special Scholarship dan Entrance Scholarship Program diberikan kepada mahasiswa yang mendaftar lewat jalur tertentu yakni admisi AO dan calon mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi dan memiliki tujuan yang jelas di masa depan. Wah, apakah kamu termasuk salah satunya, Sobat OSC?

Buat kamu yang ingin mencaritahu lebih banyak tentang beasiswa ini, silakan kunjungi Tuition/Scholarships │ Tokyo Design Academy (tda.ac.jp)

International Fashion Academy (IFA) (Perancis)

Siapa sih yang tidak mengenal kota Paris yang dijuluki kota Mode dunia? Nah, di kota Paris juga berdiri salah satu sekolah tinggi fashion termasyhur dunia yang berhasil melahirkan para designer terkenal lho yakni International Fashion Academy (IFA). Dilansir dari website resmi IFA, terhitung 1.200 siswa yang telah terdaftar dalam program sarjana dan magister di 3 kampus IFA yang berlokasi utama di Paris, Perancis dan dua lainnya di Shanghai, China serta Istanbul, Turki. Dengan tagline "Parisian Roots, International Vision", IFA Paris berkomitmen meneruskan warisan mode dan kemewahan Perancis. 

IFA menawarkan lima program bagi kamu yang berminat mendalami dunia mode dan fashion langsung dari kota Mode dunia lho. Lima program tersebut antara lain Undergraduate Program, Postgraduate Program, Short Courses, Foundations Program, dan Entrepreneurship Program. Kini kamu tidak perlu mengkhawatirkan perihal biaya lagi nih, sebab IFA telah menyediakan beasiswa mulai dari pengurangan hingga pembebasan biaya perkuliahan untuk jenjang sarjana (S1) dan magister (S2) lho, Sobat OSC. Rinciannya adalah sebagai berikut :

Full Scholarship (100% bebas biaya pendidikan) Excellence Scholarship (Pengurangan biaya pendidikan sebesar 40%) Distinction Scholarship (Pengurangan biaya pendidikan sebesar 20%)

Untuk program sarjana (S1), empat jurusan yang ditawarkan antara lain :

Bachelor Fashion Design and Technology Bachelor Visual Merchandising Bachelor Fashion Marketing Bachelor Fashion Sustainability

Sementara itu, untuk program magister (S2), empat jurusan yang ditawarkan sebagai berikut :

Master of Arts Contemporary Fashion Design MBA Fashion Management - Luxury Major MBA Fashion Management - Apparel Major MBA Fashion Management - Media Major MBA Fashion Technology

Wuih, gimana nih Sobat OSC? Sayang banget nih, kalo kesempatan sekeren ini disia-siain begitu aja! Makanya buruan kepoin website resmi IFA Paris di www.ifaparis.com/admissions/scholarships

Politecnico Milano Scholarship

Politecnico Milano (POLIMI) adalah salah satu universitas terbaik di Eropa yang berfokus pada bidang teknik, arsitektur, dan desain. Telah berdiri sejak tahun 1863, Politecnico Milano juga merupakan sekolah tinggi terbesar di kawasan negara Italia dengan 450,000 mahasiswa dari 100 negara di seluruh penjuru dunia. POLIMI berada di peringkat 142 dalam QS World University Rankings dan pada kategori desain, menduduki posisi ke-6 terbaik di seluruh dunia.

Kabar baik lainnya, setiap tahun POLIMI selalu membuka pendaftaran beasiswa untuk semua mahasiswa jenjang magister (S2) lho. Kouta penerimaan beasiswa ini berjumlah lebih dari 100 orang dan terbagi dari tiga program dengan benefit yang berbeda yakni sebagai berikut :

Polo di Cremona Platinum scholarships : tunjangan €10,000 per tahun dan pembebasan biaya pendidikan, kouta maksimal 8 orang Polo di Piacenza Gold scholarships : tunjangan €5,000 per tahun, akomodasi tempat tinggal di "Morigi" Residence (senilai €269 per bulan), sarapan, dan biaya satu kali makan per hari serta pembebasan biaya pendidikan. Kouta maksimal 36 orang Silver scholarships : Pembebasan biaya pendidikan (senilai €3,900), kouta tidak menentu

Politecnico Milano Scholarship ini bersifat merit-based artinya yang menjadi tolok ukur seleksi adalah besarnya GPA (Grade Point Average) atau di Indonesia dikenal sebagai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Untuk informasi lebih lengkap, Sobat OSC bisa lihat di website resmi POLIMI Politecnico di Milano: Tuition fees, scholarships and financial aid (polimi.it)

Nah, itulah beberapa beasiswa fashion dalam dan luar negeri buat Sobat OSC yang tertarik mendalami dunia mode pakaian. Ini bisa jadi momentum besar dan kesempatan luar biasa bagi Sobat OSC untuk mengasah skill dan bakat yang kamu miliki. Meskipun kadang terlihat mustahil, yang perlu kita ingat adalah semua orang berhak bermimpi. Termasuk diri kamu sendiri. Jadi ayo percaya bahwa kamu mampu perjuangkan mimpi dan cita-cita yang hendak digapai dengan usaha terbaik yang bisa kamu lakukan, no matter what they speak. Everyday is a fashion show and the world is your runway!

"Style is a way to say who you are without having to speak." -Rachel Zoe

 

Referensi :

Keren! Media Fashion Jepang Ini Soroti Fenomena Citayam Fashion Week di Kawasan Sudirman (suara.com)

Tokyo Fashion di Twitter: "Cool thread about thousands of young Indonesian people dressing up and making the streets of central Jakarta come to life as a fashion catwalk, not unlike Harajuku here in Japan. Hope some Indonesian street snap sites/accounts are documenting & supporting the scene! 👍" / Twitter

Korea National University of Arts (karts.ac.kr)

Tuition/Scholarships │ Tokyo Design Academy (tda.ac.jp)

www.ifaparis.com/admissions/scholarships

Politecnico di Milano: Tuition fees, scholarships and financial aid (polimi.it)

Sumber Gambar :

https://stylecaster.com/paris-fashion-week-travel/

https://www.inifdchennai.com/

https://milanosegreta.co/politecnico-di-milano-classifica/

https://www.worldwidecollege.in/blog/post/politecnico-di-milano.html

http://edu-news.ro/ifa-paris-lanseaza-un-mba-perfume-cosmetics-management/

https://www.tda.ac.jp/world/img/bg/appearance.jpg

https://smapse.com/korea-national-university-of-arts/

https://sgp1.digitaloceanspaces.com/radarbogor/2022/07/Citayam-Fashion-Week-1024x683.jpg

https://scope.sindonews.com/artikel/239/citayam-fashion-week-dulu-dibully-kini-digandrungi

https://www.genpi.co/berita/193805/citayam-fashion-week-dihadiri-orang-kaya-anak-muda-tak-terganggu

  68 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts