berbagi pengalaman mengikuti beasiswa oSC Medcom

Perkenalkan  Saya  DHEVI S A SILOTO Lahir di Luwuk, 08 Agustus 2001. Asal saya dari Luwuk Kab. Banggai Kecamatan Luwuk Utara , Sulawesi Tengah. Lulusan SMA NEGERI 3 LUWUK angkatan 2019. Dan puji Tuhan saya adalah salah satu peserta OSC 2018 Yang lolos dan diterima di Universitas Kristen Satya Wacana Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Jurusan Ilmu Keperawatan.

So guys, diartikel ini saya bakalan certain pengalaman saya ikut osc 2018 serta berbagi tips-tips untuk kalian semua . I hope you enjoy yah guys J

            Beasiswa S1 Hingga Lulus dan 100% bebas uang pangkal teman-teman!!!

For Your Information guys, Program Beasiswa OSC Sudah berjalan selama 4 Tahun Yaitu dari Tahun 2015,2016,2017,2018 dan tahun Ini memasukin Tahun kelima program beasiswa OSC. Tentunya dengan beasiswa yang semakin besar jumlahnya teman-teman :v. nah, Tahun 2018 kemarin pesertanya naik menjadi 54.000 lebih memperebutkan 360 beasiswa dari 18 Universitas. Dan Tahun 2019 ini universitas yang bergabung dengan OSC bertambah dengan kuota yang besar pula. So, persiapkan diri kalian dengan mulai belajar yah teman-teman!

            Langsung saja yah teman-teman tentang pengalaman aku ikut beasiswa osc 2018. Yaps! OSC  adalah program Kompetisi beasiswa terbesar se-Indonesia yang sudah berjalan sejak tahun 2015. Para pemenang  OSC akan dihadiahi Beasiswa Dari PTS Favorit yang Meliputi Bebas uang pangkal 100%, Beasiswa S1 hingga Lulus selama 4 tahun, serta sertifikat pemenang OSC loh teman-teman.!

Aku dapat info beasiswa ini dari salah satu temen aku yang mengatakan bahwa ada pendaftaran beasiswa full secara gratis. Awalnya aku merasa tidak percaya tapi setelah berpikir panjang aku langsung meminta link beasiswa yang dia katakan itu, dia pun memberikan aku link yang ada yaitu osc.medcom.id  . aku langsung membuka Linknya dan seketika itu juga aku langsung terkejut dengan banyaknya pts yang tergabung dalam osc itu. Aku langsung memilih universitas favorit aku yang tentunya ada jurusan aku juga :v dan pilihan aku tertuju ke Universitas Kristen Satya Wacana dengan Jurusan Ilmu Keperawatan. Oh ya, Jangan Lupa doa dulu yah teman-teman sebelum mengambil keputusan. 

 

Untuk mengikuti Beasiswa OSC ini kita Harus melewati tiga tahap yah teman-teman 

Tahap 1 : TES ONLINE

Nah, ditahap pertama ini seluruh universitas akan serempak mengadakan tes online sesuai Jadwal yang telah ditentukan dari pihak osc medcom, hm bisa dibilang ini seperti ujian Nasional :v. Dalam tes online bakalan terbagi beberapa universitas yang tes nya sesi Pagi dan tes yang sesi siang. Maybe biar sistemnya tidak terganggu :v. tiap universitas terdiri dari 50 soal untuk dikerjakan dalam waktu kurang lebih 2 jam. Sebelum Hari H tes online Pihak osc medcom akan memberikan kisi-kisi materi soal tiap universitas untuk tes online.  Soal berbentuk multiple choice atau pilihan ganda.

Pada tes online kemarin, aku merasa sangat gugup padahal hanya berpapasan dengan laptop milikku sendiri, dengan sikap yang tenang dan selalu awali dengan doa akupun mengerjakan soal yang diberikan sampai waktu tersisa kurang lebih 15 menit lagi aku akhirnya selesai mengerjakan soal tersebut. Oh ya, untuk note nya usahakan sebelum waktu habis kalian sudah harus selesai mengerjakan soal-soal yang ada karena Page soal akan tertutup secara otomatis dan tentunya sudah tidak bisa masuk lagi.

Untuk pengumuman tes onlinenya ini tidak lama kurang lebih 5 hari sudah diumumkan siapa saja yang lolos ke tahap berikutnya.

TAHAP 2 : SELEKSI BERKAS

            Setelah tes online, lanjut ke seleksi berkas. Untuk yang dinyatakan lolos tes online bakalan lanjut ke tahap 2 yaitu seleksi berkas. Sebelumnya pengumuman yang lolos ke tahap 2 itu tiap universitas ada 150 orang  18 universitas = 2.700 orang yang lolos ke tahap seleksi berkas untuk osc 2018. Ditahap ini teman-teman yang dinyatakan lolos nantinya akan melengkapi berkas-berkas yang sudah ditentukan dari pihak osc medcom. Berkas-berkas yang dikumpulkan harus dalam bentuk scan pdf dan dikirimkan ke email masing-masing kampus pilihan. Nanti bakalan dikasih tau kok emailnya J untuk batas pengiriman berkas itu sekitar kurang lebih 2 minggu dari hari awal.

TAHAP 3 : TES OFFLINE

Akhirnya Penghujung tes :v setelah kalian melewati tes seleksi berkas bakalan ada pengumuman bagi siapa saja yang lolos ke tahap 3 ini. Dari tahap 2 nantinya ada 70 orang saja tiap universitas yang lolos ke tahap 3. Dan ditahap inilah teman-teman akan datang ke Jakarta untuk mengikuti tes offline. Tiap universitas bentuk tes offlinenya berbeda yah J jadi tidak sama.

Aku mau cerita sedikit disini :v karena osc medcom lah aku bisa menginjakkan kaki aku di Jakarta kota metropolitan yang penduduknya sangat banyak. Untuk tes offline osc 2018 kemarin tempatnya di Balai Kartini Jakarta selatan ribuan peserta osc hadir pada saat itu dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Suasana yang sangat ramai sekali sangat antusias bagi tiap peserta tes offline.

Nah, dalam tes offline ini juga menentukan yang nantinya hanya ada 20 orang tiap universitas yang terpilih sebagai pemenang OSC 2018.

AWARDING NIGHT

Awarding Night Harinya Samaan dengan tes offline yaitu pada malam harinya, di awarding night ada penampilan-penampilan tiap kampus, salam pembuka serta kata-kata sambutan dari tiap-tiap redaksi pihak OSC MEDCOM khususnya CEO MEDCOM Pak M. Mirdal Akib

Awalnya aku bersikap santai mendengar kata-kata sambutan yang ada. Tapi setelah lanjut diacara pengumuman pemenang OSC 2018 Jantung aku seketika berdetak kencang. Aku nunggu sampai UKSW disebutin. Mulai dari UNIFA, UNTAG SURABAYA, UKWMS, UNISMA, GAJAYANA sampai akhirnya UKSW disebutin wajahku menunduk kebawah berharap ada namaku dan benar saja, Namaku disebutin kedua Rasa terharu aku sukacita sangat gembira ada dalam diri aku. Aku langsung memeluk teman aku yang kebetulan lolos juga dan kami berasal dari daerah yang sama. Rasa bangga terhadap diri Sendiri Rasa terima kasih  yang tak henti-hentinya kepada Tuhan Yesus Kristus yang ada dalam pikiran aku saat itu hanyalah Thanks God MujizatMu Nyata. Kami naik kepanggung dan diberikan sertifikat Pemenang OSC 2018 oleh Rektor UKSW Pak Neil dan diberikan ucapan selamat lainnya dari direktur Medcom.

Tips-Tips Mendapatkan Beasiswa dari aku ada beberapa Yaitu :

Silahkan Kalian Daftar Sesuai Minat dan Jurusan Kalian yang memang benar-benar bidang Kalian Pilihlah Universitas yang memang ada bidang kalian di universitas itu dan yang Kalian Inginkan juga J Minta Izin orang tua sebelum ikut tes beasiswa , Yakinkan Orang Tua bahwa kalian Bisa Meraih beasiswa Sebelum Tes Beasiswa, aku harap kalian Belajar sebelumnya Jangan Lupa Doa dan Terus Cari-cari info terbaru untuk beasiswa yang kalian minati. Percaya Diri, Fokus, sungguh-sungguh menjalani Prosesnya dari awal Tetap semangat dan Pantang Menyerah Teruslah Berusaha Meraih cita-cita Kalian Jika sudah dapat, Jangan Lupa Belajar sungguh-sungguh dan pergunakan kesempatan yang telah ada sebaik mungkin setiap beasiswa ada Persyaratan IPK. Jadi jangan sampai tidak memenuhi syarat yah J

Sekian dari Saya Dhevi S A Siloto Saya Harap teman-teman bisa menjadi the next OSC MEDCOM Selanjutnya 

  11517 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts