Bercita-cita Jadi Chef? Masuk 7 Kampus Terbaik Dunia di Bidang Culinary ini Aja

Halo, Sobat OSC!

Apa kabarnya nih sobat OSC? Semoga sehat selalu ya!

Mau nanya dulu nih, Sobat OSC pasti tahu acara televisi Masterchef Indonesia yang disiarkan di RCTI bukan? Akhir-akhir ini, acara kompetisi memasak ini menyita atensi masyarakat sebab skill mengagumkan para pesertanya dan juga sajian yang mengiurkan dan memikat mata. Pasti tidak sedikit nih Sobat OSC yang akhirnya berkeinginan menjadi chef berkelas seperti ketiga jurinya nih. Nah bagi kamu yang ingin mendalami bidang ini, ada 7 rekomendasi kampus kuliner terbaik dunia.

Culinary Arts Academy, Switzerland

Culinary Arts Academy salah satu kampus kuliner yang berlokasi di dua tempat yakni Le Bouveret dan Brig di Swiss. Dengan slogannya Passion for Food, Career of Life, Culinary Arts Academy memiliki visi dan misi untuk memelihara bakat, memuaskan rasa ingin tahu, dan membangun fondasi yang kuat untuk mewujudkan goals sebagai sekolah kuliner terbaik di dunia. Kampus di mana para legenda industri kuliner menginspirasi dengan sistem pendidikan yang memadukan penguasaan kuliner dengan kepraktisan bisnis dan pengetahuan perhotelan.

Culinary Arts Academy, Switzerland berkeinginan membangun komunitas global untuk mahasiswa, fakultas, dan alumni yang melandasi jati diri mereka sebagai chef dan praktisi kuliner. Mereka merangkul semua mahasiswa dari berbagai kultur, latar belakang, dan pengalaman hidup. 

Bagi Sobat OSC yang penasaran apa aja sih jurusan yang tersedia di Culinary Arts Academy, Switzerland nih daftarnya :

Bachelor's Degree in Culinary Arts Swiss Grand Diploma in Culinary Arts Swiss Grand Diploma in Pastry and Chocolate Arts  Diploma in Vegetarian Culinary Arts Master of International Business in Culinary Business Management

Auguste Escoffier School of Culinary Arts, USA

Auguste Escoffier School of Culinary Arts, United States ini berlokasi di dua tempat yakni Boulder di Colorado dan Austin di Texas. Kampus ini menempati peringkat 1 sekolah kuliner di dunia oleh Chef's Pencil, 10 besar sekolah kuliner terbaik di USA dalam media USA Today dan juga sekolah kuliner terbesar di Amerika Serikat. Kampus ini menawarkan dua program perkuliahan yakni online dan on-campus dengan kurikulum berimbang, Business-Focused Curriculum. Selain itu, uang perkuliahan cukup terjangkau dibandingkan institusi sejenis dan para lulusannya banyak dilirik sama industri kuliner ternama.

Auguste Escoffier School of Culinary Arts, United States ini hendak membantu para lulusannya untuk mewujudkan mimpi untuk bekerja atau membuka fine-dining restoran sendiri atau memulai bisnis seperti food truck atau catering. Setidaknya 5 program studi yang disediakan yakni :

Culinary Arts Pastry Arts Plant-based Culinary Arts Holistic Nutrition & Wellness Hospitality & Restaurant Operations Management 

Selain itu, para lulusan Auguste Escoffier School of Culinary Arts, United States tersebar dan banyak bekerja di Michelin Star Restaurant dan hotel bintang lima di daratan Amerika Serikat sebut saja Michael Pythoud di Walt Disney World Resorts, Wyl Lima di Temporis Restaurant, Jennifer Etzkin di JW Marriott, serta Tiffany Moore, Lance McWhorter, dan Holden O'Leary yang menjadi owner restorannya sendiri.

 

Culinary Institute of America, USA

Culinary Institute of America, USA berlokasi utama di Hyde Park, New York tetapi juga memiliki kampus cabang di San Antonio, Texas; Npa, California; dan kampus internasional di Singapura. Berdiri pada tahun 1946, Culinary Institute of America, USA menawarkan gelar sarjana, master, dan associate, serta program bersertifikat dan kursus untuk para profesional dan penggemar. Kampus ini telah menetapkan standar untuk keunggulan dalam pendidikan kuliner profesional.

‎Culinary Institute of America adalah perguruan tinggi swasta, nirlaba, dipandu oleh nilai-nilai inti Excellence, Leadership, Professionalism, Ethics, dan Respect for Diversity.‎

Culinary Institute of America mendedikasikan diri untuk memperbaiki bangsa dan dunia melalui pendidikan, praktik, dan beasiswa yang luar biasa pada semua aspek makanan dan perusahaan yang terkait dengannya. Melalui pengalaman belajar transformatif, CIA mempersiapkan para pemimpin makanan masa depan, inovator, dan ahli untuk kesuksesan pribadi dan profesional.‎ 

Le Cordon Bleu Paris, France

Sobat OSC pecinta Masterchef pasti tahu Chef Renatta Moeloek kan ya? Nah, Chef Renatta merupakan salah satu lulusan dari Le Cordon Bleu Paris, Perancis. Kampus ini termasuk lembaga pendidikan kuliner terkenal yang banyak melahirkan chef berkualitas yang bekerja di Michelin Star Restaurant. Didirikan pada tahun 1895, kualitas sekolah ini dalam culinary arts dan hotel management jelas tidak perlu diragukan lagi. 

Sobat OSC tahu ngga sih kalau ada berbagai program yang ditawarkan Le Cordon Bleu Paris, Perancis di antaranya sebagai berikut :

Pastry & Confectionery Cuisine Cuisine of the World  Hospitality Management & Gastronomy Gastronomy & Nutrition Culinary Arts & Business Continuing Education & Professional Development, Gourmet & Short Courses Bakery, Danish Pastries & Artisan Bread Tourism, Conventions & Events Le Petits Cordons Bleu

Institute of Culinary Education, USA

Institute of Culinary Education, USA memiliki dua kampus di New York dan Los Angeles. Didaulah sebagai sekolah kuliner terbaik nomor 1 di Amerika dan salah satu kampus kuliner dengan keanekaragaman terbesar di dunia. Semenjak berdiri di tahun 1975, ICE telah menawarkan program pelatihan selama 6 sampai 13 bulan di bidang Culinary Arts, Pastry & Baking Arts, Health-Supportive Culinary Arts, Restaurant & Culinary Management dan Hospitality & Hotel Management serta program professional development in Bread Baking and Cake Decorating. Sekitar 15.000 lulusan kampus ini menjadi pemimpin dan owner dalam industri kuliner dan perhotelan. 

Tidak hanya itu, Institute of Culinary Education seringkali menyelenggarakan 500 event spesial setiap tahunnya dan menjadi rumah terbesar bagi recreational cooking, baking, and beverage dengan jumlah mahasiswa setiap tahunnya sebanyak 26.000 dari seluruh penjuru dunia.

Apicius International School of Hospitality, Italia

Berlokasi di Florence, Italia, Apicius International School of Hospitality ini menyediakan fasilitas luar biasa seperti laboratorium pembelajaran yang unik sehingga para mahasiswa bisa langsung berinteraksi dengan para pelanggan dan masyarakat. Kampus ini hendak mendukung pemberdayaan pariwisata Italia dengan menggerakan sektor kuliner dan perhotelan di tengah perkotaan Florence yang indah dan banyak dikunjungi oleh turis mancanegara.

Buat Sobat OSC yang penasaran, ini beberapa program yang bisa diambil di Apicius International School of Hospitality antara lain sebagai berikut :

Baking and Pastry Culinary Arts Dietetics and Nutrition Food and Culture Food, Family, and Costumer Science Bachelor Hospaitality Management 

Westminster Kingsway College London, UK

Meskipun memiliki basis utama di kota London, ternyata Westminster Kingsway College London, UK juga memiliki cabang kampus di empat lokasi yakni King's Cross Centre, Victoria Centre, Soho Centre, dan Regent's Park Centre.

‎Westminster Kingsway College menawarkan penyediaan pendidikan alternatif terakreditasi untuk siswa Key Stage 4, berusia 14-16 tahun. Kursus yang kami tawarkan memberikan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan kerja penting yang dibutuhkan oleh pengusaha.‎ Selain itu, lingkungan yang sangat inklusif dan aman kampus ini mampu menumbuhkan budaya saling menghormati dan toleransi bagi siswa dan staf. Ketentuan Key Stage 4 juga menawarkan kualifikasi berbasis QCF yang mengubah kehidupan, dengan tingkat pencapaian tinggi yang melebihi rata-rata nasional.‎ ‎‎Westminster Kingsway College adalah spesialis Digital Careers College dan Health and Social Care Careers College, dengan hubungan lokal dan regional yang luar biasa yang menghasilkan pengalaman kerja yang bermakna, dengan etos yang berfokus pada karir yang kuat.‎

Adapun Gelar the Grand Escoffier Diploma bisa kamu ambil dengan memilih minimal 3 program berikut ini :

Breads and Veinnoiserie Pastes, Tarts, Pies, & Quiches Hot & Cold Desserts Culinary Education (Pasta, Rice, & Seasonal Vegetables) Nose to Tail, Meat, Game & Poultry Fish, Shellfish, and Sustainability

 

Nah, itulah 7 kampus rekomendasi terbaik di dunia bagi kamu yang tertarik untuk menggeluti bidang kuliner seperti para chef andal. Sebagai titik permulaan, kamu bisa coba-coba dulu mempraktikan keahlianmu memasak lewat sajian yang sederhana secara konsisten dan berkelanjutan. Percaya deh, practices make perfect itu beneran ada kalau kamu mau berusaha dan pantang menyerah. Bagaimana Sobat OSC? Apakah tertarik untuk mendaftar?

"Once you understand the foundations of cooking -whatever of cooking -whatever kind you like, whether it;s French or Italian or Japanese-you really don't need a cookbook anymore." -Thomas Keller

 

  44 Views    Likes  

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

previous post

10 TEMPAT MENCARI INFORMASI BEASISWA YANG AKURAT
Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

next post

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

related posts