Berniat Bekerja Di Perusahaan BUMN? Kamu Dari Salah Satu Jurusan Ini Bukan?

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu tempat kerja yang menjanjikan gaji tinggi dan jenjang karir yang menarik. Perusahaan BUMN adalah badan usaha yang dikelola langsung oleh negara. Sampai saat ini, bekerja di perusahaan negara atau BUMN merupakan impian terbesar dari banyak orang, bahkan setiap tahunnya mungkin ratusan hingga jutaan pelamar kerja dari seluruh Indonesia bahkan dunia bersaing untuk masuk dalam perusahaan ini. Dengan penawaran lowongan pegawai baru BUMN yang terus dipenuhi  mengakibatkan persaingan menjadi ketat, sehingga membuat orang pencari kerja melihat peluang tentang jurusan apa saja yang dapat diterima di perusahaan BUMN.

Lalu apa saja sih jurusan-jurusan yang memiliki peluang besar untuk bekerja di perusahaan BUMN?

Berikut merupakan jurusan kuliah yang bisa bekerja di perusahaan BUMN.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Pada dasarnya, jurusan ini adalah jurusan yang mempelajari ilmu komunikasi antar makhluk hidup. Baik manusia dengan manusia, manusia dengan alam sekitar dan juga manusia dengan penciptanya. Jika dihubungkan dengan dunia bisnis, ilmu ini berguna untuk menjalin hubungan yang baik antar perusahaan maupun antar karyawan.

Hal ini lah yang membuat para lulusan ilmu komunikasi sering ditempatkan pada bagian HRD. Hampir setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan dari jurusan ini termasuk perusahaan BUMN. Dikarenakan ilmunya yang bersifat umum, lulusan dari jurusan ini dapat masuk ke sektor apa saja di perusahaan BUMN seperti sektor perbankan, kontraktor maupun pariwisata.

Jurusan Ilmu Politik

Menjadi lulusan ilmu politik tak melulu harus menjadi PNS ataupun pengurus partai tapi juga bisa bekerja di perusahaan BUMN. Para sarjana lulusan ilmu politik biasanya dibekali oleh ilmu-ilmu kenegaraan beserta peraturan-peraturannya. Hal ini membuat lulusan Ilmu Politik sangat cocok bekerja di perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa dan juga konsulat.

Lulusan Ilmu Politik biasanya juga memiliki kepedulian sosial dan tingkat penalaran kritis yang tinggi. Mereka juga memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik namun dapat pula bekerja dalam tim. Hal tersebut merupakan sebagian dari softskill yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan BUMN.

Jurusan PublicRelation

Hampir sama dengan Ilmu Komunikasi, jurusan publicrelation mempelajari tentang bagaimana berkomunikasi. Namun, lebih terfokus pada komunikasi massa atau khalayak. Jurusan ini memiliki keahlian yang sangat baik dalam hal berbicara di depan umum dan sering didaulat sebagai juru bicara. Dikarenakan setiap perusahaan pastilah memiliki yang namanya bagian humas, termasuk perusahaan BUMN.

Setiap perusahaan pasti akan sangat membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Tak hanya sekedar kemampuan berbicara yang baik, lulusan PR juga harus memiliki kemampuan menulis pressrealess. Hal ini bertujuan untuk mempublikasikan setiap kegiatan kepada khalayak melalui media yang telah bekerja sama. Disamping itu, tim PR juga biasanya diberikan tanggung jawab dalam menjalankan program CSR.

Jurusan Bahasa Asing

Berbicara menggunakan bahasa asing sangatlah dibutuhkan pada setiap perusahaan. Penguasaan Bahasa asing ini juga tak melulu hanya Bahasa inggris saja, tapi juga bahas lain seperti mandarin, jepang maupun Jerman. Dikarenakan, lini bisnis yang luas di perusahaan BUMN, membuat jurusan bahasa asing sangat dibutuhkan tenaganya.

Mereka-mereka yang lulusan bahasa asing ini biasanya dapat dijadikan penerjemah atau translator. Perihal gaji yang ditawarkan, lulusan dari jurusan ini dapat bernegosiasi untuk mendapatkan penghasilan tinggi.Jadi jangan heran, jika setiap tahun peminat dari jurusan bahasa asing cukup tinggi.

Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum merupakan salah satu dari jurusan kuliah yang bisa bekerja di perusahaan BUMN. Perlu diketahui jurusan ini termasuk kedalam jurusan yang elit, dikarenakan biayanya yang lumayan tinggi. Tapi, hal tersebut tak menyurutkan banyak calon mahasiswa baru untuk kuliah di jurusan ini.

Dikarenakan area lingkungan perusahaan BUMN yang sering menghadapi berbagai macam lapisan masyarakat dan perusahaan lain. Membuat proses permohonan perijinan proyek merupakan suatu hal yang penting. Hal ini biasanya dilakukan oleh para jurusan hukum.

Ada banyak peluang penempatan bagi para jurusan hukum dapat bekerja di BUMN. Posisi tersebut diantaranya dapat menjadi, kuasa hukum perusahaan, legal officer ataupun konsultan.

Nah, itulah beberapa jurusan kuliah yang paling diminati dalam perusahaan BUMN. Dan pastinya masih banyak lagi jurusan-jurusan lainnya yang mempunyai peluang yang sama untuk bekerja dalam perusahaan ini. Untuk kamu yang mempunyai keinginan bekerja di perusahaan BUMN, yuk belajar dengan sungguh-sungguh agar nantinya kamu bisa bersaing dengan pelamar kerja dari seluruh dunia.

  55 Views    Likes  

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

previous post

6 Manfaat Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Di Dunia Perkuliahan
Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

next post

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

related posts