Blackhead vs. Whitehead

Halo sobat OSC, pernahkah kalian mendengar istilah blackhead atau whitehead? Nah mungkin kalian yang merupakan pecinta perawatan kulit pasti tau mengenai istilah tersebut. Blackhead dan whitehead dikenal dengan sebutan komedo hitam dan komedo putih. Komedo merupakan salah satu bentuk dari jerawat, namun komedo tidak mengakibatkan pembengkakan seperti jenis jerawat lainnya. Blackhead dan whitehead terjadi akibat pori-pori mengalami penyumbatan. Lalu, apa yang membedakan keduanya?

1. Blackhead

Blackhead atau komedo hitam timbul pada kulit jika lubang pori-pori yang mengalami penyumbatan terbuka dan masih terkena udara sehingga terlihat berwarna hitam. Bagian yang berwarna hitam itu berisi sel-sel kulit mati dan minyak yang teroksidasi akibat terpapar polusi dan udara bebas.

Cara mengatasi komedo hitam yaitu kalian dapat menggunakan produk yang mengandung salicylic acid atau BHA dan hindari pemakaian scrub atau pore strip agar komedo tidak semakin banyak.

2. Whitehead

Berbeda dengan blackhead, whitehead atau komedo putih timbul pada kulit jika lubang pori-pori yang mengalami penyumbatan tertutup. Komedo putih terjadi karena sel-sel kulit mati dan kotoran menyumbat pori-pori sehingga muncul benjolan kecil berwarna putih. Komedo putih juga mengandung minyak sehingga saat kita memencet atau mengeluarkannya, akan terlihat minyak berwarna putih.

Cara mengatasi komedo putih yaitu kalian dapat menggunakan produk yang mengandung salicylic acid atau glycolid acid yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih serta gunakan produk perawatan kulit yang water-based sehingga kulit terasa lembab.

Setelah mengetahui perbedaannya, ada beberapa tips untuk mencegah blackhead dan whitehead timbul antara lain :

Pilihlah pembersih wajah yang mengandung bahan eksfoliasi yang lembut sehingga tidak menimbulkan iritasi Jangan terlalu sering membersihkan wajah, cukup 2-3 kali sekali dan gunakan moisturizer yang tidak non-comedogenic Jangan memencet komedo karena hanya akan memperparah kondisi komedo dan merusak kulit

Selain produk perawatan kulit, kalian juga dapat mengatasi komedo hitam dan komedo putih dengan bahan-bahan alami seperti baking soda, bubuk kayu manis dicampur madu atau oatmeal dengan dibuat pasta kemudian digunakan sebagai masker.

 

Semoga Bermanfaat!

  13 Views    Likes  

APA ITU SPK DAN MENGAPA SINDROM INI DAPAT MERUSAK PENGLIHATAN ?

previous post

Jurus jitu terhindar dari kebohongan orang lain di dunia sosial
APA ITU SPK DAN MENGAPA SINDROM INI DAPAT MERUSAK PENGLIHATAN ?

next post

APA ITU SPK DAN MENGAPA SINDROM INI DAPAT MERUSAK PENGLIHATAN ?

related posts