Bukit Sanghyangdora

Bukit Sanghyangdora merupakan salah satu objek wisata terkenal di daerah Majalengka. Dimana bukit ini terletak di Desa Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.   Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 385 mdpl. Perjalanan untuk mencapai puncak pun harus di lalui dengan penuh perjuangan, layaknya seperti sedang melakukan pendakian ke gunung-gunung yang sepatutnya untuk di daki. Perbekalan untuk mencapai puncak bukit Sahyangdora pun harus sesuai dengan kebutuhan, jika memang kalian masih amatir dalam hal pendakian sebaiknya bawalah perlengkapan mendaki yang cukup terutama air bersih.   Walaupun tidak setinggi gunung Ciremai dan gunung lainnya yang ada di Jawa Barat, namun untuk mencapai puncak bukit tersebut kalian harus melewati tahapan layaknya kita sedang melakukan pendakian gunung-gunung tertinggi yang ada di wilayah Jawa Barat. Agar keselamatan dan proses perndakian berjalan dengan lancar, kalian juga harus berhati-hati karena jalanan yang di lalui masih belum sepenuhnya terbuka dan masih banyak pepohonan kecil. Lika-liku dalam melewati perjalanan menuju puncak bukit tersebut terbayar dengan pemandangan layaknya sedang berada di Raja Ampat, Papua. Bukit-bukit yang berjajar terlihat begitu eksotis dengan di temani indahnya gunung Ciremai sebagai pelengkap keindahan yang alami.   Selain hanya bisa menyaksikan keindahan yang alami, kalian bisa melakukan  kegiatan camping dengan menantikan munculnya sunrise diantara bukit-bukit yang berjajar. Selain itu untuk harga tiketnya pun masih sangat terjangkau yakni sebesar 5rb hanya untuk parkir saja. Akan tetapi jika baraya ingin melakukan kegiatan camping harus izin dulu ke perangkat desa setempat. Bukit ini juga menjadi tempat camping  favorit bagi anak muda. Tak heran bila tempat ini selalu ramai dikunjungi. Selain campinng, pengunjung juga bisa mengabadikan momen di Bukit Sanghyangdora . Di sana banyak spot foto yang Instagramable.    Rute perjalanan menuju Gn. Sanghyangdora, Leuwikujang – Leuwimunding Kabupaten Majalengka : 1. Jika kaliam berasal dari arah Kadipaten, Bandung dan Jakarta dari perempatan Kadipaten kalian cukup lurus mengikuti jalan hingga menemukan terminal Rajagaluh dari situ kalia  belok kiri dan dari situ sekitar 15 menit kalian akan sampai ke desa leuwikujang lalu kalian  belok kanan saja, setelah belok kanan kalian akan bertemu perempatan kecil lalu belok kanan, setelah melewati jembatan kecil kalian ambil kiri dan dari situ tidak jauh akan keliatan parkiran untuk menuju Gn. Sanghyangdora. 2.   Jika kalian berasal dari Sumber, Cirebon dan Tegal dari arah tersebut kalian akan bertemu    terminal Rajagaluh melalui jalan provinsi utama dari cirebon sumber hingga sampai di perbatasan cirebon majalengka dari situ kalian belok kanan dan dari situ sekitar 15 menit kalian akan sampai ke desa leuwikujang lalu  belok kanan saja, setelah belok kanan akan bertemu perempatan kecil lalu belok kanan, setelah melewati jembatan kecil kalian ambil kiri dan dari situ tidak jauh akan keliatan parkiran untuk menuju Gn. Sanghyangdora.   Sumber gambar : https://www.askara.co/read/2021/02/05/14866/bukit-sanghyangdora-destinasi-menawan-yang-instagramable