banner

cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

Hai sobat OSC, kembali lagi di artikel aku, Tatas Bagus Tiandi.

So kali ini aku akan sedikit memaparkan sedikit tips agar kalian bisa belajar produktif serta membangun motivasi belajar dengan baik.

1. Observasi

Nah di langkah pertama saat kamu hendak belajar adalah observasi. Apa itu?

Jadi kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sih yang akan kamu pelajari, mulai dari seberapa banyak materinya & perkiraan waktu yang akan kamu habiskan untuk menyelesaikan satu persatu materi itu.

2. Skala Prioritas

Saat kamu telah melakukan observasi, kamu selanjutnya menentukan skala prioritas. Menentukan materi mana yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu. Dalam skala prioritas ini, kamu harus menempatkan materi-materi susah terlebih dahulu, baru materi-materi yang mudah atau yang kamu pernah pahami, jadi tinggal mengulang saja.Mempelajari hal-hal yang susah tersebut dari awal menurut pengalaman saya akan sangat bermanfaat, membuat otak kalian lebih mampu berfikir & mencerna materi-materi selanjutnya. karena sudah terbiasa menangkan materi-materi yang setingkat lebih sulit.

3. Mengatur Waktu Belajar

Setelah kamu menentukan skala prioritas, barulah kamu mengatur waktu untuk mempelajari materi-materi tadi. usahakan belajar hanya diwaktu-waktu tertentu. Misalkan pagi & malam hari, Jam 07.00 s.d 11.00 & Selepas waktu isya sampai secukupnya. Jika kalian sudah merasa penat, usahakan untuk istirahat sejenak agar otak mampu merileksasikan diri.

4. Tempat Belajar

Tentukan tempat belajarmu sendiri. tempat itu harus senyaman mungkin & memang merupakan areamu. jadi tak ada yang bisa mengganggumu dan sebagainya. ini agar kamu terhindar dari gangguan-gangguan disekitar kamu. Disini pula kamu harus mengetahu orang-orang disekitar kamu perkara waktu belajarmu, agar ,mereka bisa paham dan memprioritaskanmu untuk belajar sehingga meteka tak akan mengganggu, menyuruh dan sebagainya.

5. Belajar Bersama

Jika kamu jenuh belajar sendiri, coba untuk belajar bersama. Ini sangat penting, karena kamu dapat bertukar pikiran, bertukar pemahaman dan sebagainya. sehingga proses belajar dapat lebih cepat dan efisien. Tak perlu belajar hanya dengan kawan yang pintar-pintar saja, kamu juga bisa mengajak kawanmu yang memang belum terlalu paham materi yang sudah kamu pahami, disanalah kesempatan kmau untuk berbagi, sehingga materi yang kamu pahami bisa lebih dalam lagi dan untuk lupa dan sebagainya. Ingat ya, tak akan merugi mereka yang membagikan hal-hal bermanfaat, apalagi ilmu.

Nah yang paling penting dari itu semua adalah MOTIVASI. Kamu harus tau tentang aapa alasan kamu untuk belakukan semua ini. Rela menghabiskan waktu banyak, rela mencari materi banyak dan sebagainya. Saat kamu mengetahui alasannya & juga mengetahui apa yang akan kamu dapatkan, pasti kamu akan semangat dalam berproses menggapai semua citamu. Jangan sampai saat kamu terbangun pagi hari, tetap memakai label "Beban Orangtua" hahaha, becanda. Intinya tetap semangat ya, lebih baik banyak menangis & berkeringat di masa sekarang daripada banyak menangis dan menyesal dimasa yang akan datang.

salam,

Tatas Bagus Tiandi

Untuk mengikuti bimbingan beasiswa bersama aku, bisa menghubungi melalui :

Instagram : @rtatas_27

  0 Views    Likes  

banner
10 Langkah Membangkitkan Kegeniusan Mengelola Uang ala Robert Kiyosaki

previous post

Gaya Hidup Sehat di tengah pandemi covid-19
10 Langkah Membangkitkan Kegeniusan Mengelola Uang ala Robert Kiyosaki

next post

10 Langkah Membangkitkan Kegeniusan Mengelola Uang ala Robert Kiyosaki

related posts