banner

CARA MEMBANGUN RELASI PERTEMANAN YANG POSITIF DAN MENINGGALKAN YANG TOXIC

Haloo Sobat OSC...

Pernah nggak sih Kalian Berada Dalam Pertemanan Yang Tidak Sehat? Berada Di Situasi Itu Tentu Membuat Kalian Tidak Nyaman bukan?

Sebagaimana Diketahui,pertemanan yang tidak sehat membuat kita lelah,bahkan mempengaruhi kondisi kesehatan mental menjadi tidak baik. Apakah kalian pernah berada di situasi seperti ini?atau bahkan kalian sekarang sedang di posisi seperti ini?

Perilaku manipulatif,dan perilaku tidak baik lainya dalam pertemanan,yang selain membuat sakit hati,juga dapat berdampak pada kesehatan mental loh sobat.

Yukk simak cara membangun relasi pertemanan yang  positif!!Supaya sobat semua nya terhindar dari teman yang toxic.

10 CARA MEMBANGUN RELASI PERTEMANAN YANG POSITIF :

USAHAKAN MEMBERIKAN DUKUNGAN

Dalam sebuah pertemanan, satu sama lain akan membutuhkan dukungan. Teman yang baik akan selalu mendukung apa yang kita pilih dan apa yang kita jalani.

TIDAK MENGKRITIK DAN MEMANIPULASI

Dalam sebuah pertemanan yang tidak sehat,seseorang akan selalu mengkritik apapun yang kita lakukan,secara negatif dan terkadang berbentuk sarkas.

USAHAKAN MENDENGARKAN TEMAN

Mampu untuk menjadi pendengar yang baik merupakan kunci sebuah pertemanan yang positif.Diharapkan satu sama lain mampu untuk memahami dan merasakan apa yang sedang dibutuhkan. Apalagi saat teman kita sedang berada di kondisi yang sangat sedih,jika kita tidak bisa memberikan saran yang tepat minimal kita sebagai teman yang baik adalah menjadi pendengar untuk teman kita.

USAHAKAN TIDAK MEMPRIORITASKAN TEMAN

Kita harus seimbang dalam mendengar dan memahami diri sendiri ataupun teman.Apabila kita terlalu memprioritaskan teman,maka ia memiliki celah untuk memanfaatkan kita.

USAHAKAN MENGHARGAI KEPUTUSAN TEMAN

Dalam membangun pertemanan yang positif,kita ataupun teman kita harus selalu menghargai dan mendukung apapun keputusan yang akan diambil dalam menyelesaikan suatu masalah.

TIDAK MENYURUH BERUBAH SESUAI KEINGINAN MEREKA

Pertemanan akan menjadi tidak sehat apabila teman kita tidak menghargai dan mendukung keputusan yang kita ambil dan selalu menyuruh kita untuk berubah sesuai dengan keinginanya. Karena pada dasarnya setiap oranng memiliki hak dan keinginan yang ber beda-beda.

TIDAK MEMBICARAKAN TEMAN DIBELAKANGNYA

Jauhi perilaku membicarakan teman dibelakangnya,hal ini sering terjadi tanpa memandang gender dalam pertemanan tersebut. Biasanya membicarakan teman dibelakangnya merupakan senjata untuk memperkuat posisi mereka di dalam sebuah kelompok pertemanan.

TIDAK MENGGUNJING TEMAN

Pertemanan akan menjadi tidak sehat apabila salah satu dari teman atau bahkan kita sendiri melakukan perilaku menggunjing atau bergosip tentang teman sendiri.

TIDAK MEMAKSAKAN KEHENDAK

Pertemanan akan menjadi tidak sehat apabila kita selalu ikut campur dalam masalah teman kita,terlebih sampai mengatur-atur teman kita.

MEMINTA MAAF APABILA MELAKUKAN KESALAHAN

Dalam pertemanan yang sehat,Kita ataupun teman kita harus peka mengenai kesalahan yang sudah dilakukan.penting untuk diingat bahwa kita harus selalu mengakui dan meminta maaf apabila kita sudah melakukan suatu kesalahan.

10 cara diatas dapat kalian terapkan dalam lingkungan pertemanan kalian. seperti Nasehat yang pernah saya baca “ jangan pernah bergaul dengan orang yang toxic,hanya karena kamu merasa kesepian.hanya karena kamu haus,bukan berarti harus meminum racun bukan?” -morgan freeman

Dari pepatah diatas kita bisa belajar bahwa kita harus hati-hati dalam memilih teman,ketika kita kesepian,tidak ada teman sama sekali,kita tidak harus berteman dengan orang yang toxic.karena itu hanya akan membuat semakin parah keadaan sobat.

Terimakasih...semoga artikel ini bermanfaat

Sumber gambar : idntimes.com

  44 Views    Likes  

banner
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

previous post

Pelajar Jangan Down dari Pandemi
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

next post

TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

related posts