banner

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

Setiap dari  kita tentunya memiliki teman, baik sahabat yang dekat maupun rekan dalam pekerjaan atau pendidikan. Tidak jarang kita juga ingin berbagi cerita dengan orang-orang terdekat kita. Namun, setiap orang juga memiliki sikap yang berbeda-beda saat ingin bercerita tentang hidupnya kepada kita.

Untuk menjadi pendengar yang baik, sebisa mungkin kita menempatkan diri pada posisi orang yang bercerita kepada kita, sehingga kita menghindari sikap menghakimi yang bisa melukai perasan orang yang bercerita kepada kita. Penting untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada mereka, sehingga mereka bisa leluasa bercerita tanpa takut dan dapat meringankan beban hati mereka. Rasa kepercayaan adalah hal yang paling penting yang bisa kita berikan kepada mereka, jadi mereka dapat dengan nyaman bercerita tanpa khawatir kita akan menceritakan masalahnya ke orang lain.

Pendengar yang baik tidak akan memotong secara langsung pembicaraan, dan tidak langsung memberikan pendapat kita kepada mereka yang ingin bercerita kepada kita. Karena sebagian orang yang bercerita hanya ingin didengarkan saja isi hatinya. Adapun memberikan pendapat dari satu sudut pandang saja akan memberikan efek judgemental, dan kemungkinan akan membuat orang yang bercerita menjadi tidak nyaman karena merasa terintimidasi. Berikanlah komentar atau pendapat kita jika diminta.

Berikan support penuh kepada mereka, karena terkadang tidak mudah untuk mereka berbagi cerita kepada kita. Jagalah kepercayaannya karena dengan mereka bercerita kepada kita, menunjukkan bahwa memang kitalah yang menurutnya bisa dipercaya untuk mendengarkan masalah, beban , maupun keluh kesahnya. Tetaplah berada disisinya karena siapa tahu dengan keberadaan kita disisinya dapat membuatnya lebih kuat dan percaya diri menghadapi permasalahan yang sedang dihadapinya.

Menjadi pendengar yang baik tidaklah susah, juga tidak begitu mudah. Tetap jaga kepercayaan dan berikan solusi jika itu diminta. Hindari menyikapi masalah hanya dari satu sudut pandang dan terus support kepada mereka sehingga mereka nyaman dan merasa aman untuk bercerita kepada kita.  

  28 Views    Likes  

banner
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

previous post

Udah yakin Lolos SBMPTN 2020?
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

next post

Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

related posts