banner

Ciri Khas Lampung

Apa yang kalian tentang provinsi lampung? Ya benar lampung adalah serambi sumatra . Lampung adalah gerbang untuk pulau pulau lain yang ingin pergi kepulau sumatra . Lampung tentunya memiliki ciri khas dan perbedaan dari provisnsi atau kota kota yang lain. Apa aja sih ciri khas lampung.

1. Menara Siger

Menara Siger yang terletak di Pelabuhan Bakauheni ini merupakan salah satu ikon Khas Lampung yang dapat terlihat dari pelabuhan Bakauheni, bahkan bagi anda yang akan berkunjung ke Lampung menggunakan angkutan laut (Armada Kapal Ferry) dari pelabuhan Merak, Banten, sebelum kapal yang anda tumpangi akan menepi di Pelabuhan Bakauheni, Menara Siger ini sudah dapat terlihat jelas sekali, bahkan di Malam hari menara Siger ini dapat anda lihat dengan jelas karena dihiasi dengan banyak penerangan Lampung.

2. Tarian Lampung

Tarian Daerah Lampung ada bermacam -macam ada Tari Sembah , Tari Cetik Melinting, Tari Bedana dan banyak lagi tarian yang lain nya. Pada gambar diatas dalah tari sembah,  Tarian ini untuk menyambut tamu kehormatan pada acara resmi-resmi  atau pada acara perkawinan. Tari Sembah ini ditampilkan oleh anak-anak atau remaja putri dengan lemah gemulai dan senyuman yang manis. Dalam tarian lampung memiliki ciri khas yaitu penari laki lakinya selalu gagah namun tidak seperti adat jawa yang melakukannya dengan angkat kaki,penari perempuan lemah gemulai namun tidak ada gerakan merendah seperti yang ada pada tarian daerah lain , pakaian yang di pakai selalu mewah.

3. Makanan Khas

Berbagai masakan khas Lampung sering terdengar oleh masyarakat Indonesia di manapun. Tak berbeda jauh dengan ciri khas Palembang, selain memang lokasinya berdekatan masyarakat Lampung juga mengadopsi masakan yang berbau ikan dan sambal asem manis. Masakan khas Lampung adalah seruit, yaitu masakan ikan digoreng atau dibakar dan dicampur dengan sambel terasi, tempoyak (olahan durian) ataupun mangga. Jenis ikan adalah besarnya ikan sungai seperti belide, baung, layis dll, ditambah lalapan. Sedangkan minumannya adalah serbat, terbuat dari jus buah mangga kwini. Di toko-toko makanan dan oleh-oleh, juga terdapat makanan khas yaitu sambel Lampung, lempok (dodol), keripik pisang, kerupuk kemplang, manisan, Hidangan lalapan dalam sambal seruit bisa bervariasi, namun di Lampung dikenal berbagai jenis tumbuhan yang cocok menjadi bahan lalapan. Selain timun, petai, kemangi, kol dan tomat. Namun tersedia pula lalapan jagung muda, pepaya dan adas. Masyarakat lampung sangat mempercayai bahwa jika ingin makan sebaiknya tidak sendiri. Karena mencicipi masakan seruit tak ada hasilnya jika tidak dinikmati oleh teman-teman ataupun banyak orang. Dikarenakan dilampung sangat erat kekeluargaannya.

Mungkin itu aja yang bisa aku share ke kalian 

 

Trimakasih , jaga kesehatan dan dirumah aja

  328 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts