banner

D'JAWARA INDONESIA 2020 - EVENTNYA ANAK MUDA GENERASI Z

D'JAWARA INDONESIA 2020 - Revolusi Industri 4.0 bergerak semakin cepat bergerak dan dapat menggerus budaya nenek moyang jika kita tidak melestarikannya. Budaya merupakan identitas suatu bangsa. Parameter untuk menjadi bangsa yang luhur adalah bagaimana masyarakat mempertahankan budaya luhur bangsa. Maraknya fenomena “Kids Zaman Now” dan banyak anak-anak kita yang menjadi korban dari penjajahan moral melalui media sosial dan berbagai sektor lain di era digital, karena kurangnya kesadaran memilah budaya yang semestinya. Dengan demikian, berawal di 2019 Founder bersama teman dari FARMER (Forum Anak dan Remaja Mertoyudan ) mengetahui bahwa seharusnya kita dapat membekali anak untuk melestarikan budaya yang dimiliki. Kurangnya wadah dalam melestarikan budaya dan pembiasaan budaya pada Anak dan Remaja Indonesia. D'JAWARA INDONESIA merupakan kegiatan kami sebagai wadah untuk Anak dan Remaja yang berusia dibawah 15-18tahun di Indonesia untuk bertukar budaya, pengenalan budaya, dan pestarian budaya yang diselenggarakan selama 3 hari 2 malam di Kawasan Candi Borobudur. Kawasan Candi Borobudur sendiri merupakan kawasan Budaya Dunia, sebagai salah satu Candi Budha Terbesar di Dunia dan "Kawasan Strategis Pariwisata Nasional" kadang disebut sebagai "Bali 2 Indonesia".

Kawasan ini dianggap cocok untuk menggelar kegiatan bertemakan "Teknologi Penting Budaya Perlu". Kegiatan ini diadakan pada tanggal 15-17 November 2019 yang berdekatan dengan peringatan Hari Anak Universial dan menyambut CRC (Convention on the Rights of the Child) ke-30. Kegiatan ini merupakan implementasi pemenuhan Klaster Hak Anak yang ke-4 (Pendidikan, waktu luang dan kegiatan budaya). Harapannya dengan adanya pertukaran budaya dan penyebaran pemahaman tentang budaya daerah kepada masyarakat lokal maupun mancanegara dapat mengenal budaya Indonesia, serta akan terjaga keberlangsungannya.

Pada 2019 lalu peserta belajar mengenai buaya di Jawa Tengah, dengan mengundang dari perwakilan komunitas TAKSAKA JAWAKUNA untuk mengajarkan aksara jawa dasar kepada peserta D'JAWARA INDONESIA 2019. Adapun beberapa games seperti Golek Temu, Hunting Teman, Promosi Budaya, Halang Rintang, dan Susur Sungai. Bertepatan di Savitri Camping Ground, Dusun Nabin, Kab.Magelang. Peserta yang berasal dari 15 Provinsi seluruh Indonesia menampilkan budaya yang dimiliki daerahnya. Kami juga mengundang Naura Afrianti salah satu peserta SJP 2019 yang diselenggarakan oleh Plan Indonesia, Bapak Wisnu Harjanto, S.Sos, M.M. Camat Mertoyudan selaku pembina FARMER dan pengelola Savitri Camping Ground, tak lupa Bapak Donny selaku pendamping FARMER dari POLSEK Kecamatan Mertoyudan.

D'JAWARA INDONESIA akan kembali digelar pada tahun 2020 ini dengan mengusung tema "Culture Create Better Universe" yang akan diselenggarakan oleh Anak Indonesia Begerak (ADIRA) berkolaborasi dengan IPOY PROJECT. Penyelenggara sepakat mengangkat tema tersebut, karena "BUDAYA" memiliki cakupan yang luas baik tradisional dan modern, budaya dapat diperbarui dan mengadopsi budaya yang dapat diaplikasikan selamanya hingga tak luntur oleh waktu yang dapat dikatakan sebagai budaya yang fleksibel. Bahkan bermunculan budaya baru dikehidupan kita, baik alkulturasi dan asimilasi. Kegiatan ini akan berjalan secara 2 cara yaitu DARING dan LURING. Alasan Pandemi COVID-19 yang masih melanda dan tidak bisa memaksakan untuk menggelar tatap muka secara penuh. D'JAWARA INDONESIA akan melaksanakan kegiatan LURING terbatas untuk peserta di wilayah Regional Jawa Tengah dan DIY serta Lampung yang terpisah dan akan dihubungkan melalui Online Conference untuk penutupan acara. Fokus tahun ini adalah membahas berbagai isu penting dari daerah, nasional, hingga internasional dengan berbasis pada simulasi sidang PBB dan Parlemen hingga menemukan solusi bahkan memberikan dampak positif bagi semesta. Saat ini D'JAWARA INDONESIA 2020 sedang mengadakan Pendaftaran Relawan dan Kepanitiaan untuk siswa SMA/Sederajat dan MahasiswaD3/D4/S1, Regional Domisili Jawa Tengah dan DIY. Dapat mendaftar di bit.ly/VolunteerDjawara2020 untuk informasi lebih lanjut di www.instagram.com/indonesiadjawara dan www.instagram.com/adira_org. Sampai jumpa di D'JAWARA INDONESIA 2020 !

"Pendidikan di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan KEBUDAYAAN dan KEMASYARAKATAN Bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir." -Ki Hajar Dewantara-

SALAM BUDAYA !

  0 Views    Likes  

banner
cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

previous post

Cara Konsisten dalam menulis cerita pada wattpad
cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

next post

cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

related posts