Dampak buruk self reward yang berlebihan

Self reward adalah bentuk apresiasi pada diri sendiri atas suatu pencapaian. Konsep self reward cukup popular bagi generasi muda. Namun, beberapa kali kita menjumpai bentuk self reward yang berlebihan. Self reward yang berlebihan malah dapat cenderung menjadi konsumtif dan hedonis.Sesuatu yang berlebihan tentu dapat berdampak negatif, demikian juga dengan self reward. Berikut merupakan beberapa dampak negatif dari self reward yang berlebihan.

Ketergantungan dan Kurangnya Motivasi Intrinsik Self reward yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan terhadap hadiah eksternal sebagai sumber motivasi. Ketika seseorang terlalu terbiasa dengan self reward, mereka mungkin kehilangan kemampuan untuk merasakan kepuasan intrinsik dari pencapaian itu sendiri. Akibatnya, motivasi internal yang penting untuk pertumbuhan pribadi dan pencapaian tujuan jangka panjang dapat terhambat.   Kerugian Keuangan dan Konsumsi Berlebihan Self reward yang berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada keuangan pribadi seseorang. Menghabiskan uang secara berlebihan untuk memenuhi keinginan dan hadiah diri sendiri dapat mengakibatkan hutang, ketidakstabilan finansial, dan stres yang berkepanjangan. Selain itu, kebiasaan konsumsi berlebihan yang berhubungan dengan self reward dapat memperburuk masalah keuangan dan menyebabkan kerugian jangka panjang.   Kesehatan Mental dan Emosional yang Terpengaruh Dampak buruk dari self reward yang berlebihan juga dapat terlihat pada kesehatan mental dan emosional seseorang. Perasaan tidak puas dan kekecewaan yang muncul ketika hadiah tidak lagi memberikan kepuasan maksimal dapat memicu stres, kecemasan, dan bahkan depresi. Selain itu, self reward yang berlebihan juga dapat menyebabkan perasaan bersalah, ketidakpuasan diri, dan rendahnya harga diri.

Meskipun self reward adalah bagian penting dari motivasi dan penghargaan pribadi, dampak buruk dari self reward yang berlebihan tidak boleh diabaikan. Penting bagi kita untuk mencari keseimbangan yang sehat antara memberikan hadiah kepada diri sendiri dan menjaga prioritas serta kewajiban hidup. Dengan memperhatikan dampak negatif yang mungkin timbul, kita dapat menghindari ketergantungan dan kerugian yang bisa terjadi akibat self reward yang berlebihan.

 

  251 Views    Likes  

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

previous post

Moralitas dan Etika Profesional dalam Menyongsong Generasi Pemimpin Masa Depan
Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

next post

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

related posts