Dampak Memakai Jaket Saat Berolahraga

Halo lagi!

Kali ini, Saya ingin menjelaskan tentang suatu hal yang berkaitan dengan olahraga. Tapi bukan sepenuhnya membahas olahraga, melainkan membahas pakaian tambahan yang dipakai saat olahraga. Pakaian tambahan itu adalah jaket. Mungkin dari kalian ada yang sering berolahraga dengan memakai jaket karena kedinginan, ingin kurus lebih cepat, atau hanya ingin gaya. Sebenarnya, apakah ada dampak memakai jaket saat berolahraga terhadap kesehatan tubuh? Nah, itu yang akan Saya bahas kali ini.

Seperti biasa, kita harus mengetahui dulu pengertian dari olahraga dan jaket. Olahraga adalah aktifitas menggerakkan tubuh ataupun pikiran untuk melatih kekuatan tubuh atau pikiran. Juga meningkatkan imunitas tubuh dan kesehatan. Sementara itu, jaket adalah baju luar atau tambahan yang digunakan untuk menahan angin dan cuaca dingin. Saat berolahraga, banyak orang yang berpikir kalau banyak keluar keringat berarti banyak lemak yang keluar sehingga bisa cepat kurus. Makanya beberapa orang memakai jaket saat berolahraga agar keringat lebih banyak keluar. Panas yang didapat dari olahraga dan panas yang didapat dari jaket dapat membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat.

Tapi tidak semua keringat itu mengeluarkan lemak atau kalori, melainkan mengeluarkan cairan tubuh. Itu salah satu dampak memakai jaket saat berolahraga. Karena tambahan panas yang didapat dari jaket (belum lagi panas dari matahari) membuat suhu tubuh semakin panas, sehingga cairan tubuh ikut keluar. Cairan tubuh yang keluar secara berlebihan, akan membuat gumpalan darah yang menghambat aliran ke seluruh tubuh. Itu akan menyebabkan penyakit Heat Stroke. Tidak hanya itu, panas yang berlebihan juga dapat mengakibatkan kram otot atau kejang. Karena produksi keringat yang berlebihan membuat tubuh kehilangan banyak elektrolit.

Masih ada dampak yang lain. Panas yang berlebihan juga mengakibatkan rasa lelah yang berlebihan sampai membuat tekanan darah menurun, penyakit ini biasa disebut Heat Exhaustion. Itu juga membuat tubuh dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh. Kehilangan banyak cairan tubuh juga berdampak pada kesehatan ginjal. Itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Untuk menghindari hal itu, pertama kita harus tidak berpikir kalau jaket dapat membuat tubuh lebih cepat kurus. Lupakannlah jaket saat berolahraga. Lebih baik olahraga dengan memakai baju olahraga yang tipis. Hindari olahraga di siang hari, karena panas dari matahari siang dapat membuat tubuh dehidrasi. Mengatur porsi olahraga setiap hari agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan tidak mengakibatkan rasa lelah yang berlebihan. Tidak hanya dengan berolahragam tapi juga harus mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi protein untuk memaksimalkan pembakaran kalori. Tapi jangan kelebihan protein, itu akan menyebabkan kinerja ginjal terbebani.

Jadi, memakai jaket saat berolahraga bukan membuat tubuh lebih cepat kurus, malahan membuat tubuh lebih cepat terkena penyakit. Maka dari itu, kita tidak boleh asal menyimpulkan kalau banyak keringat yang keluar karena jaket dapat membuat tubuh lebih cepat kurus. Itu akan merugikan diri sendiri dan orang lain jika info itu disebarkan. Karena ini adalah zaman modern, lebih baik kita mencari dulu di internet tentang tips-tips menguruskan badan dengan cepat. Tapi juga harus diperhatikan sumbernya, lebih aman kalau sumbernya dari dokter. Jika dari kalian ada yang kebiasaan memakai jaket saat berolahraga, harus segera dihentikan kebiasaan itu untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Terimakasih telah membaca! Sampai jumpa kembali!

Image Source: cnnindonesia.com

  20 Views    Likes  

Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

previous post

Mau Lanjut Kuliah di Korea Selatan Tanpa Biaya? Kuy Kepoin 7 Beasiswa ini!
Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

next post

Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

related posts