Edukasi Mata Pelajaran Matematika SD

Halo Teman-teman

Selama bulan Oktober-November saya ikut serta sebagai Volunteer Edukasi yang diselenggarakan oleh BPHMJ-Ekonomi Pembangunan Usakti bertempat di Kampung Guji Baru.

Kegiatan ini terlaksana karena berkat kerja sama kami mahasiswa Ekonomi Pembangunan, baik dalam hal materi, dana, dan tenaga, semua kami berikan dengan suka dan rela. Kegiatan ini dilaksanakan setiap minggu pagi selama bulan oktober-november. Dalam proker ini kami melaksanakan beberapa divisi tiap minggu nya. Divisi nya terbagi dalam 2 bagian yaitu Pembelajaran sekolah dasar dan kegiatan sosial dengan warga kampung Guji Baru. 

Saya terpilih dalam divisi Edukasi Matematika Sekolah Dasar. Awalnya saya sempat ragu dengan kemampuan saya, saya sebelumnya tidak pernah mengajar atau pun melakukan kegiatan volunteer yang akan bertemu dengan banyak orang. Dengan kepercayaan ini, saya dan ke 5 teman saya bersungguh-sungguh belajar dan menyiapkan materi apa yang akan kami ajarkan kepada adik-adik yang ada dikampung Guji Baru. Ada rasa gugup, cemas dan tidak percaya diri tentunya. Tapi setiba dilapangan, saya melihat betapa antusias nya mereka dalam menyambut kami dan ramah nya anak-anak itu membuat saya percaya bahwa ilmu yang saya punya harus saya berikan kepada mereka.

Kami memulai acara dengan perkenalan diri satu persatu dan selanjutnya kami mengajar dengan berganti-gantian. Tiap kami mempunyai topik masing-masing agar tujuan sasaran anak-anak dapat lebih mudah dipahami. Saya membahas topik Penjumlahan dan Pengurangan. Untuk anak SD kelas 1-4 ini adalah hal yang sangat mudah dipahami bagi mereka, dan ternyata sejak kelas 1 mereka sudah diperkenalkan dengan penjumlahan dan pengurangan. Jadi saya hanya menjelaskan dengan singkat dan membuat latihan soal bagi anak-anak dengan menjawab maju ke depan untuk menulis jawabannya di papan tulis. 

Sungguh ini diluar dugaan saya, ternyata mengajar itu tidak lah semenakutkan yang ku bayangkan hehe. Walaupun ricuh nya anak-anak dan seperangkat nakal nya, itu adalah hal yang wajib dihadapi hahahaha. Tapi dengan keadaan yang seperti itu kami mampu menguasai lapangan dan dapat tertib dalam belajar. Overall aku sangat menyukai kegiatan ini :D

Aku berterima kasih kepada BHMJ-EP karena memberikan kesempatan buat saya dalam mengembangkan diri.

Dan untuk teman-teman yang belum pernah ikut serta dalam kegiatan volunteer seperti ini, apakah kalian takut? atau apakah kalian malas? saya ingin mengatakan bahwa kegiatan yang seperti ini sangat seru dan sangat bermanfaat bagi diri kamu sendiri, kegiatan ini akan mengantarkan mu untuk mengembangkan minat bakat yang selama ini terpendam. Kamu akan berlatih bicara didepan umum, belajar tanggungjawab dan dapat merasakan bagaimana sukses nya cara kerja proker yang terlaksana dengan suka dan rela.

Demikian cerita kegiatan saya, semoga bermanfaat buat kita semua....

  1 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts