Fakta Jurusan Kesehatan Masyarakat

Halo sobat osc!

Kenalin,aku naylah herman kerap disapa nayla atau lebih singkatnya lagi nay. Aku mahasiswa baru di fakultas kesehatan masyarakat Universitas muslim indonesia program study (S1) kesehatan masyarakat.

Sobat osc, dikesempatan kali ini aku mau berbagi fakta mengenai jurusan kesehatan masyarakat itu apa sih? Apa yang menarik dari jurusan ini? Dan seberapa cocok kamu dengan jurusan yang satu ini? Untuk lebih jelasnya Jangan lupa baca sampai akhir yaaa.

Kesehatan masyarakat itu apa? Kesehatan masyarakat didefinisikan sebagai "ilmu dan seni mencegah penyakit", memperpanjang hidup, dan meningkatkan kualitas hidup dengan melakukan upaya-upaya terorganisasi dan memberi pilihan informasi kepada masyarakat, organisasi, komunitas, dan individu. 

Kesmas ilmu semua bidang? Yapsss benar.  Ada banyak ilmu yang dipelajari di jurusan kesehatan masyarakat loh, mulai dari upaya pencegahan penyakit,Statistika,promosi kesehatan,distribusi penyakit serta sosial budaya masyarakat. Tentu ini cocok banget buat kamu yang tertarik belajar saintek sekaligus soshum. Jadi sainteknya dapet soshumnya juga dapet dong. Keren kan!

Ini tanda kamu cocok di jurusan kesmas: Pertama, berani ngomong didepan umum, ga perlu jago yang penting berani dulu. Yang kedua harus tahan baca jurnal berjam-jam, selanjutnya tentu kamu harus siap mengubah derajat kesehatan menjadi lebih baik, juga kreatif dan inovatif mengenai poster dan slide ppt dan yang terakhir sabar di-ghosting anggota kelompok sendiri hehe (ini opsional ya gais ya)

Selanjutnya, yuk kenalan dulu sama peminatan di kesmas :

biostatika (harus kuat mental berkutat dengan uji statistik SPSS,stata dan analisisnya) epidemiologi (menelusuri distribusi penyakit,menghitung proporsi,resah ketidakpastian angka dll) administrasi dan kebijakan kesehatan/AKK (belajar merencanakan program,mengadvokasikan kebijakan untuk mendorong peningkatan derajat kesehatan) kesehatan dan keselamatan kerja/K3 (mengusahakan terciptanya lingkungan kerja aman,nyaman,dan produktif) gizi kesehatan masyarakat (menentukan prioritas masalah gizi masyarakat dan upaya pemecahannya) promosi kesehatan masyarakat (memberdayakan terjadinya perubahan perilaku kesehatan di masyarakat) kesehatan lingkungan (menyeimbangkan ekologi,seperti sampah,limbah,dan sanitasi demi kesehatan masyarat) kesehatan ibu dan anak (belajar epidemiologi penyakit ibu dan anak, serta kesehatan reproduksi)

Nah, gimana sobat osc? Tertarik sama salah satu peminatan yang ada di jurusan kesmas? Merasa cocoknya dimana nih? Ataukah kamu masih bingung nih sobat? Untuk itu,Jangan berhenti cari tahu info lebih banyak lagi yaa sebelum kamu benar-benar memutuskan berada di kesehatan masyarakat.

"Public health is something to do with loving the people" -Prof. dr. Ascobat Gani MPH.,Dr.PH

Dari kesmas aku belajar ciptakan hasil yang indah dari pilihan itu, dan jangan pernah menyesal telah memilih sesuatu. Apa alasan kamu tetap berjuang sampai sekarang sobat?

sumber : jagopreventif

  67 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts