banner

FAKTA UNIK KOPI LUWAK

        Kopi luwak didapatkan dari biji kopi yang dipilah dari kotoran luwak, binatang liar sejenis musang. Kopi ini digemari karena memiliki cita rasa unik. Berbeda dengan cita rasa kopi biasa meskipun dihasilkan dari pohon yang sama. Produksi kopi luwak masih sangat terbatas. Kopi luwak bisa dikatakan kopi khas Indonesia, walapun ditemukan juga di Filipina.  Jadi jangan heran kalau harganya bisa selangit.

        Bicara mengenai kopi, tanggal 1 Oktober lalu diperingati sebagai International Coffee Day. Sebanyak 77 negara yang tergabung dalam International Coffee Organization (ICO) memilih tanggal tersebut untuk memperingati keberadaannya. Dari mulai perjalanannya saat ditanam hingga tersaji untuk dikonsumsi oleh kita. Peringatan ini juga sekaligus untuk menghormati mereka para petani kopi dan ternyata ada banyak fakta unik tentang kopi luwak. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa diantaranya fakta unik tersebut :

1. Kopi luwak jenis kopi termahal di dunia

Kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia. Dari mulai kopi tubruk yang dijual di warung-warung seharga Rp 3.000, hingga kopi produksi kafe-kafe kelas internasional chain seharga Rp 50.000. Di antara banyak kopi yang di perjual belikan, kopi luwak merupakan salah satu jenis kopi yang harganya paling mahal. Secangkir kopi luwak harganya bisa mencapai Rp 300 ribu. Sementara untuk bijinya dijual hingga 500 dolar Amerika per kilogramnya. Mungkin kamu sendiri sudah tahu, bahwa kopi luwak berasal dari biji kopi hasil dari pencernaan hewan luwak, dan diklaim punya rasa jauh lebih nikmat dibanding kopi biasa. Proses untuk mendapatkan biji kopi dari kotoran luwak inilah yang membuat kopi jenis ini dihargai sangat mahal.

2. Khas Indonesia

Asal mula kopi luwak terkait erat dengan sejarah pembudidayaan tanaman kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-18, Belanda membuka perkebunan tanaman komersial di koloninya di Hindia Belanda terutama di pulau Jawa dan Sumatra. Salah satunya adalah perkebunan kopi arabika dengan bibit yang didatangkan dari Yaman. Pada era "Tanam Paksa"  (1830—1870), Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi, akan tetapi penduduk lokal ingin mencoba minuman kopi yang terkenal itu. Kemudian pekerja perkebunan akhirnya menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemar memakan buah kopi, tetapi hanya daging buahnya yang tercerna, kulit ari dan biji kopinya masih utuh dan tidak tercerna. Biji kopi dalam kotoran luwak ini kemudian dipunguti, dicuci, disangrai, ditumbuk, kemudian diseduh dengan air panas, maka terciptalah kopi luwak.

3. Proses pembuatan kopi luwak yang unik Kenikmatan kopi luwak yang tersohor dihasilkan dari proses alamiah luwak. Binatang sejenis musang itu dikenal memiliki indra penciuman yang tajam sehingga dapat membedakan mana biji kopi yang bagus dan tidak. Uniknya, hewan ini cuma mau makan biji kopi yang sudah benar-benar matang. Cita rasa sempurna seperti inilah yang bikin harga kopi luwak tidak mungkin murah

4. Kopi luwak memiliki bermacam manfaat buat kesehatan Beruntunglah apabila kamu termasuk orang yang gemar mengonsumsi kopi termahal itu. Pengin tahu apa saja khasiat dari kopi luwak? Minuman dengan citarasa unik nan memanjakan ini ditengarai dapat mencegah kanker payudara, diabetes, batu empedu, meningkatkan stamina, serta memproteksi kulit, mulut, dan gigi.

 

Nah, itu dia tadi  fakta unik mengenai kopi luwak.

 

 

 

 

 

  38 Views    Likes  

banner
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

previous post

Keuntungan Menabung di Reksadana
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

next post

Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

related posts