banner

Hati-hati ! Aplikasi mata-mata pada komputer dan smartphone

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna :

Penggunaan Password

Untuk penggunaan password, saya sarankan jangan menggunakan password yang mudah ditebak seperti menggunakan nama anggota keluarga, tempat/ tanggal lahir, nomor telepon dll. Password terlalu singkat dan umum, semakin sedikit dan umum karakter yang digunakan akan semakin mudah password ditebak. Mengapa?, di tahun 2015-an kemarin lagi maraknya mencuri password dengan metode Brute Force Attack. Brute Force Attack ialah metode membobol password dengan mencoba semua kemungkinan password yang digunakan korban. Password yang mungkin digunakan korban akan di simpan di wordlist dan ketika di jalankan, otomatis aplikasi akan mencoba semua password yang ada di wordlist hingga menemukan yang cocok. Inilah alasan mengapa pentingnya menggunakan password yang sulit ditebak  

Phising ( Spoofing )

Phissing berasal dari kata fishing yang artinya memancing. Phissing bertujuan untuk mengecoh korban dengan situs-situs palsu yang menjanjikan. Biasanya pada situs Phissing korban akan di minta memasukkan password dan username, mengirim sejumlah uang dan hal-hal lainnya. Salah satu phissing yang sering kita dapati ialah pada sms. Pernahkah kalian mendapati sms dari nomor tidak dikenal jika kalian telah mendapat hadiah berpuluh-puluh juta ?, nah itu salah satu phissing pada sms

Keylogger

Keylogger ialah program yang akan merekam setiap ketikan pada keyboard kita. Jadi setiap yang kita tekan pada keyboard akan tersimpan, entah itu password login media sosial, ataupun yang lainnya. aplikasi keylogger ada banyak. ada yang bekerja pada komputer dan ada juga yang bekerja pada smartphone. Seperti Elite Keylogger dan Family Keylogger pada windows, Hacker Keylogger pada android. Jadi rajin-rajinlah periksa komputer ataupun smartphone anda, pahami aplikasi apa yang terinstal, aplikasi apa yang sedang berjalan. Solusi lainnya tentunya ialah pemasangan Anti-virus baik di smartphone maupun di komputer. 

Penyadapan

Ada banyak bentuk dan cara penyadapan, salah satunya Children Tracker pada android. Aplikasi ini awalnya di tujukan untuk orangtua yang ingin memantau aktifitas anaknya. Namun banyak yang telah menyalahgunakan aplikasi ini. Aplikasi ini bisa membantu pelaku untuk mengetahui aktifitas Android Korbannya seperti mengetahui lokasi, isi Chatingan, panggilan, pencarian web dan hal-hal lainnya. Aplikasi ini di instal di android dan dapat dipantau di situs children tracker.

 

Catatan :

Jangan mudah meminjamkan smartphone ataupun komputer kalian kepada orang lain. dikarenakan ada banyak jejak mengenai data pribadi anda yang sangat mudah di akses.

Apakah anda pengguna akun  google? akun google juga bisa menyimpan informasi mengenai password dan username yang biasa anda gunakan, dan sangat mudah di akses oleh orang lain jika anda membiarkan smartphone anda di pakai olehnya. apa bahayanya? jika akun google anda yang aktif di smartphone anda di miliki oleh orang lain, maka orang tersebut dapat mengakses data-data anda yang ter backup seperti kontak, foto,dan lain sebagainya.

Biasakanlah memeriksa aplikasi yang terinstal di perangkat anda. pahami apa gunanya aplikasi -aplikasi di perangkat anda, jika tidak terlalu di butuhkan, segeralah Uninstal. hal ini juga membantu membersihkan memori perangkat anda.

Installah anti virus yang terpercaya, ini akan membantu memblokir ataupun memberi tahu anda jika ada aplikasi mata-mata yang sedang berjalan.

Cobalah pakai aplikasi pembersih cache, seperti Ccleaner pada komputer. Aplikasi ini akan membantu menghapus jejak-jejak kita setelah kita menggunakan komputer kita.  

  181 Views    Likes  

banner
 what is your "MOTIVATION?"

previous post

Peran Pemuda Sebagai Pionir Dalam Pengurangan Sampah Plastik Dengan Zero Waste
 what is your "MOTIVATION?"

next post

what is your "MOTIVATION?"

related posts