ide bisnis dalam satu halaman? bisakah?

Business Model Canvas membantu kalian untuk merancang perencanaan bisnis dalam 1 lembar yang mencakup kejelasan.

BMC sangat terkenal bagi pengusaha dan intrapreneur untuk inovasi model bisnis. Pada dasarnya, saya menemukan itu memberikan tiga hal:

Focus: biasanya plan bisnis memiliki 40+ halaman, bagaimana jika itu ditekan menjadi 1 halaman? BMC meningkatakan klarifikasi dan fokus pada hal yang mendorong bisnis (dan apa yang non – inti dan menghalangi) Fleksibel: BMC lebih memudahkan untuk megubah model dan mencoba berbagai hal (dari sebuah perpetif rencana) dengan hal yang berada pada 1 halaman Transparan: tim mu lebih mudah untuk memahami model bisnis -  mu dan jauh lebih mungkin untuk membeli ide Anda Ketika itu diletakkan pada satu halaman

Canvas memiliki 9 elemen:

 Customer Segments Value Propositions Channels Customer Relationships Revenue Streams Key Activities Key Resources Key Partnerships Cost Structure

Customer Segments (Segmen pelanggan)

Untuk tujuan menggunakan kanvas Anda harus memastikan Anda dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan ini:

Segment Dimensions (Dimensi Segmen)

Melihat kebutuhan Konsumen melalui pasar tunggal atau multi – sisi? Jika Anda memiliki pasar multi – sisi, Anda harus memiliki sebanyak mungkin segmen. Contoh pasar segmen semacam multi – sisi adalah property media: memiliki pembaca di satu sisi dan pengiklan di sisi lain.

Segment Composition (Komposisi Segmen)

Jika Segmen Dimensi adalah analisis ‘makro’ dari Konsumen, kemudia melihat lebih dalam setiap segmen secara individual sebagai ‘persona” atau aspek ‘mikro’. Anda harus bisa menampilkan Persona dan memahami apa yang mereka pikir, lihat, rasa dan yang dilakukan di area produksi Anda.

Permasalahan, Kebutuhan, kebiasaan dan alternatif lainnya

Apa pekerjaan yang kamu lakukan untuk Konsumen? Apa kebutuhan yang kamu penuhi? Pastikan Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan/masalah yang ada dan menidengtifikasi alternatif spesifik yang digunakan consumer saat ini. Anda dapat menghubungkan proporsi nilai ini kembali ke persona.

Value Propositions (Proporsi Nilai)

Permasalahan mana atau kebutuhan apa yang Anda identifikasi dalam Persona yang kamu penuhi? Apa yang unik mengenai proporsi nilai dan mengapa Konsumen lebih memilih untuk alternatif tertentu mereka? Cobalah untuk mapping atau pemetaan pada segmen Konsumen.

Berdasarkan pemetaan, ‘Kita memiliki 3 Persona. Persona 1 terkait pada VP 1 dan 2. Persona 2 terkait dengan VP 2; Persoa 3 terkait dengan VP 3’

Output: Cobalah prioritaskan daftar proporsi nilai dan kaitkan dari tiap Persona dengan VP yang relevan dengan itu.

Channels (Kaitan)

Channel mencakup entitas yang Anda gunakan untuk mengkomunikasikan proposisi Anda ke segmen Anda, serta entitas tempat Anda menjual produk dan pelanggan layanan yang lebih baru. Misalnya, jika Anda menjual bola lampu untuk rumah cahaya dan ada situs web yang semua petugas rumah cahaya membeli peralatan, situs itu adalah Saluran penjualan. Jika Anda menggunakan perusahaan pihak ketiga untuk melayani bola lampu ketika itu pecah, itu juga Saluran.

Output: Daftar Saluran penting, terkait dengan Personas atau Segmen jika mereka berbeda secara substansial. Buat catatan tentang langkah-langkah apa yang relevan untuk setiap promosi, penjualan, layanan, dll. Lihat Perhatikan bagian ini untuk struktur lebih lanjut tentang ini.

Customer Relationships (Relasi Konsumen)
Dapatkah PV (Proposisi Nilai) tersampaikan kepada konsumen dengan cara ini? Mulai dari promosi, penjualan, higga layanan pasca penjualan? Dapatkah Anda membuat angka penjualan bekerja? Apakah ada produk dukungan premium yang perlu Anda buat/uji?

Output: Deskripsi hubungan pelanggan, dengan catatan jika mereka berbeda dari seluruh pelanggan (antara Segmen atau di antara Persona dalam Segmen) atau dari seluruh catatan perjalanan pelanggan.

Revenue Streams (Aliran Pendapatan)

Pada poin ini, Anda harus memetakan Segmen hingga Proposisi sampai Aliran Pendapatan. Contoh di bawah menunjukkan ‘Aliran pendapatan 1 didorong oleh keterlibatan Persona 1 dengan Proposisi 1 dan 2; Aliran pendapatan 2 didorong oleh keterlibatan Persona 2 dengan Proposisi 2..’. Ini bersifat realtif jadi jika milik Anda lebih sederhana dari contoh di bawah dan itu tidak masalah.

Output: Daftar Aliran pendapatan, saling terhubung ke Persona (atau Segmen jika pemetaannya sama dalam satu Persona) dan Proposisi Nilai.

Key Activities (Kegiatan Utama)

Ini adalah hal krusial yang perlu dilakukan bisnis untuk memenuhi proposisinya dan membuat sisa bisnis bekerja - misalnya, jika menjual melalui pihak ke-3 adalah bagian dari model, maka aktivitas di sekitar manajemen saluran mungkin cukup penting.

Anda harus mempertimbangkan bagaimana Aktivitas Utama (dan/atau Sumber Daya Utama)) mendorong Proposisi Nilai Anda:

Output: Daftar Aktivitas Utama yang terkait dengan Proposisi Nilai bisnis Anda.

Key Resources (Sumber Daya Utama)

Sumber daya utama adalah aset strategis yang Anda butuhkan, dan Anda perlu berada di tempat untuk tingkat yang lebih besar atau lebih bertarget daripada pesaing Anda. Business Model Canvas mengusulkan bahwa ada tiga jenis bisnis inti: produk, ruang lingkup, dan infrastruktur. Ini cenderung memiliki jenis sumber daya kunci yang serupa.

Pemetaan di bawah menjelaskan bagaimana Aktivitas Utama mendorong SUmber Daya Utama:

Key Partnerships (Mitra Kunci)

Pada tahap ini, Canvas telah membantu Anda mempertajam dan mengartikulasikan titik fokus bisnis Anda. Kegiatan dan Sumber Daya apa yang penting tetapi tidak selaras dengan strategi unik apa yang unik untuk Anda? Apa yang ada di luar jenis bisnis Anda? Bisakah mitra melakukan beberapa dari mereka? Mengapa? Yang mana?

Pemetaan Key Partnership (Mitra Kunci) ke Kegiatan Utama. Jika suatu aktivitas adalah kunci, itu masih bagian dari model bisnis Anda. Ini adalah cara untuk menunjukkan Mitra tertentu mana yang menangani berbagai Kegiatan Utama untuk Anda.

Output: Daftar dari Mitra Kunci dengan catatan pada relasi mereka ke Aktivitas utama.

Cost Structure (Struktur Biaya)

Memahami bagaimana Aktivitas Utama Anda mendorong proposisi Anda dan karenanya pendapatan Anda. Bagaimana mereka mendorong biaya? Apakah biaya tersebut selaras dengan Proposisi Nilai utama? Apakah biaya lebih tetap atau variabel saat Anda menguji model bisnis yang berbeda? Apakah mereka lebih linier dengan penskalaan Anda atau lebih tetap? Anda akan ingin memiliki ini dalam pikiran saat Anda mengolah model Anda.

Untuk tujuan menghubungkan hal-hal bersama-sama, saya akan melihat bagaimana Kegiatan Utama Anda mendorong Struktur Biaya Anda:

Jika ada komponen biaya utama yang tidak memetakan aktivitas utama, lihatlah lebih dekat pada biaya tersebut.

Output: Daftar dari Struktur Biaya dengan catatan tentang hubungannya dengan Aktivitas Utama.

Core Application (Aplikasi Inti)

Hal yang paling inti dan jelas untuk inti aplikasi di Canvas adalah bertanya:

Apakah itu masuk akal? Mungkinkah lebih baik? Apakah anggota tim saya yang lain mengerti dan setuju? Apakah terdapat ide tambahan?

Ulangi pembahasan dengan topik ini setidaknya setiap tiga bulan.

Halo Sobat OSC! Siap memulai bisnis Anda? Setiap bisnis adalah pekerjaan yang sedang berlangsung. Ketika Anda pergi melalui kanvas, Anda mungkin menemukan daerah yang memberi Anda masalah. Canvas melakukan pekerjaan dengan baik untuk membantu Anda mengetahui bisnis Anda, yang merupakan tempat yang baik untuk memulai. Dalam menggembangkan bisnis Anda, Anda harus melihat lingkungan yang kompetitif dan memikirkan apakah dan bagaimana Anda memiliki/mempertahankan keunggulan kompetitif jangka panjang.

 

Sumber: The 20 Minute Business Plan: Business Model Canvas Made Easy (alexandercowan.com)

  57 Views    Likes  

Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

previous post

Kenal Lebih Dekat Dengan Beasiswa OSC Medcom.id
Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

next post

Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

related posts