banner

Indonesia Kini Berlabel Negara Maju

Halo sobat OSC, kalian udah pada tau kan bahwa sekarang itu Indonesia sudah berlabel Negara maju. Yah Indonesia tidak lagi Negara berkembang tetapi sudah menjadi Negara maju. Penasarankan, lah kok bisa Indonesia menjadi Negara maju ?, indonesia punya potensi apa sehingga berlabel Negara maju ?, apasih yang menjadi standar penilaian sehingga Negara Indonesia diakui sebagai Negara maju ?. oke buat sobat OSC yang kini sudah bertanya-tanya, mari simak pembahasan dibawah ini yah.

Dilansir dari postingan instagram @makassar-iinfo pada tanggal 24 februari 2020, bahwa tidak lama ini Presiden Amerika Serikat yaitu Donald Trump telah mencopot Negara Indonesia dari daftar Negara berkembang dan dimasukkanya ke dalam daftar Negara majju melalui kantor perwakilan perdagangan Amerika Serikat atau office of the trade representative (USTR) . langkah Presiden Donald Trump melakukan hal tersebut untuk membuat Indonesia tak lagi diberi subsidi bea masuk impor ke Amerika Serikat, yang artinya barang-barang ekspor Negara Indonesia akan dikenakan tarif yang sangat mahal ketika masuk di Negara Amerika Serikat dibandingkan tarif semasa indonesia berlabel  Negara berkembang. Kebijakan ini telah berlaku sejak 10 Februari 2020.

Indonesia memiliki potensi ekspor yang sangat besar dalam hal komoditas. Sama seperti yang di katakan oleh  Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto, 70% produk yang di ekspor  Indonesia masih berupa komoditas sementara yang non komoditas masih ketinggalan dalam penggunaan teknologinya. Berarti masih ada 30% untuk mencapai kesempurnaan perdagangan Indonesia. Ini baru dari segi pedagangannya sobat, saya juga masih bingung standar apa yang digunakan untuk Indonesia menjadi Negara maju.

Mengenai standar penilaian, kita juga sama sama belum tau tetapi jika kita pikir menggunakan logika dan akal sehat kita mungkin bisa menjawabnya. Seperti pada masa sekolah dulu, ada tuh siswa yang dijuluki si pintar matematika, si pintar bahasa inggris , dan lain lain. Mereka ini Cuma memiliki potensi di satu bidang saja, tapi sudah tergolong ke dalam siswa-siswa pintar. Jadi menurut saya Indonesia hanya memiliki potensi dalam bidang perdagangan sehingga ia tergolong ke dalam Negara-Negara maju. Baik kita kesampingkan hal ini dulu sobat.

Perdagangan Indonesia sepertinya masih mengalami naik turun, karena masyarakat indonesia sebagian besar belum memiliki minat terhadap produk Negara nya sendiri, sehingga produk produk Indonesia kini seperti tidak memiliki nilai  yang sangat tinggi.

Indonesia juga masih jauh dari gambaran maju dalam hal pendapatan masyarakatnya. Struktur dan infrastruktur di Indonesia juga belum merata untuk dikatakan cukup. pendidikan di Indonesia juga masih dalam tahapan perbaikan,sobat OSC doain pak nadiem terus yah agar bisa membuat pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik.

Jadi Indonesia masih mempunyai nilai minus jika kita ingin melihat keseluruhan aspek untuk membuatnya menjadi Negara maju dipandangan masyarakatnya sendiri, tetapi setidaknya Indonesia telah bernilai plus dalam hal perdagangan internasional, sama juga untuk kali ini Indonesia banyak di lirik Negara ASEAN lainnya karena antisipasinya dalam menangani virus Corona ini sangatlah cepat. Kita sebagai warga Negara Indonesia tentulah harus berbangga dirilah terhadap negaranya sendiri, apa lagi yang akan kita tunjukkan kenegara lain selain kekayaan Indonesia kita ini. 

Sobat OSC label Negara maju buat Indonesia ini Cuma dari Amerika Serikat yah.

Jika kalian mengetahui hal yang baru melalui artikel ini, jangan lupa di LIKE dan SHARE keteman-teman kalian agar teman kalian juga tau. Semoga artikel ini menjadi artikel pendidikan masa kini di Indonesia tentunya. Terima kasih telah membaca.

 

Sumber Gambar : 123RF.com

  45 Views    Likes  

banner
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

previous post

Sejarah Rafflesia arnoldii, Bunga Raksasa dari Bengkulu
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

next post

GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

related posts