Hallo Sobat OSC! Gimana ni persiapannya untuk menyambut liburan akhir semester? Nah, bagi kalian yang akan pergi naik pesawat untuk berlibur atau kuliah di luar pulau, coba deh baca artikel berikut ini supaya kalian tahu apa yang harus dilakukan saat tertinggal pesawat.
Segera Mencari Jadwal Penerbangan Berikutnya
Apabila Sobat OSC sudah tiba di Bandara dan ternyata pesawat yang kalian akan tumpangi sudah berangkat, maka Sobat OSC harus segera melihat jadwal penerbangan ke kota yang kalian akan tuju di aplikasi pesan tiket pesawat online. Jika memang masih ada dan urusan kalian sangat penting, maka segera pesan tiket untuk penerbangan berikutnya selagi masih ada. Tapi bagaimana jika sudah tidak ada penerbangan berikutnya lagi? Maka Sobat OSC melakukan pengembalian dana yang sudah dikirim (refund).
Segera Mengurus Proses Refund di Aplikasi Pesan Tiket Pesawat Online
Nah, apabila Sobat OSC sudah mengecek jadwal penerbangan berikutnya dan memang sudah tidak tersedia lagi, jangan langsung khawatir ya. Kalian bisa segera mengurus refund agar mendapatkan pengembalian uang. Caranya cukup mudah lo Sobat OSC. Saya akan mencontohkan aplikasi yang biasa saya gunakan untuk memesan tiket pesawat, yaitu Traveloka.
Pertama, masuk ke akun Traveloka kalian. Setelah itu, masuk ke menu pesanan Sobat OSC, kemudian cek detail pesanan yang ingin di refund. Di sini, Sobat OSC bisa langsung klik tombol refund ya. Selanjutnya, kalian bisa membaca syarat dan ketentuannya sebelum menyetujui refund tersebut dengan mencentang kotak “Ya, saya setuju”. Lalu isi formulir refund dengan lengkap dan benar. Di bagian ini, pastikan seluruh informasi yang diminta, seperti nomor rekening, alasan refund, dan data-data lainnya. Selain itu, Sobat OSC juga bisa mengungah dokumen yang mendukung alasan refund tersebut, misalnya surat keterangan dokter (apabila alasan membatalkan tiket pesawat karena sakit). Dan langkah terakhir, Sobat OSC bisa melihat status permohonan refund di halaman detail pesanan Sobat OSC.
Nah, setelah kalian sudah tahu bagaimana cara refund tiket pesawat. Selanjutnya Sobat OSC juga perlu tahu informasi tentang syarat dan kebijakan refund karena tidak semua uang pemesanan tiket pesawat bisa kembali ya.
Sobat OSC, refund hanya berlaku untuk alasan tertentu. Di antaranya, pembatalan oleh penumpang (perubahan rencana), penerbangan dibatalkan maskapai, penerbangan diubah jadwalnya oleh maskapai, tiket terpesan dua kali, kehamilan, sakit (termasuk jika positif COVID-19), dan kematian penumpang. Jika Sobat OSC tertinggal pesawat, maka kalian bisa pilih alasan yang pertama, yaitu pembatalan oleh penumpang (perubahan rencana). Dengan begitu, proses refund akan bisa diurus.
Seperti ketika saya memesan tiket pesawat pada pukul 00:29 dan jadwal penerbangan saya, yaitu 12 Januari 2022 pukul 11:30 dengan harga tiketnya sebesar 951.579. Maka estimasi refund sudah bisa dilakukan sejak 3 hari sebelum waktu pemberangkatan pesawat. Artinya, bisa di-refund mulai dari tanggal 9 Januari 2022 pukul 11:30 (waktu bandara setempat). Dengan demikian, jumlah refund yang akan saya terima sejumlah 686.729.
Namun, jika saya melakukan refund kurang dari 24 jam sampai 4 jam sebelum waktu yang dijadwalkan, yaitu pada tanggal 11 Januari 2022 pukul 11:30 s.d 12 Januari 2022 pukul 07:30, maka jumlah refund yang saya terima berkurang menjadi 486.979. Dan apabila saya melakukan refund 4 jam sebelum waktu yang dijadwalkan sampai pada waktu yang dijadwalkan, yaitu 12 Januari 2022 pukul 07.30 s.d 12 Januari 2022 pukul 11.30, maka jumlah yang akan saya terima semakin berkurang menjadi 167.379 atau sekitar 10% dari total harga tiket semula.
Lalu apakah saya masih tetap bisa melakukan refund setelah jadwal penerbangan telah selesai? Tentu saja masih bisa ya Sobat OSC! Karena refund masih bisa dilakukan pada waktu yang dijadwalkan sampai 90 hari setelah waktu yang dijadwalkan. Itu berarti dari tanggal 12 Januari 2022 pukul 11:30 s.d 12 April 2022 dengan jumlah refund yang akan diterima masih tetap 10% dari harga total pemesanan tiket, yaitu 167.379. Dan sampai kapan kita bisa mengajukan refund? Lebih dari 90 hari setelah waktu yang dijadwalkan, seperti setelah 12 April 2022 pukul, maka sudah tidak bisa refund lagi.
Jumlah refund tersebut sudah dikurangi dengan biaya administrasi refund. Refund bisa diberikan dalam bentuk tunai atau travel credit maskapai. Hal ini merupakan sepenuhnya keputusan maskapai. Sementara itu, proses refund memerlukan waktu hingga 90 hari atau bahkan lebih karena dibutuhkannya koordinasi menyeluruh antara Traveloka dengan pihak maskapai. Namun, Sobat OSC tidak perlu mencemaskan apabila proses refund belum juga dikirim karena apabila lebih dari 12 hari refund belum diproses oleh maskapai, maka dana refund akan ditanggung oleh Traveloka dengan estimasi pengiriman 1-2 hari. Dan wala… Sobat OSC akan mendapatkan notifikasi dana masuk ke rekening kalian dari PT. Trinusa Travelindo. Selanjutnya, Sobat OSC bisa melihat rincian dana refund yang lengkap pada halaman riwayat refund di aplikasi Traveloka.
Nah, gimana ni Sobat OSC menurut kalian tentang layanan refund di Traveloka yang saya jelaskan? Kalau kalian punya cerita unik saat tertinggal pesawat boleh cerita ya. Nah, agar Sobat OSC tidak mengalami kejadian yang sama, maka pastikan Sobat OSC sudah melakukan tes antigen Covid-19 yang berlaku satu hari satu malam dan tentunya tiba di bandara sekitar 2-3 jam sebelum jadwal penerbangan.
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan berikutnya ya Sobat OSC!
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan