Inilah Manfaat Menonton Drama Korea untuk Kesehatan Mental

Seperti yang kita ketahui, drakor atau singkatan dari drama Korea sekarang ini sangat digemari oleh banyak kalangan mulai dari remaja sampai orang tua pun mulai menyukai menonton drama Korea. Tetapi, apakah ada manfaat dari menonton drama Korea? Ternyata selain menghibur, menonton drama Korea juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental kita, lho...

Berikut adalah beberapa manfaat menonton drama Korea bagi kesehatan mental:

1. Meredakan stress

Stress merupakan hal yang sering dialami oleh manusia. Jika, stress sudah mulai terasa mengganggu, cobalah beristirahat sejenak dari segala kesibukan kita atau boleh juga dengan menonton drama Korea. Saat menonton sesuatu yang menghibur, tubuh akan mengeluarkan hormon yang akan membuat suasana hati kita berubah menjadi lebih baik.

2. Membangun rasa percaya diri

Jika kita merasa kurang percaya diri, cobalah menonton drama korea atau film lainnya dengan tokoh yang memiliki masalah yang sama dengan kita. Ketika melihat tokah tersebut berjuang menangani masalah yang dialaminya dan berhasil mengatasinya, kita secara tidak langsung akan membayangkan diri kita melakukan hal tersebut. Dan kemudian rasa percaya diri pun bertambah.

3. Mengurangi masalah psikologis

Saat memiliki masalah psikologis yang berlebihan, jantung akan berdebar dengan kencang dan tubuh akan terasa kaku. Hal itu dapat membuat kita merasa tidak nyaman. Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi masalah psikologis adalah dengan menonton. Bahkan ada studi yang menyatakan bahwa menonton drama atau film bisa membuat orang yang menjalakan perawatan medis merasa lebih tenang. Akan tetapi, pilihlah drama korea yang dapat menghibur dan bukan menambah beban pikiran kita.

4. Menjadi lebih sadar akan kesehatan mental

Selain untuk menghibur, drama Korea juga dapat membantu kita menjadi lebih sadar akan kesehatan mental kita. Hal ini dapat kita ketahui dari banyaknya drama Korea yang mengangkat cerita tentang gangguan mental dan bagaimana cara penderita tersebut mengatasi masalahnya.

Meski memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental, kebanyakan menonton drama Korea juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh dan pikiran kita. Contoh dampak negatif tersebut adalah kecanduan atau terlalu terobsesi dengan drama Korea yang menyebabkan kita kurang tidur dan bahkan lupa dengan lingkungan disekitar kita. Jadi, batasilah diri kita saat menonton drama Korea dengan menontonnya saat kita memiliki waktu luang dan jangan sampai mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

  122 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts