Jurusan Ilmu Ekonomi? Apa aja sih yang dipelajari?

Halo, Sobat OSC. Pasti kita semua ga asing lagi bukan dengan kata ekonomi, bahkan terkadang ada yang salah kaprah mengira bahwa jurusan ilmu ekonomi bukan jurusan tapi sebuah fakultas, yaitu fakultas ekonomi.

Oleh karena itu, di artikel kali ini aku akan membahas mengenai jurusan ilmu ekonomi termasuk apa saja yang dipelajari dan prospek kerja ketika sudah lulus dari jurusan ini.

Apa itu Ilmu Ekonomi?

Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana dengan sumber daya yang terbatas dapat memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dimana pada akhirnya manusia harus melakukan pilihan yang rasional untuk memenuhi kepuasan yang diinginkan.

Dengan mempelajari jurusan Ilmu Ekonomi akan melatih kita untuk menganalisis dalam mengambil kebijakan yang paling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia.

Apa perbedaan jurusan Ilmu Ekonomi dengan Ekonomi Pembangunan?

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang khusus mengkaji persoalan-persoalan pembangunan di negara-negara berkembang.

Secara keseluruhan, materi yang dipelajari hampir sama bahkan terkadang ada yang nama jurusannya Ekonomi Pembangunan tetapi lingkup yang dipelajari sama dengan jurusan Ilmu Ekonomi.

Lalu, apa aja sih yang dipelajari di jurusan Ilmu Ekonomi?

Materi yang dipelajari di jurusan ini cukup kompleks apalagi setiap ada tren yang melibatkan ekonomi di dalamnya akan selalu ada isu-isu baru yang tentunya menghasilkan kebijakan-kebijakan ekonomi baru.

1. Ekonomi Mikro (Mikroekonomi)

2. Ekonomi Makro (Makroekonomi)

3. Ekonomi Industri

4. Ekonomi Publik

5. Ekonometrika

6. Kebanksentralan

Dan tentunya masih banyak lagi yang disesuaikan dengan kurikulum jurusan per kampus. Oh ya, sebagai pengingat ketika kalian mau masuk jurusan ini, kalian harus siap bertemu dengan hitungan-hitungan karena di jurusan ini akan menganalisis masalah-masalah ekonomi dengan pendekatan matematika dimana hasil yang ditemukan akan digunakan untuk merumuskan kebijakan.

Apa saja prospek lulusan Ilmu Ekonomi?

Lulusan Ilmu Ekonomi dapat bekerja di sektor swasta maupun pemerintah, misalnya:

1. Konsultan ekonomi

2. Konsultan keuangan

3. Akademisi (Dosen) atau peneliti di bidang ekonomi (R n D)

4. Analisis ekonomi

5. Perpajakan

6. Aktuaris

7. Akuntan

8. Trend Analyst

9. System Analyst

10. Data Analyst

Seian, pengenalan jurusan Ilmu Ekonomi, buat calon mahasiswa/i yang tertarik, yuk gabung di jurusan Ilmu Ekonomi. Seru, lho!

 

 

Smber gambar: tirto.id

  24 Views    Likes  

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

previous post

10 TEMPAT MENCARI INFORMASI BEASISWA YANG AKURAT
Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

next post

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

related posts