Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

Para petinggi beserta pejabat negara yang tak jarang muncul di layar kaca ataupun internet seringkali menuai decak kagum dari kebanyakan masyarakat di Indonesia. Kebijakan demi kebijakan yang mereka buat sangat amat berpengaruh terhadap sistem kehidupan di negara kita. Akan tetapi, apa pernah Sobat OSC berpikir, kira-kira jurusan kuliah apa yang diambil oleh para pemimpin negara ini?

1. Joko Widodo

Presiden Republik Indonesia aktif, Ir. H. Joko Widodo, atau yang biasa dikenal sebagai Jokowi, merupakan presiden yang mengawali karirnya sebagai pengusaha mebel di Solo. Presiden yang terkenal dengan kesederhanaannya ini merupakan alumni dari Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada dengan jurusan jurusan Teknologi Kayu. Ternyata, awal karir Presiden Jokowi tidak lain tidak bukan sangat erat kaitannya dengan jurusan kuliahnya ya!  

2. Ganjar Pranowo

H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP., Gubernur aktif Provinsi Jawa Tengah, ternyata merupakan alumni dari Universitas Gadjah Mada sekaligus Universitas Indonesia. Kita dengan mudah dapat menebak jurusan kuliah yang diambil beliau semasa duduk di bangku kuliah jika dilihat dari gelarnya. Gubernur Ganjar mengawali kuliahnya dari S-1 Ilmu Hukum UGM dan melanjutkan Pendidikan Pascasarjananya di Ilmu Politik UI.

3. Puan Maharani

Dr. (H.C.), Puan Maharani, S.Sos., merupakan Ketua DPR RI. Tidak perlu diragukan lagi ketenarannya, ketua DPR sekaligus cucu Presiden Pertama RI Ir. Soekarno dan anak dari Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memang sudah mengepakkan sayapnya di dunia politik sejak lama. Namun, bukan jurusan Ilmu Politik yang dipelajarinya selama berkuliah melainkan jurusan Komunikasi Massa FISIP UI yang dipilih oleh ketua DPR RI ini. Menarik ya Sobat OSC, ada yang cita-citanya ingin menjadi seperti ibu Puan Maharani?

4. Ridwan Kamil

Apakah kalian tahu kalau Gubernur Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T, M.U.D merupakan seorang arsitek? Ridwan Kamil, seringkali disapa Kang Emil, merupakan lulusan S-1 dari Fakultas Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung yang lulus pada tahun 1995. Selanjutnya, Kang Emil meneruskan studinya di Master Of Urban Design, University Of California, Berkeley dan Pendidikan doktornya di Dong-a University 2019 silam. Wah, selain Gubernur Jabar ternyata beliau juga seorang arsitek yang sangat cakap ya!

5. Anies Baswedan

H. Anies Rasyied Baswedan, S.E, M.P.P, Ph.D., mungkin banyak dari kalian mengenal beliau sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dibalik kecakapan beliau dalam memimpin ibukota selama ini, ternyata beliau adalah tokoh yang sangat cerdas loh, Sobat OSC! Terbukti dari beliau yang merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi UGM dan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi magisternya di School of Public Affairs, Universitas Maryland dengan bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi dan mendapatkan beasiswa pula untuk studi doktoralnya di bidang ilmu politik Northern Illinois University. Merinding ya tahu riwayat pendidikannya Pak Anies.

 

Sebenarnya, pekerjaan tidak melulu harus linear dengan jurusan yang diambil pada saat berkuliah, bisa dilihat menjadi pemimpin negara pun tidak harus seseorang yang lulus dari jurusan Ilmu Politik atau Ilmu Hukum, skill yang dimiliki oleh kita lah yang akan menentukan akan menjadi apa kita di masa depan.

 

 

Sumber foto:

Jokowi [daring], tautan: https://images.app.goo.gl/zxLJUp9Fxdkh8dzq9. diakses 9 Juni 2022.

Ganjar [daring], tautan: https://jatengprov.go.id/wp-content/uploads/2017/03/4x6-683x1024.jpg. diakses 9 Juni 2022

Puan Maharani [daring], tautan: https://images.app.goo.gl/UnvByMXEaD2AUwtq5. diakses 9 Juni 2022

Ridwan Kamil [daring], tautan:https://images.app.goo.gl/vQ3fh9sQBksbCiDe8.  diakses 9 Juni 2022

Anies Baswedan [daring], tautan: https://images.app.goo.gl/q4ss9sJg9gUZUNB38. diakses 9 Juni 2022

  82 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts