Halo Sobat OSC! Pasti ada nih di antara kalian yang memiliki kebiasaan menunda-nunda pekerjaan atau tugas. Lalu apa saja sih alasan kalian melakukan kebiasaan ini? Oke Sob, jadi ini dia beberapa faktor alasan mengapa kita melakukan procrastination alias menunda-nunda pekerjaan dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Stay tune ya!
Pertama yaitu Task Aversion. Kecenderungan kita untuk menghindar untuk melakukan sesuatu karena terlalu sulit atau terlalu mudah akan membuat hal tersebut tidak nyaman atau menarik untuk kita lakukan. Nah, ini nih hal sepele yang menimbulkan kecenderungan kita menyelesaikan pekerjaan.
Kedua yaitu Perfectionisme. Menjadi orang yang suka manunda-nunda apabila menunggu kesempurnaan dalam segala hal yang kita kerjakan sehingga tidak pernah puas terhadap hasil pekerjaan kita. Oleh karena itu lebih baik selesai daripada sempurna. Jadi, kalo saran penulis sih kurang-kurangi sifat ini ya, sob karena kurang bermanfaat dan justru sering menyiksa diri kita sendiri.
Ketiga, yaitu Fear of Failure. Ketakutan kita adalah hal yang sering menghambat kita untuk berprogres. Namun seringkali ketakutan kita adalah sinyal bahwa hal yang kita takuti tersebut baik dan layak untuk dikerjakan. Jadi, daripada sobat-sobat overthinking mikirin hal-hal yang belum terjadi, lebih baik meyakinkan diri untuk segera memulai apa yang sobat ingin lakukan tanpa ambil pusing bagaimana hasilnya. Kalaupun hasilnya gagal, itu bukan berarti pertanda sepenuhnya hidupmu gagal melainkan hal inilah kesempatan sobat untuk mencoba lagi dan lagi sampai berhasil.
Menunda-nunda pekerjaan atau procrastination baik jika sobat menggunakannya dengan benar. Adapun konsep dari The Power of Kepepet, yaitu melakukan suatu hal dengan cepat karena kapasitas otak meroket saat segera dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan waktu singkat. Teknik ini dapat sobat lakukan dengan suatu aturan yang disebut Parkinson Law, yaitu waktu yang kita butuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan tergantung pada berapa banyak waktu yang tersedia (deadline).
Jadi kuncinya adalah seberapa banyak waktu yang kita sediakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Maka dari itu, sediakan waktu yang tepat untuk dapat menyelesaikan pekerjaan sehingga kita dengan ajaibnya dapat menyelesaikan pekerjaan dalam jangka waktu tersebut. Hal yang menjadi masalah adalah jika kita tidak menetapkan deadline atau kita memiliki deadline dalam jangka waktu sangat panjang.
Jika hal ini terjadi, maka sobat harus mengikuti 4 prinsip berikut supaya penetapan deadline pekerjaan menjadi efektif, yaitu:
Urgent (mendesak)
Personal (berarti bagi saya pribadi)
Actionable (dapat dilakukan)
Meaningful (bermakna bagi masa depan)
Jadi, itulah faktor-faktor penyebab procrastination serta cara mengatasinya agar hidup tetap produktif. Seorang deadliner wajib banget nih sob menerapkan konsep The Power of Kepepet ini agar hasil pekerjaan kalian optimal meskipun dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat. Semoga membantu!
Sumber Referensi:
https://youtu.be/uXYJss0REEw
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan