Kamu Mahasiswa Informatika? Ini dia Rekomendasi Tools untuk Coding

 

Halo Sobat OSC! Kamu mahasiswa informatika, komputer, atau software engineering dan baru mulai belajar tentang coding?

 

Nah, kali ini aku akan memberikan beberapa rekomendasi tools atau aplikasi untuk kamu yang baru belajar coding. Bagi kamu mahasiswa informatika mungkin sudah tidak asing dengan coding atau program, jika kamu masih bingung ingin menggunakan tools apa langsung saja simak rekomendasinya yuk!

 

1. Visual Studio Code

 

Rekomendasi tools pertama adalah Visual Studio Code atau VS Code. VS Code merupakan kode editor yang bisa digunakan secara gratis di Windows maupun Linux. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini di situs resmi visual studio, selain itu VS code juga cenderung ringan, sehingga tidak akan memberatkan CPU perangkatmu.

 

VS code mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti Python, Dart, C, C++, dan masih banyak lagi serta dilengkapi dengan ekstensinya. 

 

2. Notepad++

 

Selanjutnya adalah aplikasi Notepad++, kode editor ini khusus digunakan untuk menulis bahasa pemrograman C++, Batch, dan HTML. Kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi ini tidak berbayar sama sekali dan bisa kamu dapatkan free di internet.

 

Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk para pemula yang baru belajar pemrograman, baik di tingkat SMK maupun kampus. 

 

3. Sublime Text

 

Rekomendasi berikutnya yaitu Sublime Text, sama seperti sebelumnya sublime text juga mendukung penulisan script untuk berbagai jenis file serta bahasa pemrograman diantaranya seperti C++, C, C#, CSS, ASP, dan HTML.

 

Instalasi aplikasi ini juga tergolong mudah, kamu hanya perlu mengunduhnya lewat internet dan memasang di perangkat. Setelah itu kamu bisa langsung menggunakannya.

 

4. Codeblocks

 

Selain Notepad++, Codeblocks juga menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang baru belajar bahasa C. Tools ini juga bersifat open source atau tidak berbayar sama sekali, kamu bisa mendapatkannya di situs resmi Codeblocks.

 

Setelah itu pilih bagian download, kemudian instal di laptop kamu masing-masing.

 

5. Android Studio

 

Rekomendasi terakhir adalah Android Studio, tools ini hampir mirip dengan VS Code, hanya saja cukup memakan memori di perangkat kamu, sehingga disarankan minimal spesifikasi komputer yang digunakan yaitu RAM 4 GB.

 

Di Android Studio, bahasa yang didukung yaitu mulai dari Java, C++, dan Kotlin. Sehingga kebanyakan yang menggunakan aplikasi ini yaitu orang yang ingin membuat aplikasi mobile.

 

Nah, itulah kurang lebih 5 rekomendasi tools untuk kamu para mahasiswa Informatika yang masih bingung akan menggunakan aplikasi apa. Jangan khawatir karena aplikasi di atas mudah digunakan dan sudah banyak tutorial penggunaannya di internet. 

 

Selamat mencoba ya, apabila ada pertanyaan kamu bisa menghubungiku di email chazanahoarin@gmail.com atau Instagramku @aorinkanendya. 

 

Sampai jumpa di konten selanjutnya!

  154 Views    Likes  

Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

previous post

Daftar beasiswa dari berbagai negara di dunia
Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

next post

Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

related posts