KEBIASAAN YANG BISA MERUSAK DIRI

Pernah terpikir gak bahwa kebiasaan yang selama ini kamu lakukan yang mungkin menurutmu itu hal yang wajar malah secara tidak langsung akan merusak dirimu sendiri? 

Yuk kenali apa saja kebiasaan yang bisa merusak dirimu

1. Jadi Orang Yang Gak Enakan atau People Pleasure

      People pleasure adalah sebutan buat orang yang selalu berusaha menyenangkan orang lain. People pleasure ini susah untuk bilang ENGGAK ke orang lain. Kamu memaksakan dirimu untuk melakukan semua yang diminta orang lain, karena takut bikin orang lain KECEWA sehingga kamu memaksakan diri untuk selalu bilang "IYA" padahal di balik itu semua dirimu yang sebenarnya TERSIKSA, CAPEK dengan menjadi orang yang gak enakan.

2. Sering Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

     Eh, dia sekarang hidupnya udah enak ya", "eh dia udah NIKAH aja", "eh dia itu PINTAR, aku BODOH". Kata-kata seperti itu menandakan kamu tidak menyayangi dirimu, kamu merasa nggak sebaik orang lain, merasa nggak punya kelebihan apapun, padahal jika kamu sadari tidak ada orang yang SEMPURNA di dunia ini, STRUGGLEny orang beda-beda, START boleh sama tapi FINISH bisa jadi BEDA.

3. Menuntut Diri Sendiri Untuk Selalu Sempurna (PERFEKSIONIS)

    TIDAK ADA orang di dunia ini yang SEMPURNA. Tuntutan kamu akan KESEMPURNAAN atas semua yang kamu lakukan hanya akan menjadi BEBAN PIKIRAN, kamu hanya akan TERTEKAN jika tidak sempurna.. nggak apa-apa kalau kamu sesekali melakukan KESALAHAN, tidak harus selalu BENAR nggak apa-apa kalau kamu GAGAL tidak harus selalu BERHASIL.

4. Pura-Pura BAHAGIA (SMILING DEPRESSION)

    Smiling depression, istilah untuk seseorang yang hidup dengan DEPRESI di dalam, namun tampak sangat BAHAGIA di luar, orang ini terlihat sangat baik-baik saja tanpa ada MASALAH APAPUN, tapi biasanya orang ini akan memperlihatkan senyuman yang menandakan bahwa dia baik-baik saja, namun SENYUMAN itu hanya TAMENG untuk menutupi masalah yang sedang dihadapi.

5. Sering Berpikiran NEGATIF Terhadap Diri Sendiri

     Seringnya berpikiran negatif, membuat kamu ketika ingin melakukan sesuatu sudah berpikir buruknya saja, berfikir BAHWA rencana yang kamu buat pasti akan GAGAL, pikiran ini membuat kamu sudah MELANGKAH dan membuat KEPUTUSAN. Cobalah sesekali berpikir POSITIF terhadap diri sendiri yang bisa membuat kamu menjadi TERMOTIVASI

6. Sering MEREMEHKAN Diri Sendiri dan Merendahkan Dirimu sendiri

     Kamu merasa bahwa dirimu lemah nggak BERGUNA dan gak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan orang lain, SIKAP kamu yang suka merendahkan dirimu sendiri sangatlah TOXIC, sehingga semua kebaikan dan capaian yang kamu miliki jadi GAK BERGUNA. STOP meremehkan diri, karena kalau bukan kamu sendiri yang MEMBANGGAKAN dirimu, siapa lagi?

7. Lebih MEMPRIORITASKAN Orang Lain Dibandingkan Diri Sendiri

     Seringnya kamu lebih mendahulukan orang lain daripada diri sendiri, merasa punya TANGGUNG JAWAB atas kebahagiaan orang lain sesekali berempati dengan memprioritaskan orang lain tidak apa-apa tapi jika menjadi KEBIASAAN itu berarti KAMU TOXIC ke diri sendiri.

Sc: @muhammad_firdaus857

  326 Views    Likes  

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

previous post

Moralitas dan Etika Profesional dalam Menyongsong Generasi Pemimpin Masa Depan
Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

next post

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

related posts