banner

Kenalan Dengan Kampus UNTAG Surabaya, Yuk!

Halo, teman-teman! Setelah di artikel sebelumnya Aku membahas tentang OSC dan tips-tipsnya, sekarang kita kenalan dulu, yuk, dengan salah satu kampus yang bekerja sama dengan OSC, yaitu, Universitas 17 Agustus Surabaya atau biasa disebut dengan UNTAG Surabaya.

Nah, Untag Surabaya ini sudah berdiri sejak tahun 1958, tepatnya pada tanggal 17 Agustus. Saat ini, kampus Untag sudah memiliki program diploma (D3), sarjana (S1), magister (S2), hingga doktor (S3). Terdiri dari tujuh fakultas yang nantinya akan kita bahas satu-persatu. Selain itu, Untag dikenal sebagai kampus nasionalis karena dibangun dengan lima basis nilai, antara lain : Kebangsaan, Kejujuran, Kecerdasan, Keberagaman, dan Kreativitas. Jika kamu berasal dari luar daerah, jangan takut! Untag terkenal dengan keberagaman mahasiswanya yang berbanding lurus dengan rasa toleransinya. Kampus ini selalu menanamkan rasa toleransi yang tinggi kepada mahasiswanya, sehingga menciptakan keberagaman yang baik diantara para mahasiswa. Sekarang, kita kulik lebih jauh tentang fakultas-fakultas yang berada di Untag beserta fasilitasnya.

 

1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Untag memiliki tujuh fakultas di kampusnya, yang pertama adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas ini memiliki tiga prodi jenjang S1 antara lain Administrasi Negara, Administrasi Niaga dan Ilmu Komunikasi. Sedikit berkenalan dengan program studi Ilmu Komunikasi, prodi ini memiliki banyak kegiatan yang dapat diikuti, salah satunya ada Box Radio, dimana yang menjalankan Box Radio ini adalah Mahasiswa prodi ilmu komunikasi dan mengudara di kampus Untag.

 

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnin

Selanjutnya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, fakultas ini memiliki tiga prodi, yaitu Manajemen, Ekonomi Bisnis dan Akuntansi. Saat ini, beberapa Mahasiswa progam studi Akuntansi, telah bergabung dalam Ikaatan Akuntansi Indonesia Muda, wah, organisasi yang sangat bergengsi kan, teman-teman?

 

3. Fakultas Teknik

Selain itu, ada juga Fakultas Teknik yang selalu didominasi oleh laki-laki. Dari tahun ketahun, fakultas ini selalu menampung mahasiswa terbnyak dibanding fakultas lain. Hal ini disebabkan progam studi yang lumayan banyak jika dibandingkan fakultas lain. Program studi tersebut adalah, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Teknik Arsitektur, dan juga Teknik Elektro. Banyaknya mahasiswa jurusan teknik, mendorong kampus Untag untuk membuat gedung baru untuk mahasiswa teknik yang memiliki 10 lantai dan juga rooftop.

 

4. Fakultas Hukum

Setelahnyam kita kenalan dengan Fakultas Hukum, sakultas ini termasuk monoprodi, dimana fakultas hanya memiliki satu program studi. Iya, Fakultas Hukum hanya memiliki program studi Hukum. Hal menarik dari fakultas ini adalah mereka menyediakan layanan LBH bagi para mahasiswanya yang memerlukan bantuan dari layanan tersebut. Ada juga nih, kegiatan yang baru-baru ini diresmikan oleh fakultas tersebut, yaitu Persidangan Semu, dimana mahasiswanya akan melakukan simulasi dipersidangan.

 

5. Fakultas Psikologi

Sama seperti Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi juga termasuk fakultas monoprodi. Fakultas ini sangat memperhatikan kesehatan mental para mahasiswanya karena selain kesehatan fisik yang harus dijaga, kesehatan mental juga perlu dijaga. Untuk itu, fakultas ini memberikan layanan khusus bagi seluruh mahasiswa Untag berupa Bimbingan Konseling yang ditangani langsung oleh para Psikolog, loh! Hal penting lainnya adalah, layanan ini gratis bagis mahasiswa Untag. Jika kamu memiliki hal yang mengganjal dihati dan sudah mempengaruhi kehidupan mu atau bahkan membuat nilai-nilai mu menurun, kamu bisa, loh, berkonsultasi disini tanpa perlu takut dihakimi oleh para psikolog. Kerahasiaan identitas kalian dijamin aman!

 

6. Fakultas Ilmu Budaya

Ada juga fakultas yang baru-baru ini berganti nama! Fakultas Sastra! Saat ini, diberi nama Fakultas Ilmu Budaya yang memuat dua program studi, yaitu Sastra Jepang dan Sastra Inggris. Acara-acara yang diadakan dari fakultas ini sangan menarik! Kita akan berkenalan dengan budaya-budaya asing (Jepang dan Inggris) melalui serangkaian acara yang mereka susun. Jangan lupa ada bazar makanannya juga!

 

7. Fakultas Vokasi

Terakhir adalah fakultas Vokasi. Fakultas ini memiliki tiga program studi, yaitu Teknik Listrik Industri, Teknik Manufaktur, dan Teknologi Industri Pertanian. Hal yang membedakan antara Program sarjana dengan diploma ini adalah, waktu yang ditempuh. Pada fakultas vokasi ini, kamu hanya perlu belajar selama tiga tahun. Selain itu, kegiatan belajar mu akan lebih banyak diisi oleh praktikum daripada teori-teorinya.

 

Nah, dari informasi diatas, semoga teman-teman bisa mengenal lebih jauh apa saja jurusan yang ada di kampus ini. Kalau kamu ingin tau lebih banyak, jangan lupa kunjungi website Untag atau kalian juga bisa langsung main kesini! Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian,. Sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya!

  82 Views    Likes  

banner
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

previous post

Keuntungan Menabung di Reksadana
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

next post

Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

related posts